Rangkuman kelas 5 tema 6 Subtema 1

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 Kurikulum 2013 Subtema 1 Suhu dan Kalor

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 1 Suhu dan kalor. Rangkuman materi ini kelas 5 tema 6 panas dan perpindahannya kami. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 6 kurikulum 2013 dengan judul “Panas dan perpindahannya”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 6 
kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 1 Suhu dan kalor. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 2  Perpindahan kalor disekitar kita, Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 3 pengaruh kalor dalam kehidupan.

Rangkuman-materi-tematik-kelas-5-tema-6-




Rangkuman materi kelas 5 tema 6 Subtema 1 muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam 

Sumber Energi Panas
Benda yang dapat menghasilkan  energi panas disebut Sumber energi panas. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Energi panas juga dapat diperolehdari api.

Perbedaan Suhu dan Panas 
Untuk menyatakan tingkat panas dingin nya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur. Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima atau dilepaskan oleh suatu benda. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu adalah Derajat Celcius. Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan Kalori meter.
Perubahan Akibat perubahan Suhu

Energi panas dapat mengubah benda. Beberapa benda aan mengalami pemuaian. Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas . Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin.

Beberapa contoh pemuaian dan penyusustan dalam kehidupan sehari-hari .
1. Pemasangan kaca jendela
2. Ban sepeda/motor/mobil
3. Kawat/Kabel listrik dan telepon
4. Pemuaian yang terjadi pada gelas kaca
5 Pemuaian pada sambungan rel kereta api
6. Penggunaan termometer.

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 Subtema 1 muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Semua mahluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama mahluk hidup maupun dengan lingkungan lainnya. Lingkungan terdiri atas benda mati dan mahluk hidup. Salah satu bentuk hubungan antara  benda mai dan mahluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat mempengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang biak di daerah tersebut.

Dari alam manusia dapat memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan ingkungan alamnya. Tidak semua interkasi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Misalnya banjir yang diakibatkan karena membuangn sampah sembarangan. Tanah longsor karena penebangan hutan sembarangan. Kerusakan lingkungan yang ditibulkan dapat mebahayakan manusia itu sendiri.

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 Subtema 1 muatan pelajaran PPkn

Anak-anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa. Kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus di utamakan. 
Hak-hak anak menurut konvensi hak-hak anak 20 November 1989. 
1. Hak kelangsungan hidup
2. Hak perlindungan 
3. Hak tumbuh kembang
4. Hak berpartisipasi

Hak-hak siswa menurut pemerintah no 28 tahun 1990 

1. Mendapatkan perlakukan sesuai dengan bakat , minat dan kemampuannya
2. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya
3. Mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah di bakukan
4. Mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
5. Pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak di masuki
6. Memperoleh penilaian hasil belajarnya
7. Menyelesaikan program pendidikannya lebih awal dari waktu yang ditentukan
8. Mendapat pelayanan khusus bilamana penyandang cacat.  

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 Subtema 1 muatan pelajaran Bahasa Indonesia 

Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa. Teks ekspalanasi berisi fakta tentang peristiwa yang terjadi. Tujuannya adalah memaparkan proses dan sebabterjadinya suatu peristiwa.

Kata kunci adalah kata-kata yang dianggap penting dalam suatu bacaan.

Media cetak merupakan salah satu media penyampai informasi bagi pembaca. Contoh media cetak adalah koran, Buku, majalah. Selain melalui media cetak kita juga dapat memperoleh informasi dari iklan. Banyak sekali macam macam iklan diantaranya Iklan layanan masyarakat. Papan iklan layanan masyarakat merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak.


Rangkuman materi kelas 5 tema 6 subtema 1 muatan pelajaran SBDP

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secar berurutan. Ada banyak jenis tangga nada diantaranya tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga  nada datonis adalah tangga  nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu dan setengah. Contoh aalat musik diatonis adalah Organ dan Piano.

Tangga nada pentatonis merupakan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada jenis pelog dan tangga  nada jenis slendro. contoh alat musiknnya adalah Gamelan. Tangga nada pelog biasanya menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada do - mi - fa - sol - si. Contoh lagu yang menggunakan tangga nada ini adalah Gundul-gundul pacul. Tangga nada slendro biasanya menggunakan susunan yang berbunyi seperti nada-nada d0 - re- mi - sol - la. Lagi yang menggunakan tangga nada ini memberi kesan gembira dan lincah.  Misal nya lagu cublak-cublak suweng.   


Semoga rangkuman materi tematik kelas 5 tema 6 subtema 1 ini dapat bermanfaat bagi pembaca. 

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 6 Subtema 1 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel