Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 9 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 4 tema 9 subtema 1 Pelestarian Kekayaan Sumber  Daya Alam Di Indonesia. Rangkuman materi kelas 4 tema 9 Kayanya Negeriku. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 9 kurikulum 2013 dengan judul “Kayanya Negeriku”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 8 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman kelas 4 tema 9 subtema 3


Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 4 tema 9 subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia, rangkuman materi kelas 4 tema  9 subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia. Dan pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas  4 tema 9 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber  Daya Alam Di Indonesia.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 9 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia muatan pelajaran PPKN

Memanfaatkan air merupakan hak setiap warga masyarakat, namun melestarikan ketersediaan air bersih juga kewajiban  masyarakat.

Kewajiban terhadap ketersediaan air 

1. Mematikan kran air saat tidak dipakai
2. Menggunakan air secukupnya
3. Menjaga kebersihan air 

Hak terhadap keterediaan air bersih
1. Terpenuhinya kebutuhan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari
2. Mendapatkan air yang cukup untuk kebutuhan
3. Mendapatkan Fungsi utama air 

Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan oleh perilaku masyarakat terhadap lingkungan, maka masyarakat harus secara sadar mengembangkan  perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan alam. Bahkan, masyarakat pun harus mau bersatu padu dan bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan alam. Misalnya, dengan bekerja bakti secara rutin membersihkan lingkungan, bergotong royong membangun sarana dan prasarana kebersihan. Selain kelestarian alam tetap terjaga, dengan kegiatan tersebut menujukkan adanya sikap  persatuan dan kesatuan masyarakat.


Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 9 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia muatan pelajaran IPA

Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup)
Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya.  Selain itu, berbagai jenis bahan logam mulia bernilai tinggi pun ditambang.  Emas dan perak yang bernilai tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit.

Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia.  Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan.  Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya.  Hewan-hewan
yang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia. 

Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan. Beberapa tumbuhan mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi, misalnya pohon jati dan pohon cendana. Kayu cendana mempunyai aroma yang khas dan diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, dan pigura.

Manusia memerlukan sumber energi lain atau energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya.  Sumber  energi  alternatif  berasal  dari  sumber  energi  yang  dapat diperbarui, contohnya sinar matahari, angin, air, panasbumi, gelombang laut, dan biomasa. Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis yaitu matahari, angin, air, dan panas bumi.

1. Matahari
Energi  panas yang  dihasilkan  dapat  digunakan  untuk memanaskan ruangan, memanaskan air, dan keperluan lain. Pada saat ini sel-sel surya sudah biasa dijumpai di atap-atap rumah, rumah sakit, dan hotel–hotel.

2. Angin
Angin adalah gerakan udara di permukaan bumi yang terjadi karena perbedaan tekanan udara.
Angin telah dimanfaatkan sejak dahulu sebagai sumber energi pada perahu layar dan kincir
angin tradisional. Saat ini energi angin digunakan untuk  menghasilkan  listrik melalui  alat  yang  disebut aerogenerator.

3. Air
Air yang deras merupakan sumber energi gerak. Energi itu  biasa dimanfaatkan  sebagai  pembangkit tenaga listrik. Oleh karena itu, di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dibuat bendungan  air di tempat yang tinggi. Air yang dibendung tersebut, kemudian dialirkan menurun sehingga akan mengalir, seperti air terjun yang deras. Energi gerak dari air terjun tersebut digunakan untuk memutar generator pembangkit listrik.

4. Panas Bumi
Energi panas  bumi  (energi  geotermal) merupakan energi yang berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi.  Bumi  yang  berbentuk,seperti  bola sesungguhnya tersusun dari
lapisan-lapisan. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Hal itu menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar. Pengembangan energi
geotermal saat ini hanya layak di daerah dekat lempeng tektonik. 

5. Gelombang Air Laut
Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik.

6. Bahan Bakar Bio
Bahan bakar bio merupakan bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan. Bahan bakar bio yang berasal dari tumbuhan di antaranya tumbuhan berbiji  yang  mengandung  minyak  seperti bunga matahari, jarak, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biodisel. Biodisel  dapat  digunakan  untuk  menggantikan  solar.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 9 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia muatan pelajaran IPS

Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia  terhadap Keseimbangan Ekosistem

1. Penebangan dan pembakaran hutan
2. Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan
3. Eksploitasi sumber daya laut
4. Perpindahan penduduk
5. Penggunaan kendaraan bermotor
6. Perburuan liar
7. Perusakan terumbu karang

Melestarikan lingkungan merupakan hal yang wajib dilakukan. Agar sumber daya alam  tetap lestari kita harus melakukan usaha-usaha sebagai berikut.

1. Penghematan bahan bakar dan listrik.
2. Penggunaan energi alternatif, misalnya energi matahari, dan energi air.
3. Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul atau reboisasi.
4. Melakukan pembibitan jenis tanaman unggul.
5. Melakukan daur ulang bahan bekas.
6. Tidak membuang sampah atau limbah ke wilayah perairan, baik sungai,
danau, maupun laut.
7. Tidak menebang hutan secara sembarangan. Kita harus melakukan tebang
pilih. Artinya, kita hanya menebang pohon-pohon yang sudah berusia tua dan
setelah menebang mau menanam dan menggantikan dengan pohon yang
lebih muda.
8. Tidak menangkap ikan dengan menggunakan racun, listrik, dan bahan
peledak.

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 9 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia muatan pelajaran SBDP

Poster adalah karya seni yang memuat komposisi gambar dan huruf yang ditulis diatas kertas. 
Poster bertujuan untuk memberikan Informasi, mengajak dan menghimbau banyak orang  untuk melakukan sesuatu seperti apa yang digambarkan atau apa yang dituliskan pada poster tersebut.  



Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Kelas 4 tema 9 Subtema 3 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel