Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 237-238

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 halaman 237-238 Bab 6

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban bahasa indonesia SMP kelas VII Halaman 237-238 Bab 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP Bab 6 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 237-238 Semester 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia  Kelas 7 halaman 237 Bab 6 Semester 2

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 237



Kunci jawaban Bahasa Indonesia  Kelas 7 halaman 238 Bab 6 Semester 2

Buatlah kerangka urutan peristiwa cerita fabel

Awalnya diceritakan bahwa di sebuah hutan yang lebat hiduplah seekor singa perkasa yang ditakuti semua hewan. Binatang perkasa itu sangatlah marah jika tidurnya terganggu dengan cara apapun.

Kemudian pada suatu hari tikus kecil sangat penasaran ingin melihat bagaimana sarang Singa si Raja hutan. Tikus kecil masuk menyelinap kedalam gua.

Tak disangaka saat tikus akan keluar gua ia tertangkap singa. Tikus memohon agar dibebaskan dan berjanji akan membantu singa.

Tiba-tiba terdengar suara singa mengaum, dia meraung dalam kemarahan dan ketidakberdayaan karena terjerat jaring pemburu. Si tikus pun mendengarnya. dan segera membebaskan singa dari jerat pemburu dengan memotong tali menggunakan gigi-giginya yang tajam. Segera singa itu terbebas.

Akhirnya singa berpikir bahwa tikus kecil itu dapat menolong dirinya yang sedah mengalami kesusahan. Singa dan tikus menjadi sahabat terbaik mulai hari itu.

Kalimat Narator :


-Di sebuah hutan yang lebat hiduplah seekor singa perkasa yang semua makhluk lain sangat takut kepadanya

-Suatu hari tikus kecil sangat penasaran ingin melihat bagaimana sarang Singa si Raja hutan…..

-Untuk mengobati rasa penasarannya si tikus kecil masuk menyelinap kedalam gua……   

-Namun malang, saat itu terdengar suara langkah kaki singa memasuki gua.

-Ternyata singa si raja hutan hanya pergi untuk minum di sungai, dan dia datang kembali untuk beristirahat….

-Beberapa hari sejak kejadian itu, seperti biasa singa sang raja hutan pergi berkeliling….

-Berpikir demikian, si tikus berlari secepat yang dia bisa menuju tempat di mana suara itu berasal……. 

-Tanpa membuang waktu, dia mulai………

Dialog Tokoh dan musik pengiring atau properti:


-“Siapapun yang berani membangunkan aku saat tidur pasti akan kuterkam,” aumnya.Suara auman Singa, properti bentuk tiruan gua dalam hutan

-“Dia pergi ke suatu tempat. Apakah dia akan segera kembali?”

-“Sepertinya aku harus segera kembali.” Pikiri si tikus

-“Oh tidak dia akan segera masuk. Apa yang harus aku lakukan.” Si tikus gemetar.     Musik menegangkan.
” Maaf, ya Raja, saya tidak bermaksud membangunkan anda, saya hanya mencoba untuk meninggalkan gua ini …………………..     Musik sedih.

-“Penguasa hutan dalam kesulitan.” pikir tikus. “Ini adalah kesempatan saya untuk bisa membantu dia sekarang”.     Suara auman singa dalam jeratan pemburu

-“Jangan bergerak, Yang Mulia, saya akan memotong tali Anda dan Anda akan segera bebas” cicit si tikus.     Musik menegangkan

-“Saya tidak percaya menyangka bahwa bahkan Anda bisa membantu saya. Selama ini saya salah.” kata singa rendah hati.     Lagu berjudul “Kepompong”


Demikian Pembaca Kunci Jawaban Bahasa Indonesia SMP kelas 7 halaman 237-238 Bab 6 buku siswa kelas 7 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 237-238"