Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 140

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 Halaman 140 Bab 5

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas V Halaman 140 Bab V  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 SD/MI Bab 5 Bergerak bersama Semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 140 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas V SD/MI dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 140 Kurikulum Merdeka

Topik B: Mengapa Kita Perlu Makan dan Minum

Pertanyaan Esensial

1. Mengapa kita perlu makan dan minum?

Jawaban : karena makan dan minum adalah bahan bakar bagi tubuh, sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan energi dan berbagai zat yang diperlukan tubuh.
 
Oleh karena itu, kita bisa berlari, melompat, berpikir, dan melakukan segala macam tanpa merasa kelelahan jika makan dan minum cukup.  

2. Bagaimana makanan dan minuman membantu kita tetap hidup dan beraktivitas?

Jawaban : Makanan dan minuman membantu kita tetap hidup dan beraktivitas, karena menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dari nutrisi makanan dan minuman, tubuh manusia dapat berkembang, tumbuh, mencerna makanan, menghangatkan tubuh, bernapas, regenerasi sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghasilkan energi untuk beraktivitas sehari-harinya.  

3. Bagaimana sistem pencernaan bekerja mengolah makanan dan minuman yang kita konsumsi?

Jawaban : Untuk mencerna makanan, manusia mempunyai organ-organ pencerna makanan. Sistem pencernaan dimulai dari mulut sampai anus. Setelah diproses dalam tubuh, makanan dan minuman yang dikonsumsi akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk feses.

sistem pencernaan adalah proses yang dilakukan oleh sistem organ pencernaan untuk mengolah makanan agar dapat diserap nutrisinya dan diubah menjadi energi.

Berikut ini proses pencernaan makanan yang ada di dalam tubuh kita:
1. Mulut

Makanan pertama kali masuk ke dalam mulut. Di mulut terjadi proses pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Untuk proses pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi sedangkan untuk proses pencernaan kimiawi dibantu oleh beberapa enzim seperti amilasi, ptialin dan juga enzim maltase.

2. Kerongkongan

Setelah makanan diproses oleh mulut, selanjutnya makanan menuju kerongkongan terlebih dulu sebelum sampai ke lambung. Di kerongkongan, ada gerakan peristaltik (meremas-remas) yang berguna mendorong makanan menuju ke lambung.

3. Lambung

Selanjutnya proses mencerna makanan terjadi di dalam lambung ketika makanan dihaluskan dengan otot-otot yang ada di lambung. Di sini juga proses pencernaan makanan secara kimiawi melalui enzim-enzim.

Enzim pepsin berfungsi untuk mengubah protein menjadi asam amino, enzim renin untuk mengubah protein menjadi kasein dan HCL (asam klorida) yang berfungsi memecah protein serta melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

4. Usus halus
Setelah diproses dalam lambung selanjutnya makanan akan menuju usus halus. Usus halus terdiri dari duodenum (usus 12 jari), jejenum (usus kosong) dan ileum (usus penyerapan). Di usus makanan kembali diproses secara kimiawi yang dibantu oleh enzim-enzim dari pankreas, empedu dan hati seperti tripsin, amilase, maltase, sukrase, laktase dan lipase.

5. Usus besar
Setelah nutrisi dari makanan diserap usus halus, sisa-sisa makanan akan mengalami pembusukan dalam usus besar. Di usus besar air juga diserap sehingga nantinya makanan akan diubah menjadi feses (kotoran).

6. Rektum dan anus
Feses akan disimpan dalam rektum sebelum dikeluarkan lewat anus. Di rektum terdapat sensor yang akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memutuskan apakah feses dikeluarkan atau tidak.


4. Seperti apa pola makan dan jenis makanan/minuman yang sehat? 
Jawaban : 

Ada tujuh jenis zat-zat utama atau nutrisi dalam makanan yang diperlukan tubuh. Tubuh kita membutuhkan nutrisi tersebut dalam jumlah yang seimbang. Berikut zat-zat utama tersebut.

1. Protein merupakan zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan dalam jumlah besar bagi tubuh. Ikan, daging, keju, kacang tanah, dan polong-polongan merupakan makanan yang mengandung protein.

2. Karbohidrat merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan bersama protein dan lemak. Karbohidrat akan diolah menjadi zat gula yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi secara cepat. Karbohidrat bisa didapatkan dari kentang, jagung, umbi-umbian, sagu, tepung-tepungan, dan sebagainya.

3. Lemak sangat penting untuk kesehatan tubuh. Lemak membantu penyerapan vitamin, melindungi organ-organ penting di dalam tubu, dan membantu tubuh agar tetap hangat. Lemak bisa didapatkan dari santan, kacang-kacangan, daging sapi, daging kambing, daging ayam, ikan, susu, semua makanan yang digoreng, dan sebagainya.

4. Vitamin membantu tubuh melawan kuman penyakit dan diperlukan untuk menunjang kinerja tubuh. Pada umumnya, vitamin berasal dari buah buahan dan sayur-sayuran.

5. Mineral diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi serta darah. Mineral berasal dari buah-buahan dan sayuran. Makanan lain, seperti susu menyediakan kalsium untuk kesehatan tulang.

6. Serat penting untuk pencernaan, karena dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mempermudah proses buang air besar. Jika kurang serat, kita akan sulit buang air besar. Makanan yang mengandung serta diantaranya sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, dan beberapa kacang kacangan.

7. Air sangat penting bagi tubuh. Air membantu melarutkan makanan yang kita makan dan juga membantu produksi air liur. Air juga menjaga tubuh agar tetap dingin lewat keringat. Asupan air juga dapat berasal dari banyak sumber makanan lain, seperti buah dan sayuran. 


Demikian Pembaca Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 5 Halaman 140 Bab 5 buku siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk " Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 140 "