Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 57 dan 60

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 tema 8 halaman 57, 60 

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 6 Bumiku subtema 2 Bumiku dan musimnya pembelajaran 1 tepatnya berada pada tema 8 halaman 57, 60

Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 57, 60 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 57 dan 60



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 6 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Rangkuman materi kelas 6 tema 8 Subtema 2 Bahasa Indonesia 

Membaca sekilas dilakukan di dalam hati atau tanpa suara untuk menemukan gagasan utama. Gagasan utama disebut juga ide utama atau inti dari sebuah paragraf. Gagasan utama dalam paragraf dapat ditemukan di awal, tengah, atau akhir paragraf.

Dalam teks agak panjang, biasanya terdapat 150-200 kata. Teks di susun dari gagasan utama dan gagasan pendukung. Setiap paragraf memiliki satu gagasan utama yang merupakan inti dari pesan yang akan disampaikan. Beberapa gagasan utama paragraf dapat dijadikan dasar untuk menemukan pokok pikiran dari suatu teks. Oleh sebab itu, sebelum mencari pokok pikiran dari suatu teks, temukan dahulu gagasan utama setiap paragraf.

Kunci jawaban  Kelas 6 Tema 8 Halaman 57 Pembelajaran 1 Subtema 2


Presentasikan di depan kelas, gagasan utama dan informasi penting dalam setiap paragraf. Sebelum presentasi, tuliskan terlebih dahulu gagasan utama dan informasi penting pada tiap paragraf di peta konsep yang disediakan di bawah ini!

Paragraf 1
Gagasan utama : Penyebab banjir

Informasi penting :
Musim hujan, curah hujan meningkat
Rendahnya kesadaran masyarakat
Pendangkalan dan penyempitan badan sungai

Paragraf 2
Gagasan utama : Permukiman di bantaran Sungai Ciliwung

Informasi penting :
Penertiban permukiman liar di bantaran sungai Ciliwung. Resiko permukiman di bantaran sungai

 Paragraf 3
Gagasan utama: Banjir dan longsor akibat pembangunan tidak mengindahkan topografi

Informasi penting :
Di Manado, banjir dan longsor akibat pembangunan kota
Banyak bukit dan lereng diubah jadi perumahan

 
Berdasarkan gagasan utama  dan informasi penting yang kamu temukan, buatlah sebuah ringkasan singkat tentang bacaan “Banjir  Bukan Sekadar Bencana Alam”.

Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, penebangan liar, pembangunan pemukiman tanpa mengindahkan topografi wilayah, pendangkalan dan penyempitan badan sungai merupakan faktor penyebab banjir.

Warga yang tinggal di bantaran sungai harus selalu siaga ketika curah hujan mulai meninggi. Luapan sungai dapat terjadi hingga ketingian 1-2 meter di dalam rumah. Pemukiman di bantaran sungai sangat beresiko ketika curah hujan tinngi. Bertambahnya penduduk menyebabkan banyak bukit dan lereng diubah menjadi perumahan.

Rangkuman materi tema 8 kelas 6 subtema 2 pelajaran IPA

Ada Dua, Ada Empat

Mungkin kamu pernah bertanya-yanya di dalam hati, mengapa di Indonesia hanya ada musim hujan dan musim kemarau? Tidak seperti negara-negara subtropis yang memiliki empat musim. Keempat musim di negara-negara subtropis tersebut adalah musim dingin, semi, gugur, dan musim panas. Pada musim dingin, tanah diselimuti salju seputih kapas. Pada musim semi, bunga-bunga bermekaran dengan indahnya. Saat musim gugur, daun-daun berwarna cokelat keemasan kemudian berguguran dari batangnya. Ada pula musim panas, saat jangka waktu siang hari berlangsung sangat lama dari malam hari, bahkan dapat berlangsung hanya selama 4-5 jam saja. Perbedaan musim di negara tropis terjadi karena ketika mengorbit, poros Bumi dalam keadaan miring. Pada bulan Desember, saat poros di belahan Bumi utara mengalami kemiringan terjauh dari Matahari sehingga sedikit mendapatkan sinar matahari. Akibatnya, terjadilah apa yang kita kenal sebagai musim dingin. Di sisi belahan Bumi selatan, pada waktu bersamaan, terjadi musim panas.

Sementara itu, di bagian ’tengah’ poros Bumi, yaitu bagian yang dekat dengan garis ekuator, poros tidak terlalu mengalami kemiringan. Banyaknya sinar Matahari cenderung stabil sepanjang tahun. Pada bagian Bumi ini, arah dan kecepatan anginlah yang berperan memengaruhi musim.

Angin terjadi karena perbedaan tekanan udara. Baik dua maupun empat musim adalah sama-sama karunia Tuhan Yang Maha Esa. Semuanya harus kita syukuri karena menjadikan tempat-tempat di muka Bumi ini sempurna dengan ciri khasnya masing-masing.

Kunci jawaban  Kelas 6 Tema 8 Halaman 60 subtema 2 pembelajaran 2

Gagasan utama yang aku dapatkan dari bacaan yang dibacakan oleh temanku:

Paragraf 1 : Perbedaan musim negara tropis dan subtropis

Paragraf 2 : Arah dan kecepatan angin yang berperan mempengaruhi musim

Paragraf 3 : Angi terjadi karena perbedaan tekanan udara

Gagasan utama yang aku dapatkan setelah membaca bacaan dalam hati:

Paragraf 1 : Perbedaan musim negara tropis dan subtropis

Paragraf 2 : Arah dan kecepatan angin yang berperan mempengaruhi musim

Paragraf 3 : Angi terjadi karena perbedaan tekanan udara

Berdasarkan teks bacaan “Ada Dua, Ada Empat“, jelaskan penyebab terjadinya perbedaan musin di Bumi!

Jawaban : 

Perbedaan musim di bumi disebabkan oleh kemiringan poros bumi.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 57, 60 kelas 6 tema 8 pembelajaran 1 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 57 dan 60"