Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 71, 72, 75, dan 77

Materi dan Kunci jawaban Buku Tematik Sisw Kelas 5 tema 6 Halaman 71, 72, 75, dan 77

Kunci jawaban tema 6 kelas 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran 1 tepatnya berada pada halaman 71, 72, 75, dan 77

materi dan kunci jawaban tema 6 kelas 5 subtema 2


Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 halaman 71, 72, 75 dan 77 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 5 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 2 muatan pelajaran IPA

Ayo Membaca

Perpindahan Panas atau  Kalor

Pernahkah kamu membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kamu mengapa api   kompor dapat  memanaskan  air   dalam panci sehingga sayuran yang  ada di dalamnya menjadi matang? Ketika  kamu memasak sayuran, panas dari  api  kompor berpindah ke  dalam panci. Kemudian, panas  tersebut berpindah ke  dalam air   sehingga air   menjadi panas dan sayuran yang  ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa panas dapat berpindah.

Letak   matahari  dari    planet  kita    ini   sangat  jauh,  yaitu    sekitar 152.100.000  km  (Seratus lima   puluh dua juta seratus ribu  kilometer). Akan  tetapi, panas dari   matahari dapat berpindah atau merambat ke planet kita  sehingga kita  dapat merasakan hangatnya sinar matahari. Andai   saja panas matahari tidak dapat berpindah ke  bumi, dapatkah kamu membayangkan bagaimana keadaan bumi kita  ini?

Panas berpindah dari   benda yang   bersuhu tinggi ke  benda  yang bersuhu lebih  rendah. Bagaimana panas dapat berpindah? Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah  cara perpindahan  panas  melalui zat   perantara  seperti benda padat. Contoh konduksi adalah panci logam yang panas karena diletakkan di  atas kompor yang  berapi. Konveksi  adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan bagian zat  perantaranya.  Misalnya, air  di dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi adalah cara perpindahan panas dengan pancaran yang  tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari yang  sampai ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 71, 72 subtema 2 pembelajaran 1

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, carilah beberapa kata-kata kunci atau hal-hal penting dari setiap paragraf.

Perhatikan contoh berikut.

Paragraf satu Hal-Hal Penting

Api kompor dapat memanaskan air dan sayuran di dalam panci. Panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang.

Paragraf dua Hal-Hal Penting

Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh. Panas dari matahari merambat ke bumi sehingga kita merasakan hangatnya sinar matahari.

Paragraf tiga  Hal-Hal Penting

Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

 
Perhatikan kembali bacaan di atas! kamu akan menemukan beberapa kata-kata yang dicetak miring dan digarisbawahi. Carilah arti kata-kata tersebut dari kamus dan buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut!

Buatlah kalimat lengkap menggunakan kata baku yang tepat!

1. Kata : Api,  
Arti : Panas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar; nyala:
Kalimat : Ketika memasak sayuran sebaiknya menggunakan api yang tidak terlalu besar.

2. Kata :Panas
Arti : Energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda
Kalimat :Panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya.

3. Kata :Berpindah
Arti : Beralih atau bertukar tempat;
Kalimat : Panas dapat beroindah dari panci ke air yang ada dalam panci tersebut.

4. Kata : Suhu
Arti : Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda
Kalimat : Air yang dipanaskan suhunya akan naik.

5. Kata : Logam
Arti : Logam adalah unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas.
Kalimat : Gamelan merupakan alat kesenian yang terbuat dari bahan logam

6. Kata : Mendidih
Arti : Menggelembung-gelembung atau meluap-luap
Kalimat :  karena dipanaskan Air yang akan digunakan untuk membuat kopi harus dimasak sampai mendidih.

7. Kata :Pancaran
Arti : Perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara
Kalimat : Panas dapat berpindah dengan cara radiasi atau pancaran.

Berdasarkan bacaan berjudul “Perpindahan Panas dan Kalor, buatlah sebuah diagram tentang perpindahan panas yang kamu ketahui. Beberapa kata bantu telah dituliskan untuk mempermudah kamu menuliskan kalimat penting yang mewakili setiap paragraf. Lakukanlah kegiatan ini bersama dengan teman sebangkumu!

Materi dan kunci jawaban kelas 5 tema 6



Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kalimat lengkap menggunakan kata baku yang tepat.

Kalor atau panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya. Misalnya saja api kompor dapat memanaskan air dan sayuran di dalam panci. Contoh lainnya adalah letak matahari yang sangat jauh., namun panas dari matahari merambat ke bumi sehingga kita merasakan hangatnya sinar matahari. Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

Rangkuman materi kelas 5 tema subtema 2 muatan pelajaran IPA

Perpindahan Kalor Secara  Konduksi

Perpindahan kalor  secara konduksi disebut juga perpindahan  kalor secara hantaran, yaitu  perpindahan kalor  tanpa memindahkan zat perantaranya. Pada peristiwa perpindahan kalor  secara konduksi, yang berpindah  hanya  energi  kalornya saja.  Umumnya, perpindahan  kalor secara konduksi terjadi pada zat padat.

