Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 89, 93, 95

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 89, 93, 95 Tema 02


Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas VII halaman 89, 93, 95 Tema 02  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS Kelas 7 SMP/MTs Tema 02 Keberagaman lingkungan sekitar semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 89, 93, 95 tema 02



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 89 Kurikulum Merdeka

Lembar Aktivitas 10 Aktivitas Individu

1. Bagaimana cara manusia berburu pada masa berburu dan mengumpulkan makanan?

2. Bagaimana pembagian kerja antara laki-laki dan wanita pada masa berburu dan mengumpulkan makanan?

Jawaban

1. Pada masa ini manusia purba hidup tidak menetap. Mereka hidup di gua-gua dan cerukan. Mereka mencari makan dengan berburu hewan. Alat yang digunakan masih bersifat kasar dan terbuat dari batu, tulang dan kayu.

2. Pada masa ini kelompok laki-laki bertugas melakukan pemburuan sedangkan wanita mengumpulkan makanan.

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 93 Kurikulum Merdeka

Lembar Aktivitas 11 Aktivitas Individu

1. Bagaimana seni lukis yang ada pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut?

Jawaban

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut, manusia praaksara melukis di dalam gua-gua tempat mereka tinggal.

Lukisan tersebut banyak mengambarkan peristiwa, seperti pengalaman, perjuangan, kepercayaan masyarakat pada masa itu, kehidupan sosial ekonomi, harapan hidup mereka, dan cap-cap tangan mereka dengan cat warna hitam, merah, atau putih.

Lukisan manusia praaksara pada masa itu kini menjadi bukti sejarah akan keberadaan mereka pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut.

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 95 Kurikulum Merdeka

Lembar Aktivitas 12 Aktivitas Individu

1. Bagaimana pembagian kerja antara laki-laki dan wanita pada masa bercocok tanam?

Jawaban: pada masa bercocok tanam, umumnya para laki-laki bertugas membangun rumah dan melakukan pekerjaan kasar yang membutuhkan tenaga lebih besar, seperti berburu dan membuka lahan baru.

Sedangkan perempuan akan bertugas dalam merawat mereka, menghias rumah, mengumpulkan bahan makanan yang mudah didapatkan, seperti umbi-umbian, buah-buahan, dan biji-bijian.

2. Bagaimana bentuk sistem kepercayaan pada masa bercocok tanam?

Jawaban: masyarakat pada masa bercocok tanam mengenal kepercayaan akan hal-hal gaib.

Berdasarkan kepercayaan tersebut, muncul tradisi pendirian bangunan besar yang disebut tradisi megalitik. Contoh bangunan megalitik adalah menhir, waruga, punden berundak, dan sarkofagus.

Secara umum, masyarakat pada masa itu dapat dibagi menjadi dua aliran, yaitu animism yang percaya akan roh leluhur, dan dinamisme yang percaya akan benda gaib.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 89, 93, 95 Tema 02  buku siswa kelas VII SMP/MTs kurikulum Merdeka. 

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk " Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 89, 93, 95 "