Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 118

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 Halaman 118 Uji Kompetensi Bab 5

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas VII  Halaman 118 Bab V merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN Kelas 8 SMP/MTs Bab 5 Jati diri bangsa dan budaya nasional  semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 118 Uji Kompetensi 5 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 118 Uji Kompetensi 5 Kurikulum Merdeka

Uji Kompetensi

Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.

1. Pada sebuah sekolah terdapat beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Secara umum ada seni tari dan seni bela diri. Tari Tango asal Argentina ternyata lebih menarik para siswi untuk mendaftar, sementara pendaftar Tari Saman asal Aceh relatif sepi pendaftar.

Sementara, pada seni bela diri, ekstrakurikuler karate lebih digemari daripada pencak silat merpati putih.

Bagaimana pendapat kalian terhadap fenomena di atas? Apa solusi yang kalian tawarkan agar budaya nasional lebih banyak diminati oleh siswa dan siswi di sekolah tersebut?

Jawaban :

Membuat ekstrakulikuler kebudayaan nasional lebih inovatif dan kreatif lagi. Apalagi sekarang bisa belajar budaya nasional tapi tetap kekinian dan modern sehingga menarik minat banyak siswa.

2. Ada seorang pelajar yang lolos program pertukaran budaya ke Korea Selatan. Pelajar ini memang sangat menggemari budaya Korea Selatan. Namun, pada sisi lain, ia kurang mengenali budaya nasional, bahkan budaya lokal asal daerahnya.

Menurut kalian, bagaimana sebaiknya sikap pelajar ini? Apakah pelajar ini sebaiknya membatalkan program pertukaran budaya tersebut dan mengenali terlebih dahulu budaya nasional atau seperti apa?

Jawaban :

Pelajar tersebut boleh tetap melanjutkan pertukaran budaya asalkan sambil belajar budaya nasional sehingga pengetahuan tentang budaya nasional lebih banyak daripada negara asing. Apalagi jika sudah di luar tidak mampu mengenalkan kebudayaan sendiri akan merasa malu.

3. Banyak budaya nasional dan kearifan lokal yang terancam punah, seperti Gambang Semarangan, Terebang Gede, dan Nataki. Padahal, budaya nasional tersebut bisa jadi destinasi wisata menarik.

Jika kalian menjadi menteri pariwisata, apa yang kalian rencanakan dan programkan untuk memajukan budaya nasional?

Jawaban :

Menunjukkan kearifan lokal melalui acara-acara besar yang dapat di inovasikan lagi tapi tetap tidak mengubah kebudayaannya. Bisa pula dengan menggunakan lagu yang sering didengar generasi sekarang sehingga bisa mengenal bagaimana kearifan lokal yang dimiliki.

Demikian Pembaca Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 8 Halaman 118 Bab 5 buku siswa Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 118 "