Rangkuman kelas 5 tema 8 Subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 8 subtema 1 manusia dan lingkungan sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 1 Manusia dan lingkungan. Rangkuman materi kelas 5 tema 8 Lingkungan sahabat kita. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013 dengan judul “Lingkungan sahabat kita”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 8 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 5 tema 8



Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 1 Manusia dan lingkungan. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 2 Perubahan lingkungan, Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 3 Usaha pelestarian lingkungan.

Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 3 muatan pelajaran PPkn 

KD. 3.3 Menelaah keberagaman sosila di masyarakat 

Keragaman Budaya  Bangsa di Wilayah Indonesia

Kekayaan budaya Indonesia karena berbagai suku bangsa yang  ada. Kekayaan itu  beragam bentuknya. Beberapa di  antaranya berbentuk bahasa daerah, rumah tradisional, pakaian adat, dan kesenian daerah berupa tari- tarian,  alat  musik, lagu-lagu, dan  upacara  adat.  Semua budaya tersebut menjadi ciri khas tiap-tiap daerah. 

Berikut contoh budaya daerah di Indonesia.

1. Bahasa daerah
2. Rumah adat
3. Pakaian adat
4. Kesenian daerah

Itulah contoh keragaman budaya yang  ada dalam masyarakat Indonesia. Semua itu   merupakan  kekayaan negara  Indonesia yang   sangat  dikagumi negara  lain. Indonesia  memang  memiliki masyarakat  majemuk.  Namun demikian, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun, saling menghormati, dan bertoleransi antarwarga  masyarakat. Masih banyak keragaman  masyarakat
Indonesia lainnya.

Toleransi adalah sikap kita menghargai orang lain yang berbeda suku, adat, agama dan lainnya agar tercipta kerukunan.

Contoh sikap toleransi di sekolah 
1. Tidak membeda-bedakan teman
2. Menghargai teman yang berbeda agama
3. Mengahargai teman yang berbeda suku
4. Menghormati  guru
5. Saling membantu walaupun berbeda-beda agama


Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 3 muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam 

KD 3.8 Menganalisis siklus air dan dampak nya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk Hidup

Siklus Air

Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan air  antara lain  untuk keperluan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit  listrik. Begitu besarnya  kebutuhan  manusia  akan  air. Kita bersyukur, air senantiasa tersedia di bumi. Oleh karena itu, manusia seharusnya senantiasa bersyukur kepada Tuhan pencipta alam. Mengapa air selalu tersedia di bumi? Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus- menerus dari  bumi ke  atmosfer,   lalu  kembali ke  bumi. Siklus  air  ini  terjadi melalui proses  penguapan,  pengendapan,  dan  pengembunan.  

Air di laut,  sungai, dan danau menguap akibat panas dari  sinar matahari. Proses penguapan ini  disebut evaporasi. Tumbuhan  juga mengeluarkan uap air  ke  udara. Uap  air  dari   permukaan  bumi naik   dan berkumpul di  udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi  menampung uap air  (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika  suhu udara  turun, uap air  akan berubah menjadi titik-titik air.  Titik-titik air  ini  membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan itu akan jatuh ke tanah atau perairan. Air hujan yang  jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur.

Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang  jatuh ke perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang  menguap membentuk awan bersama dengan uap dari  air laut  dan tumbuhan. Proses siklus  air pun  terulang lagi.

Manfaat Air bagi mahluk hidup 

Mnafaat air bagi manusia 

1. Untuk kebutuhan rumah tangga seperti mandi, menncuci, air minum, 
2. Sarana rekreasi
3. Kebersihan jalan dan pasar
4. Sebagai pembangkit listrik
5. Keperluan pertanian
6. Keperluan pelayaran

Manfaat air bagi Tumbuhan

1. Bahan utama fotosintesis
2. Pelarut zat hara
3. Media pengangkut dan memindahkan hasil fotosintesis
4. Membantu proses respirasi
5. Mengatur suhu pada tumbuhan agar tetap stabil
6. Penghasil tenaga mekanik pada tumbuhan
7. Tempat hidup bagi tumbuhan air

Manfaat air bagi hewan 

1. Untuk minum bagi semua hewan
2. Tempat hidup bagi hewan air
3. Tempat membersihkan tubuh hewan
4. Tempat berlindung dan bersembunyi
5. Memproduksi susu bagi hewan yang menyusui
 
Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 3 muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

KD 3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam

Untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melakukan berbagai usaha. Berbagai kegiatan dan jenis usaha yang  dilakukan menghasilkan barang dan jasa. Salah satu jenis usaha di masyarakat yaitu  mengolah sumber daya alam dari   lingkungan.

Kita mengenal berbagai bentuk kegiatan manusia dalam mengolah sumber daya alam untuk mencukupi kebutuhan hidup. Jenis  usaha bidang produksi yang  bergerak dalam pengolahan sumber daya alam (hewan dan tumbuhan) disebut usaha agraris. Jenis  usaha yang  termasuk bidang agraris (pertanian dalam arti luas) antara lain persawahan, perkebunan, perhutanan, peternakan, dan perikanan.  

Umumnya, usaha  persawahan  dan  perkebunan  dilakukan  di   daerah perdesaan  karena  tanahnya  masih  luas.    Namun, sekarang  kita   dapat melakukan usaha  penanaman  pada  lahan  sempit, misalnya dengan  cara hidroponik (penanaman  dengan media air)   atau  vertikultur (cara bercocok tanam dengan menempatkan media tanam dalam wadah yang  disusun secara vertikal). Tanah pertanian ditanami sayur-mayur, buah-buahan, dan palawija. Lahan pertanian juga dimanfaatkan untuk perkebunan. Tanaman perkebunan di antaranya cengkih, teh,  karet, cokelat, tembakau, kopi, dan kelapa sawit.