Peristiwa konduksi dapat diumpamakan dengan kegiatan memindahkan buku  secara estafet yang  dilakukan oleh  kamu dan  teman-temanmu.  Buku yang dipindahkan  secara  estafet  kita upamakan sebagai kalor   dan orang yang  memindahkannya sebagai zat perantaranya. Ketika   kamu dan teman-temanmu  memindahkan buku secara estafet, yang   berpindah hanya buku   itu  saja. Sedangkan kamu dan temanmu sebagai perantara tetap diam di tempat, tidak berpindah. Begitu pula  dengan peristiwa konduksi. Hanya kalor  yang  berpindah, zat perantaranya tetap.
 
Saat kamu membuat teh dan memegang salah satu ujung sendok yang dimasukkan ke dalam air panas apa yang  terjadi? Lama-kelamaan ujung sendok yang  kamu pegang juga akan terasa panas. Peristiwa tersebut merupakan salah satu contoh perpindahan kalor  secara konduksi. Pada perpindahan kalor   secara  konduksi, kalor   akan berpindah dari   benda bersuhu tinggi menuju benda yang  suhunya lebih  rendah.

Peristiwa konduksi juga dapat kamu jumpai pada saat kamu memasak. Pada saat  kamu menggoreng, ujung spatula yang   kamu pegang akan terasa panas walaupun ujungnya tidak bersentuhan dengan api  kompor.

Setrika  listrik   merupakan alat  yang   cara  kerjanya menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Ketika  setrika dihubungkan dengan  arus listrik   maka arus  listrik   akan  mengalir melalui elemen pemanas. Panas dari  elemen akan berpindah kebagian alas besi  setrika yang  tebal.

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 75 subtema 2 pembelajaran 1

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini!

1. Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.

Paragraf Satu
1. Perpindahan kalor secara konduksi disebut juga perpindahan kalor secara hantaran. 
2. Pada peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, yang berpindah hanya energi kalornya saja. 
3. Umumnya, perpindahan kalor secara konduksi terjadi pada zat padat.

Paragraf Dua
1. Peristiwa konduksi dapat diumpamakan dengan kegiatan memindahkan buku secara estafet . 
2. Ketika memindahkan buku yang berpindah hanya buku itu saja, teman-teman tidak ikut berpindah.
3. Pada peristiwa konduksi hanya kalor yang berpindah, zat perantaranya tetap.

Paragraf Tiga
1. Saat membuat teh dan memegang salah satu ujung sendok akan terasa panas. 
2. Perpindahan kalor secara konduksi, kalor akan berpindah dari benda bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya lebih rendah.

Paragraf Empat
1. Peristiwa konduksi dapat dijumpai pada saat memasak.
2. Pada saat menggoreng, ujung spatula akan terasa panas walaupun ujungnya tidak bersentuhan dengan api kompor.

Paragraf Lima
1. Setrika listrik menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. 
2. Panas dari elemen akan berpindah kebagian alas besi setrika  yang tebal.

2. Gambarkanlah cara perpindahan panas secara konduksi menurut pemahamanmu berdasarkan keterangan pada bacaan!

 
" Peristiwa konduksi yang berpindah hanya energi kalornya saja sedangkan zat perantaranya tidak ikut berpindah. Pada perpindahan kalor secara konduksi, kalor akan berpindah dari benda bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya lebih rendah. "

3. Tuliskanlah beberapa contoh peristiwa perpindahan panas secara konduksi berdasarkan bacaan di atas! Lalu tambahkanlah beberapa contoh serupa yang kamu jumpai dalam kehidupanmu sehari-hari!


Contoh perpindahan panas secara konduksi berdasarkan bacaan:

1. Saat membuat teh dan memegang salah satu ujung sendok akan terasa panas.
2. Pada saat menggoreng, ujung spatula akan terasa panas walaupun ujungnya tidak bersentuhan dengan api kompor.
3,Pada setrika panas dari elemen akan berpindah kebagian alas besi setrika  yang tebal

Contoh perpindahan panas secara konduksi yang kamu temui dalam kehidupan sehari-hari:

1. Memegang wajan panas dan tangan melepuh
2. Tangan panas Saat kita mengaduk adonan gula, air panas, dan kopi dengan menggunakan sendok logam 
3. Tangan panas Saat kita memegang kawat logam kembang api yang sedang menyala
4. Knalpot akan panas ketika mesin motor dihidupkan
5. Mentega akan meleleh ketika diletakkan di wajan yang tengah dipanaskan
6. Tutup panci terasa panas saat panci digunakan untuk memasak

Kunci Jawaban Tematik kelas 5 tema 6 subtema 2 Halaman  77 


Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa yang kamu rasakan setelah memegang sendok yang dimasukkan dalam air hangat?

" Lama kelamaan ujung sendok akan terasa hangat."

2. Mengapa ujung sendok yang kamu pegang terasa panas?

" Panasberpindah dari benda yang suhunya tinggi ke benda yang suhunya rendah. "

3. Termasuk peristiwa apakah perpindahan panas pada percobaan ini? Mengapa disebut demikian?

 " Konduksi, karena panas berpindah tanpa diikuti dengan perpindahan zat perantaranya."

Kesimpulan:

Peristiwa konduksi yang berpindah hanya energi kalornya saja sedangkan zat perantaranya tidak ikut berpindah. Kalor akan berpindah dari benda bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya lebih rendah.


Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 71, 72, 75 dan 77 pembelajaran 1 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 71, 72, 75, dan 77"