Rangkuman kelas 4 tema 6 Subtema 2

Rangkuman materi kelas 4 tema 6 Subtema 2 Hebatnya cita-citaku sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 4 tema 6 cita-citaku. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 6 kurikulum 2013 dengan judul “Panas dan perpindahannya”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 6 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 


Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 2


Pada kesempatan yang lau kami telah akan memposting Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 1 Aku dan cita-citaku. Dan selanjutnya pada kesempatan kami akan memposting rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 2 Hebatnya cita-citaku, Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 3 Giat berusaha meraih cita-cita.

Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 1 muatan pelajaran Bahasa Indonesia


Puisi merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah.

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasa nya sangat di tentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. 

Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. 

Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yang disebut bait puisi. 

Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi disebut rima. 

Ada jenis puisi yang memiliki rima teraur misalnya a-b-a-b. Rima tersebut biasa terdapat pada jenis puisi lama, seperti pantun. 

Pantun adalah sebuah bentuk puisi yang terdiri atas 4 baris dengan rima a-ba-b. Setiap baris terdiri atas 4 atau 5 kata. 

Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-ide pendukung. peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.
 
Isi puisi menunjukkan makna puisi yang terkandung didalamnya .

Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 1 muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Tahapan pertumbuhan hewan dari kecil sampai dewasa disebut daur hidup hewan. Pada daur hidupnya ada hewan yang mengalami perubahan bentuk, ada juga yang tidak.  Hewan yang mengalami perubahan bentuk tubuh dalam daur hidupnya dikatakan mengalami proses metamorfosis. Proses metamorfosis yang terjadi pada hewan terbagi menjadi dua yaitu metamorposis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda pada setiap tahap hidupnya.  Pada saat telur menetas, mengalami metamorfosis tidak sempurna, setelah menetas memiliki bentuk tubuh hewan tidak sama dengan bentuk induknya. Hewan yang  bentuk tubuh yang mirip dengan induknya.

Perhatikanlah beberapa daur hidup hewan-hewan berikut ini!

Daur Hidup Katak

Katak berkembang biak dengan cara bertelur di dalam air. Telur-telur itu akan menetas setelah kurang lebih 10 hari. Telur itu menetas menjadi berudu yang hidup di air. Oleh karenanya, berudu memiliki insang, alat pernapasan untuk bernapas di dalam air, seperti pada ikan. Tiga minggu kemudian, insang pada katak akan tertutup oleh kulitnya, kemudian tumbuhlah kaki belakang. Pada usia 8 minggu, berudu berkaki berubah menjadi katak yang berekor. Ekor itu kemudian akan memendek dan ia bernapas dengan paru-paru. Setelah pertumbuhan anggota tubuhnya sempurna, katak akan berubah menjadi katak dewasa.

Daur Hidup Kecoa

Kecoa merupakan salah satu serangga yang juga berkembang biak dengan cara bertelur.  Setelah beberapa lama, telur kecoa akan berubah menjadi kecoa muda yang disebut nimfa.  Bentuk nimfa mirip dengan kecoa dewasa, hanya warna kulitnya yang berbeda.  Nimfa beberapa kali mengalami pergantian kulit sampai ia menjadi kecoa dewasa.

Daur Hidup Capung

Capung juga merupakan serangga yang berkembang biak dengan cara bertelur.  Sama dengan kecoa, ketika telur capung menetas ia menjadi capung muda yang disebut nimfa. Setelah kurang lebih mengalami pergantian kulit sebanyak sepuluh kali, capung berubah menjadi capung dewasa.
  
Daur Hidup Nyamuk

Nyamuk juga termasuk jenis serangga yang berkembang biak dengan  cara bertelur di permukaan air. Ketika telur menetas, ia berubah menjadi jentik-jentik atau tempayak. Tempayak ini akan hidup dan mendapatkan makanannya dari air yang ia tinggali. Setelah cukup umur, tempayak ini berubah menjadi pupa. Setelah beberapa berubah menjadi nyamuk muda dan dewasa tidak hidup di air.  Ia akan kemabli ke air ketika hendak bertelur.

Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 1 muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Negara Indonesia memang kaya akan budaya dengan beragam masyarakat yang tinggal di dalamnya.  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia memiliki ribuan pulau dan perairan laut  yang luas. Dengan demikian, Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang hidup dan berkembang di dalamnya.

Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita
Makhluk hidup terdiri atas tumbuhan, hewan, dan manusia.  Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.  Hewan dan tumbuhan dikelola manusia sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam hayati. Keberadaannya akan terus-menerus ada sepanjang tidak terjadi peristiwayang membuat  punah.  Tumbuhan membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen dan menahan air hujan agar tidak terjadi erosi. Tumbuhan juga berfungsi sebagai pelindung tanah-tanah yang miring agar tidak mudah longsor.  Tumbuhan juga bermanfaat untuk menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan lainnya untuk
dimanfaatkan  dalam proses fotosintesis.

Apakah manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya?  Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara.  Dalam mata rantai makanan, hewan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam.

Tumbuhan dan hewan sebagai sumber daya hayati memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat tersebut sebagai berikut. 

1. Sumber bahan pangan  

Hewan yang merupakan sumber makanan manusia antara lain sapi, ayam, udang, dan ikan.  Sedangkan tumbuhan yang menjadi sumber makanan antara lain sayuran, buah-buahan, dan palawija seperti padi, kedelai, dan jagung.

2. Bahan sandang atau pakaian

Bahan pakaian yang digunakan manusia berasal dari serat tumbuhan dan hewan. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan seratnya adalahkapas. Sedangkan contoh hewan yang dimanfaatkan seratnya adalah ulat sutra dan domba. Serat-serat ini diolah menjadi benang yang kemudian dipintal dan ditenun menjadi kain.

3. Peralatan rumah tangga

Banyak perabot rumah tangga terbuat dari kayu yang berasal  Beberapa dari tumbuhan keras.  contohnya adalah kayu dari pohon jati, cendana, mahoni, dan pinus.

4. Produk kesehatan

Tumbuhan dan hewan dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Berbagai tanaman obat seperti kunyit, jahe, temulawak, dan kumis kucing dimanfaatkan sebagai obat. Beberapa jenis hewan juga
dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti kadal, kelelawar, dan cacing.

Sumber daya alam adalah segala sesuatu dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah, dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan. Sumber daya berupa air, tanah, matahari,
tumbuhan, dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai bentang alam, seper ti sungai , danau, laut, tanah persawahan,  tanah hutan. Dan Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan.

Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 1 muatan pelajaran Seni budaya dan Prakarya

Pekerja seni adalah orang yang memiliki bakat dan kemampuan tertentu yang bekerja di berbagai 
bidang kesenian. Para penari, pelukis, animator, sutradara, dan pesulap  merupakan beberapa contoh pekerja seni.  Para pekerja seni ini bekerja untuk membuat orang lain merasa senang dan semakin menghargai keindahan di sekitarnya.

Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat tradisional .   Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya, tentu memiliki seni tari yang banyak jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan terus berkurang apabila generasi muda tidak
mengenalnya.  Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui  tari daerah Indonesia.

Tari piring berasal dari sumatera barat, Tari saman dari Aceh, Tari Pendet dari Bali, Tari remo dari jawa timur. 

Seorang penulis cerita anak merupakan salah satu pekerja seni sastra.  Karena ia merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi dan pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan merasakan hal yang sama.

Peran penulis cerita anak bagi bangsa

1. Melestarikan Budaya Bangsa
2. Membantu anak senang membaca
3. Memperkenalkan negara dan bangsa dan semua keunikkannya


Semoga rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 2 Hebatnya cita-citaku dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru dan juga adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar demi kemajuan websitekami. 

1 Komentar untuk "Rangkuman kelas 4 tema 6 Subtema 2"

  1. saya sangat bereima kasih atas postingannya sangat membantu saya mengembagkan pembelajran sesuai kondidsi lingkungan sekolah saya yang berada didaerah 3t

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel