Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban BAHASA INDONESIA Kelas 9 Halaman 106

Kunci jawaban BAHASA INDONESIA Kelas 9 Halaman 106 

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban BAHASA INDONESIA SMP kelas IX Halaman 106 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku BAHASA INDONESIA kelas 9 SMP/MTs Bab 4 Memberi tanggapan dengan santun semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban BAHASA INDONESIA Kelas 9 Halaman 106



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban BAHASA INDONESIA Kelas 9 Halaman 106 


Pertanyaan Telaah

1. Perhatikan dua model teks pujian dan kritik. Apa kesamaan dan perbedaannya?

Jawaban :

1. Kesamaan Teks Pujian dan Kritik adalah:

Teks pujian maupun teks kritikan sama-sama merupakan teks pendapat atau menyatakan pendapat seseorang dan penilaian pada suatu karya.

Sementara Perbedaannya adalah:

Teks pujian berisi penilaian yang menyatakan keunggulan atau persetujuan pada suatu karya sedangkan Teks kritik berisi pernyataan ke tidak setujuan, dan menyatakan kekurangan pada bagian-bagian yang masih perlu perbaikan sehingga identik dengan kalimat-kalimat saran di dalamnya.


2. Pelajari bagaimana penulis mendeskripsikan dengan cukup rinci sebelum memberi penilaian. Mana tulisan yang lebih baik dalam mendeskripsikan?

Jawaban : Cara penulis mendeskripsikannya adalah dengan gaya seperti berikut ini.

Mendeskripsikan dengan memberikan makna yang baik, bermakna positif, menggunakan kalimat bahasa yang jelas dan juga tidak adanya unsur mengejek atau menyindir.

Mana tulisan yang lebih baik dalam mendeskripsikan?

Jika mengacu pada ulasan lukisan Kebun Cengkeh dan novel Student Hidjo, maka saya akan memilih tulisan novel Student Hidjo yang lebih baik

Alasannya : 

Karena tulisan novel Student Hidjo mendeskripsikan dengan memerinci objek dengan melibatkan indra, sehingga pembaca dapat merasakan, seolah-olah melihat, dan seolah-olah mendengarkan. 

3. Menurutmu apakah manfaat yang didapat oleh pembaca umum terhadap kedua tulisan tanggapan di atas? Apa manfaatnya bagi pembaca yang juga pencipta karya yang bersangkutan?

Jawaban : Manfaat yang didapat dari pembaca adalah sebagai berikut:

- Mendapatkan informasi dari kedua karya tersebut

- Mengetahui karya mana yang harus dipuji dan mana yang harus dikritik

- Mengetahui gaya melukis karya Affandi dan informasi penting dari novel Student Hidjo.

Sementara itu, manfaat bagi pencipta :

Pencipta akan mendapatkan ilmu serta akan mengetahui kekurangan-kekurangan yang terdapat pada karyanya, sehingga nantinya akan dapat simpulkan oleh pencipta apakah karyanya sudah pantas untuk dipamerkan atau atau masih perlu perbaikan.

4. Apa kritik penulis tentang novel Student Hidjo terbitan baru?

Jawaban : . Kritik yang paling di sorot oleh penulis tentang novel Student Hidjo terbitan baru adalah mengenai penyesuaian ejaan maupun  bahasa yang mengurangi cita rasa klasik roman Student Hidjo.

5. Kamu setuju atau tidak setuju dengan penulis teks tanggapan kritik tentang perubahan bahasa di novel Student Hidjo terbitan terbaru? Jelaskan mengapa? 

Jawaban :  Saya Setuju dengan alasan sebuah karya akan yang baik membutuhkan banyak tanggapan berupa kritikan-kritikan yang membangun sehingga dapat membantu penulis untuk menyempurnakan karyanya tersebut.

6. Cari pedomana Ejaan Bahasa Indonesia (2015) dan EYD (1972). Kemudian badingkan dengan pedoman ejaan sebelumnya, ejaan lama: Ejaan van Ophuijesen (1901), Ejaan Soewandi atau Ejaan Republik (1946).

Jawaban : Bahasa Indonesia terus mengalami perkembangan seiring berjalannya dari waktu ke watu. Salah satu perbedaan antara PUEBI dan EYD yaitu penulisan huruf kapital EYD digunakan pada penulisan nama orang dan tidak termasuk julukan, sedangkan pada PUEBI penulisan huruf kapital digunakan sebagai unsur huruf pertama nama orang serta termasuk julukannya.

Demikian Pembaca kunci Jawaban BAHASA INDONESIA SMP kelas 9 Halaman 106 buku siswa kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban BAHASA INDONESIA Kelas 9 Halaman 106 "