Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 14, 17, 18, 20, 21

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 tema 8 halaman 14, 17, 18, 20, 21

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 8 kelas 4 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 4 Tema 8 Daerah tempat tinggalku subtema 1 Lingkungan tempat tinggalku pembelajaran 2 tepatnya berada pada tema 8 halaman 14, 17, 18, 20, 21.

Kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 14, 17, 18, 20, 21



Materi dan Kunci Jawaban Buku tematik tema 8 kelas 4 halaman 14, 17, 18, 20, 21 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 4 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci Jawaban buku tema 8 kelas 4 Halaman 14 subtema 1 pembelajaran 2

Ayo Berlatih

Amatilah teks lagu “Yamko Rambe Yamko”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi lagu di depan. Apa yang kamu temukan?

Jawaban :

Pada notasi angka lagu ” Yamko Rambe Yamko” menggunakan nada tinggi dan nada sedang. Nada rendah tidak digunakan dalam notasi lagu ”Yamko Rambe Yamko”.

Apa makna yang terkandung dari lagu ”Yamko Rambe Yamko”?

Jawaban :

Makna: Lagu ”Yamko Rambe Yamko” merupakan lagu yang bertemakan peperangan. Lagu ini menceritakan tentang pertikaian yang terjadi di dalam negeri. Pelantun lagu ingin menjadi bunga bangsa atau pahlawan yang rela berkorban sampai mati untuk mempertahankan negara Indonesia dari penjajah.

Kunci Jawaban buku tema 8 kelas 4 Halaman 17-18 subtema 1 pembelajaran 2

Ayo Membaca

Bacalah teks bacaan Kasuari dan Dara Makota di halaman 15-16.

Ayo Berlatih

Siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita tersebut? Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. Kemudian, ceritakan secara lisan cerita tersebut di depan teman-teman dan gurumu.

Jawaban : Burung Kasuari, Burung Dara Makota, Burung Pipit dan burung lannya.

Cerita Lisan :

Kasuari merupakan burung yang amat serakah. Dia memetik banyak sekali buah yang telah masak sehingga burung-burung lain tidak kebagian. Burung-burung lain tak mau berteman dengannya dan mencari cara agar Kasuari sadar dari sifat serakahnya.

Dara Makota mengusulkan lomba terbang, siapa yang mampu terbang tinggi dan paling jauh, dialah pemenangnya. Burung Pipit merasa pesimis tidak akan bisa melawan burung Kasuari. Dara Makota meyakinkan teman-temanya bahwa dia mampu mengalahkan Burung Kasuari.

Kasuari dan Dara Makota pun bertanding. Sesekali Kasuari menoleh Dara Makota yang berada di belakangnya. Saat asyik menoleh, tiba-tiba… BRAAK…. Kasuari menabrak batang pohon. Kasuari hanya dapat memandang Dara Makota dengan rasa malu karena dia tidak mampu terbang lagi.

Sejak saat itu, Kasuari sadar dan mengubah perilakunya. Namun sayang sekali, sejak saat itu pula Kasuari tidak bisa terbang lagi. Dia harus mencari makan di tanah.

Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya cerita rakyat, cerpen, dan novel. Adapun jenis cerita rakyat antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga.

Ayo Berdiskusi

Carilah informasi tentang jenis-jenis cerita fiksi berikut!

Jawaban:

a. Cerita jenaka adalah cerita pendek berisi kebodohan atau kecerdikan seseorang dan menimbulkan senyum atau tawa bagi pembaca atau pendengar. Contoh: Pak Pandir, Pak Belalang, dan Lebai Malang.

b. Mite adalah cerita berhubungan dengan kepercayaan suatu benda, peristiwa gaib, alam gaib, atau yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib, seperti dewa, peri, dan Tuhan.

c. Fabel adalah cerita dengan tokoh-tokoh binatang yang diceritakan hidup dan bermasyarakat seperti manusia. Contoh: Kancil dengan Buaya dan Burung Bangau.

d. Legenda adalah cerita lama mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah, kejadian alam, asal-usul suatu benda, atau kejadian di suatu tempat atau daerah. Contoh: Terjadinya Gunung Tangkuban Perahu.

e. Saga adalah cerita lama yang mengandung unsur sejarah, misalnya kepahlawanan. Contoh: Calon Arang dan Lutung Kasarung.

f. Cerpen adalah cerita fiksi yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia melalui tulisan pendek. Cerpen dapat selesai dibaca dalam sekali duduk. Contoh: cerpen-cerpen anak pada majalah atau surat kabar. Contoh: Putri Tunjung Buih dan Putri dari Bambu

g. Novel adalah cerita fiksi yang panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak setiap tokoh. Contoh: Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Kunci Jawaban buku tema 8 kelas 4 Halaman 18 subtema 1 pembelajaran 2

Ayo Berlatih

Bacalah kembali cerita Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota. Kemudian, identifikasilah jenis cerita fiksi tersebut.

Jawaban:

Jenis cerita fiksi Kasuari dan Mara Makota adalah Fabel

Penjelasan: Cerita fiksi Kasuari dan Dara Mahkota merupakan cerita rakyat dengan tokoh-tokoh berupa binatang, yaitu burung yang hidup dan berbicara seperti manusia.

Jenis cerita fiksi Asal Mula Telaga Warna adalah Legenda

Penjelasan: Asal Mula Telaga Warna tersebut mengisahkan asal mula terjadinya suatu tempat, yaitu Telaga Warna.

Kunci Jawaban buku tema 8 kelas 4 Halaman 18 subtema 1 pembelajaran 2

Ayo Menulis

Tulislah hasil percobaanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa perbedaan yang kamu rasakan saat mendorong meja sendiri dan berdua?

Jawaban : Saat mendorong meja sendirian lebih berat jika dibandingkan saat mendorong meja berdua.

2. Bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua? 

Jawaban : Saat didorong sendiri pergerakan meja lebih lambat jika dibandingkan saat didorong berdua.

3. Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?

Jawaban : Meja yang didorong oleh seorang anak dengan kekuatan penuh dengan meja didorong oleh dua orang anak yang sama-sama menggunakan kekuatan penuh berbeda. Jumlah gaya yang diperoleh meja yang didorong dua anak dua kali lebih besar dibandingkan jumlah gaya pada meja yang didorong satu anak. Akibatnya, gerakan meja yang didorong dua anak menjadi lebih cepat. Sebaliknya, gerakan meja yang didorong satu anak menjadi lambat. Jadi, pemberian gaya berpengaruh terhadap kecepatan gerak benda.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 14, 17, 18, 20, 21 kelas 4 tema 8 pembelajaran 2 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 14, 17, 18, 20, 21"