Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 135

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 Halaman 135 Bab 5

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas V Halaman 135 Bab V  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 SD/MI Bab 5 Bagaimana kita hidup dan bertumbuh Semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 135 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas V SD/MI dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 135 Kurikulum Merdeka

Mari Refleksikan

1. Bagaimana proses bernapas pada manusia?

Jawaban : Proses bernapas pada manusia terjadi ketika seseorang menghirup udara melalui hidung atau mulut. Udara tersebut akan masuk menyusuri jalur udara hingga memasuki paru-paru. Di paru-paru terjadi pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida. Oksigen di hirup dan karbon dioksida di buang pada saat bernapas.

2. Mengapa manusia untuk hidup dan bertumbuh perlu bernapas?

Jawaban : Alasan kenapa kita perlu bernapas adalah untuk memberikan tubuh energi.

Tubuh setiap harinya mencerna makanan, menggerakkan otot, otak berpikir, dan semua itu membutuhkan oksigen.

Ketika tubuh melakukan tugasnya, maka akan menghasilkan limbah berupa karbon dioksida yang harus dibuang dari dalam tubuh.

Oleh karena itu, organ paru-paru atau sistem pernapasan punya tugas untuk menyediakan oksigen dan membuang karbon dioksida melalui kegiatan bernapas.

Nantinya, otak akan mendapatkan sinyal dari seluruh tubuh untuk mendeteksi jumlah oksigen dan karbon dioksida dalam darah.

Otak akan mengirim sinyal ke otot-otot yang terlibat dalam proses pernapasan untuk menyesuaikan tingkat pernapasan tergantung energi yang dikeluarkan tubuh.

Umumnya, saat tubuh kita lebih aktif, maka otomatis juga akan meningkatkan pernapasan demi memenuhi kebutuhan tubuh akan oksigen.

Pengiriman oksigen juga dipercepat agar sel tubuh tidak mengalami kekurangan oksigen dan tidak terjadi penumpukan karbon dioksida dalam aliran tubuh.

Manusia perlu bernapas agar fungsi tubuh terjaga, sehingga suatu makhluk hidup tetap tumbuh dan berkembang dengan sehat.

3. Apakah hubungan antara frekuensi pernapasan dengan aktivitas seseorang?

Jawaban : semakin tinggi bentuk aktifitas maka frekuensi pernafasan juga meningkat karna dari aktifitas yg tinggi memerlukan oksigen yg banyak pula sehingga tubuh berusaha memperoleh mendapat oksigen yg lebih banyak

4. Apakah kalian sudah menjaga kesehatan organ pernapasan dengan baik?

Jawaban : ya

5. Apakah lingkungan sekitar dapat memengaruhi kesehatan organ pernapasan 
kalian? Mengapa?Ketika cahaya dihalangi akan terbentuk bayangan

Jawaban : Lingkungan sekitar jadi faktor risiko yang memengaruhi kesehatan pernapasan, seperti paparan insektisida, gas kimia, dan asap polusi dari industri ataupun kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, jika lingkungan sehat maka pertumbuhan dan perkembangan tubuh berjalan dengan baik, serta terhindar dari risiko penyakit.

Organ-organ pernapasan mudah terpengaruh oleh paparan lingkungan yang tidak sehat hingga menyebabkan penyakit batuk, bersin, asma, dan penurunan fungsi paru-paru.

Penyakitnya kemungkinan tidak dirasakan secara cepat, tetapi lingkungan berpolusi menyebabkan polusi tersebut mengendap di organ pernapasan dan baru terdeteksi setelah bertahun-tahun.

Demikian Pembaca Kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 5 Halaman 135 Bab 5 buku siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 135 "