Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPA Kelas 8 halaman 188-189

Kunci jawaban IPA SMP Kelas 8 halaman 188-189 Bab 6

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPA SMP kelas VIII halaman 188-189  Bab IV merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPA Kelas 8 SMP/MTs Bab 6 Struktur Bumi dan perkembangannya semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPA Kelas 8 Halaman 188-189 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VIII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPA Kelas 8 Halaman 188-189 Kurikulum Merdeka

1. Mengapa Alfred Wagener mengajukan teori Pangea? Apakah teorinya langsung diterima oleh pada ilmuwan? Uraikan bukti-bukti dari teorinya ini.

Jawaban:

Jawaban yang diberikan dapat bervariasi seperti cerita penemuan teori Wegener di atas. Bukti-bukti menyangkut penyebaran fosil binatang purba dan tanaman, struktur dan umur batuan di pegunungan Amerika Utara dan bagian utara sebelah barat Eropa

2. Jelaskan arus konveksi yang menyebabkan pergerakan lempeng kepada adik, kakak, orang tua, atau saudaramu.

Jawaban:

Dikerjakan di rumah setelah aktivitas siswa mendalami penyebab lempeng bergerak

3. Perhatikan gambar peta bumi di bawah ini. Tanda panah menunjukkan gerakan lempeng. Identifikasilah di bagian mana sajakah gerakan lempeng konvergen, divergen, dan transform yang terjadi.

Jawaban:

Lempeng yang bergerak secara konvergen: Lempeng Eurasia dengan Pasifik, lempeng Indo-Australia dengan Eurasia, lempeng Pasifik dengan Indo-Australia dan lempeng Fiji denganb Pasifik. Gerakan divergen: lempeng Amerika Selatan dengan Afrika, lempeng Afrika dengan Indo-Australia, Lempeng Eurasia dengan Amerika Utara, Lempeng Afrika dengan antartika, Lempeg pasifik dengan Nazca. Gerakan transform: Lempeng Amerika Utara dengan Juan De Fuca

4. Coba lakukan observasi di daerah/provinsi tempatmu tinggal, apakah ada bukti pergerakan lempeng? Kamu dapat melakukan studi literatur atau wawancara dengan orang tua mengenai peristiwa alam yang pernah terjadi sebelum kamu lahir.

Jawaban:

Jawaban bervariasi tergantung keadaan daerah tempat tinggal pelajar.

5. Pemerintah ingin membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) pertama di Indonesia sebagai sumber energi listrik karena ketersediaan minyak bumi di Indonesia yang semakin berkurang. PLTN ini menghasilkan energi listrik yang besar, murah, dan aman apabila ditempatkan di wilayah yang tidak memiliki pergerakan lempeng atau potensi gempa. Buatlah tulisan untuk memberikan informasi pada pemerintah, di provinsi mana PLTN ini dapat dibangun dengan menyebutkan alasan-alasanmu.

Jawaban:

Tulisan bervariasi merujuk pada provinsi/kota/daerah yang tidak merupakan pertemuan lempeng, seperti Kalimantan


Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPA SMP Kelas 8 halaman 188-189  Bab 6 buku siswa kelas VIII SMP/MTs Kurikulum Merdeka.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.


Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPA Kelas 8 halaman 188-189 "