Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 159

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 159 Tema 03

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas VII halaman 159 Tema 03  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS Kelas 7 SMP/MTs Tema 03 Potensi Ekonomi Lingkungan semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 159 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 159 Kurikulum Merdeka

Lembar Aktivitas 10 Aktivitas Individu

• Bagaimana kedudukan Selat Muria yang menjadi pelabuhan Kerajaan Demak pada saat itu?

Jawaban :

Selat Muria menjadi salah satu jalur perdagangan dan transportasi laut yang sangat padat di masa kejayaan Kerajaan Demak, sehingga Kota Demak menjadi ramai sebagai kota pelabuhan.

Penduduk yang berada di pulau-pulau utara Jawa, harus melalui Selat Muria jika ingin menuju ke pusat Kerajaan Demak, yaitu kota Demak.

Seperti masyarakat di Pati, Kudus, dan Jepara, selalu menggunakan kapal untuk menyeberang ke kota Demak pada saat melakukan kegiatan perdagangan dan lainnya.

Selain itu, Kerajaan Demak yang sangat dikenal dengan kekuatan maritim, juga tak lepas dari keberadaan Selat Muria.

Jadi, bisa dikatakan bahwa Selat Muria adalah faktor utama dari kejayaan Kerajaan Demak, sebagai jalur perdagangan, transportasi, dan pusat kekuatan maritim.

Selat Muria itu sendiri semakin menyempit akibat adanya proses sedimentasi Gunung Muria. Kemudian benar-benar hilang sejak tahun 1657 dan menyatu dengan pulau Jawa.

Saat ini, sisa-sisa dari Selat Muria dapat dilihat di Sungai Kalilondo yang membentang dari Juwana di sebelah timur hingga ke Ketanjung di sebelah barat. Selain itu, beberapa sungai juga terbentuk dari bekas Selat Muria, seperti Sungai Silugunggo yang melintasi wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah.


Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 159 Tema 03  buku siswa kelas VII SMP/MTs kurikulum Merdeka. 

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 159"