Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 97, 104

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 97, 104 Tema 02


Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas VII halaman 97, 104 Tema 02  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS Kelas 7 SMP/MTs Tema 02 Keberagaman lingkungan sekitar semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 97, 104 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 97, 104 Kurikulum Merdeka


Soal

1. Bagaimana perkembangan seni pada masa perundagian?

Jawaban :

Perkembangan seni pada masa perundagian adalah seni ukir banyak diterapkan pada benda-benda nekara perunggu.

Seni ukir ini menggunakan pola-pola geometris sebagai pola utama. Contohnya terdapat pada Watumeri (Flores), yang menggambarkan kapak perunggu, perahu, dan unsur-unsur dalam kehidupan.

Seni ukir ini juga menggambarkan orang, binatang, serta bentuk-bentuk lain yang bergaya dinamis dan memperlihatkan gerak.

2. Bagaimana sistem kepercayaan pada masa perundagian?

Jawaban :
Terdapat dua sistem kepercayaan pada masa perundagian, yakni animisme dan dinamisme.

Dalam animisme, masyarakat percaya bahwa suatu benda memiliki kekuatan gaib dalam bentuk roh yang dapat dipanggil untuk dimintai pertolongan.

Mereka memuja roh tersebut dengan cara berdoa dengan mantra dan memberi sesajen sebagai persembahan.

Sedangkan dinamisme adalah perpanjangan dari animisme. Roh atau makhluk halus yang diyakini berasal dari jiwa manusia yang meninggal kemudian mendiami suatu tempat, seperti hutan, sumur, gua, batu besar, dan lainnya.

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 97, 104 Kurikulum Merdeka

Lembar Aktivitas 14 Aktivitas Kelompok

1. Siapa Syekh Yusuf yang menjadi penyebar Islam di Afrika Selatan?

Jawaban: Syekh Yusuf adalah ulama sekaligus pahlawan nasional Indonesia yang pernah berjuang dalam menentang penjajahan Belanda.

Syekh Yusuf juga disebut sebagai Syekh Yusuf Abu Mahasil Hadiyatullah Taj al-Khalawati al-Makassari atau Tuanta Salamaka ri Gowa yang artinya “Guru Kami yang Agung dari Gowa”.

Syekh Yusuf lahir pada 3 Juli 1626 di Gowa, Sulawesi Selatan. Saat menginjak usia 19 tahun, Syekh Yusuf melanjutkan pendidikan ke luar negeri pada 1645.


Dalam perjalanannya, Syekh Yusuf singgah ke Banten dan Aceh, dan berguru kepada Syekh Nuruddin Hasanji bin Muhammad Hamid al-Quraisyi Raniri hingga menerima ijazah Qadiriyah.

2. Bagaimana peran beliau di Indonesia?

Jawaban: Syekh Yusuf memimpin pemberontakan dari Gowa. Pada tahun 1683, ia bersama Pangeran Purbaya dan Pangeran Kidul bergerilya untuk melawan Belanda di Tangerang.

Karena Syekh Yusuf dianggap menyulitkan Belanda, ia dibuang ke Sri Lanka yang kemudian dipindahkan ke Cape Town, Afrika Selatan. Meski begitu Syekh Yusuf tidak berhenti berdakwah.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 97, 104 Tema 02  buku siswa kelas VII SMP/MTs kurikulum Merdeka. 

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk " Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 97, 104"