Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 189 -190

 Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 Halaman 189 -190 Bab 6

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas V Halaman 189 -190 Bab VI  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 SD/MI Bab 6 Indonesiaku kaya raya Semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 189 -190 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas V SD/MI dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 189 -190 Kurikulum Merdeka

Uji Pemahaman

A. Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris
Pilihlah salah satu kondisi geografis negara Indonesia dan jawablah pertanyaan berikut.

1. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim/agraris?

Jawaban : Indonesia dikatakan negara maritim karena Indonesia merupakan negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang berupa kepulauan.

Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km persegi. Sedangkan luas perairan Indonesia mencapai 3.257.483 km persegi.

2. Apa potensi dan kekayaan dari negara maritim/agraris?

Jawaban : Potensi yang dimiliki oleh negara maritim/agraris adalah Indonesia bisa diuntungkan dari segi hasil laut dan segi keberagaman budaya dari letak geografisnya. Keanekaragaman sumber daya alam.

3. Bagaimana menjaga kelestarian negara maritim/agraris?

Jawaban : Tidak menangkap ikan dengan bahan peledak yang merusak laut, mengambil SDA laut dengan bijaksana dan memberi waktu untuk budidaya dan berkembang biak, tidak membuang limbah beracun ke laut, mengurangi penggunaan sampah yang tidak bisa didaur ulang dan berpotensi memenuhi laut.

B. Pengelompokan SDA

Buatlah tabel yang berisi minimal lima macam SDA yang ada di Indonesia. 

Kelompokkan SDA tersebut menjadi:

1. SDA hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam hayati bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan.seperti Ikan, ayam sapi, rumput laut, jagung, sawit dan padi

2. SDA nonhayati merupakan SDA yang berasal dari benda mati, seperti air, Matahari, tanah, dan barang tambang. Seperti emas, nikel, besi aluminium, tembaga dan Timah

3. Sumber daya alam yang bisa diperbarui seperti tumbuhan, hewan, tanah, air

4. Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui Contohnya seperti minyak bumi, gas alam, Emas, tembaga, timah dan batu bara

C. Pemanfaatan SDA yang Berlebihan

Indonesia kaya akan sumber daya laut. Banyak yang bisa kita manfaatkan dari laut, salah satunya sebagai sumber pangan. Sebutkan dua dampak yang terjadi  jika kita melakukan penangkapan ikan menggunakan peledak

Jawaban : Dampak yang akan terjadi jika kita menggunakan peledak

1. Kematian untuk ikan kecil maupun ikan besar, terumbu karang dan biota laut lainnya.
2. Merusak keseimbangan Ekosistem laut
3. Dapat membahayakan dan menewaskan nelayan.
4. Tempat tinggal dan sumber makanan ikan hilang.
5. Pencemaran air.

Demikian Pembaca Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 5 Halaman 189 -190 Bab 6 buku siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 189 -190 "