Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Halaman 73

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Halaman 73 Pelajaran 8

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam kelas V Halaman 73 Pelajaran 8 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PAI Kelas 5  Bab 8 Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Halaman 73 Pelajaran 8



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas V  dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Halaman 73 Pelajaran 8

A. Bacalah secara cermat percakapan singkat di bawah ini! Apa pelajaran yang kamu peroleh dari cerita tersebut? Jelaskan.

Zaid dan Zaki adalah murid kelas V di suatu sekolah. Zaid tergolong anak yang 
berkecukupan, karena orang tua Zaid adalah pengusaha di suatu perusahaan, sedangkan Zaki adalah tergolong anak yang biasa-biasa saja hidupnya. Orang tua Zaki bekerja sebagai buruh pabrik di daerah tersebut. Zaid di sekolah terlihat selalu menggunakan perlengkapan belajar yang mahal. Berbeda dengan perlengkapan Zaki yang terkesan seadanya. Walaupun begitu Zaki selalu meraih prestasi dalam belajar. Lain halnya dengan 
Zaid yang prestasi belajarnya selalu rendah. Orang tua Zaid selalu datang ke sekolah guna menyelesaikan masalah prestasi belajar anaknya. Ternyata prestasi belajar tidak hanya bergantung pada peralatan belajar mewah, tetapi sikap kesederhanaan yang didukung dengan kesungguhan hati dapat mengantarkan pada prestasi.

Jawaban : Pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita tersebut adalah kita harus menjadi anak yang rendah hati, baik seperti Zaid dan Zaki, dan Jadilah anak yang rajin belajar, berprestasi dan bisa membanggakan orang tua.


B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.

1. Jelaskanlah cara hidup sederhana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw.

Jawaban: Meskipun Nabi Muhammad saw. seorang rasul dan pemimpin yang memiliki pengaruh dan kekuasaan, namun ia selalu hidup sederhana serta menghindari hidup mewah dan boros. 

Menurut riwayat, Nabi Muhammad saw. selalu tidur beralaskan sehelai tikar, dan kalau ia terbangun dari tidurnya, terlihat ada bekas tikar di pipinya.

Begitu sederhananya kehidupan nabi, tapi ia sangat mulia di hadapan Allah Swt.

2. Apa keuntungan orang yang hidup sederhana? Jelaskan.

Jawaban: Orang yang hidup sederhana berarti telah mengamalkan ajaran agama atau perintah Allah Swt., dan orang tersebut mendapat pahala.

Selain itu, orang tersebut telah mampu melawan godaan setan yang mendorong hidup boros, rendah hati, dan disenangi banyak orang.

Tidak hanya itu, orang yang hidup sederhana tidak akan ditimpa penyakit resah-gelisah, dan tidak akan pernah mengambil harta orang lain.

3. Mengapa Allah Swt. menyatakan bahwa orang pemboros adalah saudara setan? Jelaskan.

Jawaban: Karena boros merupakan salah satu dari godaan setan yang harus dihindari, jika kamu tidak menghindarinya, maka setan menganggap orang tersebut adalah saudaranya.

4. Apa ciri-ciri orang yang hidup sederhana? Jelaskan.

Jawaban: Tidak berlebih-lebihan ketika menggunakan pakaian dan tidak memperlihatkan atau memamerkan harta benda secara berlebihan.

5. Apa ciri-ciri orang yang ikhlas beramal?

Jawaban: Beramal dengan sungguh-sungguh tanpa mengharapkan pujian dari manusia. Pujian bukan harapan kita meskipun ada orang yang memuji.

Beramal dengan tekun dan rajin semata-mata karena tindakan itu adalah perintah Allah Swt. Tentu ada yang memuji, tetapi pujian bukan tujuan.

Selain itu, tidak memamerkan dan menceritakan amalnya kepada orang lain dan tidak pernah mengeluh dalam melaksanakan tugas.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PAI  Kelas 5 Halaman 73 Pelajaran 8 buku siswa Kelas 5  kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Halaman 73"