Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Halaman 56-57

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Halaman 56-57 Pelajaran 6

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam kelas V Halaman 56-57 Pelajaran 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PAI Kelas 5  Bab 6 Mari belajar al-quran surah Al-maun semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Halaman 56-57 Pelajaran 6



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas V  dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.


Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Halaman 56-57 Pelajaran 6

Ayo Berlatih

A. Bacalah secara cermat percakapan singkat di bawah ini. Apa pelajaran yang kamu peroleh dari cerita tersebut? Jelaskan.

Lina dan Kartini berteman. “Tini, aku lihat beberapa hari ini tugas-tugas sekolahmu 
selalu terlambat diserahkan ke ibu guru , ada apa?” tegur Lina. “O iya, aku juga tidak tahu, mengapa akhir-akhir ini aku kurang semangat membuka buku pelajaran ya,” jawab Tini. Lina: “Barangkali kamu sudah jarang membaca al-Qur’ān ya?” Tini: “Apa yang kamu 
duga itu memang benar Lin”. Nah kalau begitu, nanti malam mulailah kamu membaca 
al-Qur’ān, Bukankah ibu guru pernah mengatakan kalau membaca al-Qur’ān dapat 
menghilangkan kegelisahan dan bahkan dapat memicu semangat belajar, sambung 
Lina. “Insya Allah mulai nanti malam aku akan membaca al-Qur’an, doakan ya”, balas Tini.

Jawaban : Rajin-rajinlah membaca alquran karena dengan membaca alquran selain beribadah kepada Allah dan mendatangkan pahala, Membaca Al-quran juga dapat menghilangkan kegelisahan, dan bahkan dapat menumbuhkan semangat belajar. Untuk itu jangan jauh-jauh dari alquran. Jadikan alquran teman hidup dengan memabacanya setiap hari


B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.

1. Pertanyaan nomor satu berbunyi siapakah pendusta agama menurut surat al-Maun

Jawaban: Pendusta agama menurut surat Al Maun ialah orang yang tidak menyarankan memberi makan orang miskin dan menghardik anak yatim.


2. Lalu masuk di soal kedua sebutkan ciri orang yang celaka menurut surat al-Mā’ūn?

Jawaban: Orang yang celaka dijelaskan dalam surat Al Maun yakni orang yang lalai atau lupa dengan sholatnya, berbuat riya atau pamer amal perbuatan baiknya ke orang lain, orang yang tidak mau menolong sesama dengan bantuan barang berguna.

3. Langsung baca soal nomor tiga tertulis apa yang dimaksud dengan menghardik anak yatim? Jelaskan.

Jawaban: Menghardik anak yatim maksudnya ialah melakukan hal buruk ke anak yatim misalnya membentak, menyakiti fisik atau mengoloknya.

4. Pada persoalan keempat adik-adik jawab yah ayat ketiga Surat al-Mā’ūn berbunyi “tidak menganjurkan memberi makan orang miskin”? Jelaskan.

Jawaban: Ayat ketiga surat Al Maun menceritakan bahwa menyayangi dan memberi makana ke orang miskin. Alasannya karena hal itu wajib bagi yang hartanya berlebih atau orang kaya membantu orang yang tak punya atau miskin.

5. Lalu masuk pada pembahasan soal kelima yakni sebutkan arti bacaan arab di buku.

Jawaban: Arti bacaannya yaitu tidak menganjurkan memberi makanan ke orang miskin.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PAI  Kelas 5 Halaman 56-57 Pelajaran 6 buku siswa Kelas 5  kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Halaman 56-57 "