Usaha di bidang peternakan membutuhkan lahan yang luas. Hewan-hewan yang  diternakkan antara lain  sapi, kambing, domba, itik, dan ayam. Selain itu, ada juga peternakan ulat  sutra. Kepompong ulat  sutra dapat menghasilkan serat bahan baku kain  sutra.
Kegiatan pertanian lainnya adalah perikanan. Usaha di bidang perikanan dapat dilakukan di  daerah pantai atau bendungan/waduk. Akan  tetapi, ada juga usaha perikanan yang  memanfaatkan kolam-kolam di lahan persawahan.

Ada  pula  jenis usaha lain  yang  memanfaatkan secara langsung sumber daya alam. Jenis usaha ini disebut bidang usaha ekstraktif. Dalam bidang usaha ekstraktif, kita  hanya mengambil sumber daya alam tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Bidang usaha  ekstraktif yaitu   berburu, pertambangan, dan penebangan hutan.

Jenis Usaha Masyarakat  Indonesia

Sebagian  besar  masyarakat  Indonesia  memiliki usaha  yang   bergerak di  bidang pertanian.  Selain pertanian, ada  bermacam-macam  jenis usaha masyarakat Indonesia. Jenis  usaha itu ada yang  menghasilkan barang dan ada jenis usaha menghasilkan jasa. Berikut beberapa jenis usaha selain pertanian.

1. Perindustrian
Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin. Ada  industri yang mengolah bahan baku atau mentah menjadi produk olahan. Ada industri yang  hanya mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi.  Ada pula  industri yang  mengolah bahan setengah jadi  menjadi bahan jadi.

Ada  industri besar  dan  industri kecil.  Industri besar menggunakan peralatan,  modal, dan  tenaga  kerja dalam  jumlah besar.  Industri kecil menggunakan  peralatan, modal, dan  tenaga  kerja dalam jumlah lebih kecil. Contoh industri kecil, antara lain perajin mebel, pembuatan tahu atau tempe, dan perajin keramik. Contoh industri besar antara lain industri baja, industri mobil,  dan industri tekstil.

2. Perdagangan
Perdagangan adalah semua hal  yang  berhubungan dengan kegiatan jual   beli.   Dalam perdagangan  ada  perpindahan  hak   milik.   Pedagang membeli barang atau jasa dari suatu tempat pada waktu tertentu, kemudian menjualnya ke tempat lain  dengan tujuan memperoleh keuntungan.
Tanpa  adanya perdagangan, setiap orang harus memproduksi sendiri segala kebutuhan hidupnya. Dengan adanya perdagangan, produsen menjual hasil produksinya pada konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan antara  lain   bahan  makanan, pakaian, hewan, barang elektronika, kendaraan bermotor, dan sebagainya.

3. Jasa
Jasa adalah segala aktivitas atau manfaat yang  ditawarkan kepada orang lain   (konsumen).  Meskipun tidak  menghasilkan  barang  seperti  misalnya industri konfeksi menghasilkan pakaian. Usaha jasa memberikan pelayanan kepada konsumen. Contoh pekerjaan yang menjual jasa adalah guru, pengacara, dokter, montir mobil,  jasa keuangan, pemandu wisata, dan sebagainya.

Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 3 muatan pelajaran SBDP

Tangga nada merupakan susunan berjenjang, misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do.  Dalam seni musik ada jenis tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis terdiri atas delapan nada. Tangga  nada diatonis dibagi lagi  dalam dua jenis tangga nada, yaitu  tangga nada mayor dan tangga nada minor.

Tangga  nada diatonis mayor memiliki interval (jarak nada) 1 1 ½ 1 1 1 ½. 
Ciri-ciri  tangga nada diatonis mayor biasanya sebagai berikut. 
a. Bersifat riang gembira.
b. Bersemangat.
c. Biasanya  diawali  dan  diakhiri  nada   do.   Namun, tidak  menutup kemungkinan diawali dengan nada 5  (sol)  atau 3  (mi) dan diakhiri nada 1 (do).

Contoh lagu yang bertangga nada diatonis mayor :
1. Garuda pancasila
2. Kampungku
3. Indonesia raya
4. Halo-halo bandung

Tangga Nada  Diatonis Minor

Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1   ½  1 1 1   ½  1 1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam, salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga  nada  diatonis minor dengan  nada  ketujuh dinaikkan setengah. Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis minor harmonis berikut.
Ciri-ciri  tangga nada diatonis minor sebagai berikut.
1. Lagu bersifat sedih.
2. Lagu kurang bersemangat.
3. Melodi   lagu   diawali dan  diakhiri nada  6  (la).   Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).

Contoh lagu yang bertangga nada diatonis minor adalah 

1. Syukur
2. Mengheningkan cipta
3. Gugur bunga 

Rangkuman materi kelas 5 tema 8 subtema 3 muatan pelajaran Bahasa Indonseia

KD. 3.8 Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks non fiksi 

Teks non fiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan kenyataan yang indah, realita tanpa mengada-mengada, atau hal yang benar terjadi dalam kehidupan. Contoh karangan atau tulisan non fiksi adalah : laporan, karya ilmiah, artikel, dan lainya.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 8 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel