Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban ppkn kelas 10 halaman 209, 211

Kunci jawaban PPKN SMA Kelas 10 halaman 209, 211 bab 7

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMA kelas X Halaman 147, 148 bab 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 10 SMA Bab 7  Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban kelas 10 halaman 209, 211 Bab 7 Semester 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas X SMA/SMK dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN  Kelas 10 halaman 209 bab 7 Semester 2

Setelah melalui diskusi kesadaran berbangsa dan bernegara dengan memahami kedudukan, fungsi, dan tujuan Wawasan Nusantara, buatlah langkah-langkah untuk menerapkan semangat kebangsaan (nasionalisme) dalam konteks Wawasan Nusantara di lingkunganmu.

1. Melatih sikap dan sifat kejujuran sejak dini kepada anak dan diri sendiri tanpa memandang usia.

2. Mendahulukan kepentingan dan kesejahteraan bersama di atas kepentingan pribadi.

3. Menanamkan sifat adil kepada sesama tanpa memandang suku, agama, ras, dan golongan.

4. Meningkatkan kegiatan-kegiatan yang memerlukan kerja sama antar masyarakat.

5. Mematuhi segala peraturan yang berlaku di daerah setempat.

Kunci jawaban PPKN  Kelas 10 halaman 211 bab 7 Semester 2

Berdasarkan cerita tersebut, jika dilihat dari geopolitik dan hukum internasional, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang salah terhadap pertahanan dan keamanan Indonesia sehingga hal ini terus berulang? Bahkan bukan hanya Nipah, terdapat kasus Ambalat, Sipadan, dan Ligitan, juga wilayah lain yang menjadi wilayah persengketaan dengan negara tetangga.

Jawaban : Menurut pendapat saya, kasus blok Ambalat, pulau Sipadan dan Ligitan, serta yang terakhir pulau Nipah ini adalah kasus yang berbeda namun memang merujuk pada satu persoalan, yaitu Negara kita, Indonesia sebagai Negara kepulauan atau Negara maritime kurang mengelola wilayah laut termasuk semua pulau-pulau terluar, sehingga muncullah klaim-klaim dari Negara lain. Seharusnya Negara kita terus berupaya menjaga kekayaan dan berkonsentrasi untuk memelihara semua pulau tersebut agar tidak ada kesempatan lagi untuk Negara lain memiliki atau mengambil keuntungan yang tidak dibenarkan secara hukum dan dapat merugikan kita sebagai Bangsa Indonesia.
(mohon maaf apabila ada salah kata, buat yang mau menambahi bisa di kolom komentar, terima kasih)

2. Usaha apa yang harus dilakukan untuk menjaga keutuhan nusantara?

Jawaban : Usaha yang perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan nusantara adalah pertama kita perlu paham akan kosep wawasan nusantara, kemudian apapun yang terjadi, isu apapun yang ada di tengah masyarakat kita, kita tidak boleh lupa akan ideology bangsa kita. Ideologi harus diaktualisasikan dalam bidang kenegaraan oleh Warga Negara Indonesia karena ideology Pancasila mengakui keanekaragaman dalam hidup berbangsa dan dijadikan alat untuk menyejahterakan dan mempersatukan masyarakat.

3. Apa realisasi nyata atas komitmen kalian sebagai pelajar dan warga Negara  secara umum untuk menjaga keutuhan nasional sebagai bentuk kesadaran berbangsa dan bernegara?

Jawaban : Realisasi kami sebagai pelajar dan juga warga Negara adalah mempelajari dan wawasan nusantara yang mana sebagai visi bangsa. Kemudian mendukung persatuan bangsa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan individu atau golongan, mendukung upaya untuk mewujudkan suatu keadilan social dalam masyarakat, mempunyai wawasan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk membela Negara yang dilandasi oleh rasa cinta tanah air, dan lain lain.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PPKN SMA kelas 10 halaman 209, 211 bab 7 buku siswa kelas 10 SMA/SMK kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban ppkn kelas 10 halaman 209, 211"