Rangkuman kelas 4 tema 6 Subtema 1

Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Aku dan cita-citaku sesuai Kurikulum 2013 

Rangkuman materi kelas 5 tema 6 cita-citaku. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 6 kurikulum 2013 dengan judul “Panas dan perpindahannya”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 6 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 


Rangkuman kelas 4 tema 6 subtema 1


Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 1 Aku dan cita-citaku. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 2 Hebatnya cita-citaku, Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 3 Giat berusaha meraih cita-cita.


Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 1 muatan pelajarn Bahasa Indonesia

Puisi merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah.

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasa nya sangat di tentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. 

Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. 

Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yang disebut bait puisi. 

Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi disebut rima. 

Ada jenis puisi yang memiliki rima teraur misalnya a-b-a-b. Rima tersebut biasa terdapat pada jenis puisi lama, seperti pantun. 

Pantun adalah sebuah bentuk puisi yang terdiri atas 4 baris dengan rima a-ba-b. Setiap baris terdiri atas 4 atau 5 kata. 

Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-ide pendukung. peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.
 
Isi puisi menunjukkan makna puisi yang terkandung didalamnya . 

Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 1 muatan pelajarn Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Tahapan pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut siklus hidup atau daur hidup. Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda.  Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya.  Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya.

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami Metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis. Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. 

Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami Metamorfosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami metamorfosis yang tidak sempurna.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu, lalat, katak, dan nyamuk.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah Belalang dan Kecoa.

Berikut ini metamorfosis kupu-kupu :

1. Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tanaman yang cocok untuk meletakkan telurnya.
2. Telur kupu-kupu
3. Telur menetas mengeluarkan larva (Ulat)
4. Larva berubah menjadi Pupa (Kepompong)
5. Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu

Berikut ini metamorfosis pada belalang :

1. Belalang dewasa siap bertelur
2. Telur belalang
3. Nimfa tak bersayap
4. Nimfa bersayap

Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 1 muatan pelajarn Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Beternak merupakan kegiatan mengembangbiakkan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan manusia.  Hewan ternak adalah hewan yang dipelihara manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hasil hewan ternak yang dapat dimanfaatkan berupa telur, daging, susu, dan kulitnya. Pemanfaatan tersebut tergantung jenis ternaknya.

Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas yang baik.

Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tanaman pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas
baik.

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.
Sumber daya alam ada berbagai macam. 

Ada sumber daya alam yang dapat diperbarui,  ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber tetapi daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.

Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan ciat-cita memperkaya masyarakat Indonesia.

Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia.  Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh.  Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda.  

Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya.  Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri.  Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik yang hampir serupa.

Rangkuman materi kelas 4 tema 6 subtema 1 muatan pelajarn Seni Budaya dan Prakarya

Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu. 

Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu. Istilah atau tanda tempo sebagai berikut :

1. Largo = lambat sekali
2. Lento = lebih lambat
3. Adagio = lambat
4. Andante = sedang
5. Moderato = sedang agak cepat
6. Allegro = cepat
7. Vivace = lebih cepat
8. Presto = cepat sekali 

Kupu-kupu yang lucu  Ciptaan : Ibu Sud  Tempo : lento


Kupu-kupu yang lucu
Kemana engkau terbang
hilir mudik mencari
bunga-bunga yang berkembang
Berayun-ayun pada tangkai yang lemah
Tidakkah sayapmu merasa lelah

Tik Tik Bunyi Hujan   Ciptaan : Ibu Sud. Tempo : Andante 

Tik tik bunyi hujan diatas genting 
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan ranting
Pohoh dab kebun basah semua


Semoga rangkuman materi tematik kelas 4 tema 6 subtema 1 Aku dan ciat-citaku ini dapat bermain bagi bapak/ibu guru dan juga adik adik. Dan jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar pada kolom yang tersedia demi kemajuan website ini. 

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman kelas 4 tema 6 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel