Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan sosial Kelas 8 Halaman 145

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan sosial Kelas 8 Halaman 145 Bab 3

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan sosial SMP Kelas VIII  Halaman 145 Bab V  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Ilmu Pengetahuan sosial Kelas 8 SMP/MTs Bab 3 Nasionalisme dan jati diri bangsa semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan sosial Kelas 8 Halaman 145 Aktivitas Kelompok



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VIII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan sosial Kelas 8 Halaman 145 Aktivitas Kelompok

Lembar Aktivitas 1 Aktivitas Kelompok

 Kamu dapat berdiskusi dengan teman sebangkumu untuk mengerjakan  aktivitas di bawah ini.

• Bagaimana kondisi geografis Indonesia? 

Jawaban : Letak geografis adalah letak suatu daerah atau wilayah terhadap posisinya di Bumi dibandingkan dengan posisi daerah atau wilayah lainnya. Posisi ini juga berkaitan dengan batasan-batasan yang mengelilingi suatu daerah atau wilayah. Letak geografis Indonesia Lihat Foto Letak geografis Indonesia terletak di antara dua samudera dan dua benua. Dua samudera ini adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Sementara itu, dua benua adalah Benua Asia dan Benua Australia. Berikut adalah penjelasan secara detail: Bagian barat: berbatasan dengan Samudera Hindia Bagian timur: berbatasan dengan Samudera Pasifik Bagian tenggara: berbatasan dengan Benua Australia Bagian barat laut: berbatasan dengan Benua Asia

• Setelah mengetahui bahwa kondisi geografis Indonesia merupakan salah satu faktor yang memengaruhi proses penjelajahan samudra, carilah informasi dari buku atau internet tentang pengaruh letak geografis Indonesia. (kalian sudah mempelajari di kelas VII)

Jawaban :  

Letak geografis suatu wilayah akan memberikan pengaruh tertentu terhadap wilayah tersebut. Berikut adalah pengaruh letak geografis Indonesia: 
1. Perubahan musim 
Indonesia memiliki dua musim yang bereda, yaitu musim hujan dan musim panas. Ini merupakan pengaruh dari angin muson yang bergantian berembus dari arah Asia atau Australia. 

2. Keuntungan dalam aktivitas perdagangan 

Letak Indonesia yang berada di dua benua dan dua samudera membuat Indonesia terletak di jalur perdagangan internasional melalui jalur laut dan udara. Hal ini membuat Indonesia mengalami perkembangan ekonomi, terutama pada daerah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Zona ini merupakan zona pelayaran internasional sebagai jalur perhubungan laut. 

3. Sosial budaya penduduk yang beragam 

Letak geografis Indonesia menyebabkan Indonesia memiliki berbagai sosial budaya, terutama dari Benua Asia. Walaupun ada banyak keuntungan yang diperoleh, namun juga terdapat kerugian akibat letak geografis Indonesia yang spesial ini. Sebagai contoh, dikarenakan lokasinya yang strategis, Indonesia juga kerap dijadikan tempat penyelundupan keluar masuknya barang dari dan keluar Indonesia.

• Jelaskan pengaruh kondisi geografis Indonesia sehingga berpengaruh pada penjelajahan samudra. Letak geografis memberi pengaruh bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya

Jawaban :

Dampak/pengaruh letak geografis Indonesia dalam bidang Ekonomi, Sosial, dan Budaya 

Ekonomi :

→ Potensi alam yang dimiliki bangsa Indonesia dapat dijadikan komoditas perdagangan, baik untuk pasar lokal maupun pasar Internasional

→ Banyak destinasi pariwisata

→ Kegiatan ekspor dan impor menjadi lancar

Sosial :

→ Letaknya yang strategis memudahkan bangsa Indonesia berhubungan dengan bangsa lain sehingga proses interaksi sosial lebih dinamis

→ Memperkaya budaya Indonesia

Budaya :

→ Menjadi daya tarik wisatawan saat melihat keragaman budaya Indonesia yang beragam

→ Bahasa daerah yang beragam

→ Memiliki kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya

Demikian Pembaca Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan sosial SMP Kelas 8 Halaman 145 Bab 3 buku siswa Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan sosial Kelas 8 Halaman 145 "