Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 59 - 65

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 59 - 65 Bab I

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas VII halaman 59 - 65 Bab 1  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS Kelas 7 SMP/MTs Bab 1 Keluarga Awal Kehidupan semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 59 - 62 Evaluasi Bab 1 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 59 - 62 Evaluasi Bab 1 Kurikulum Merdeka

Pilihan Ganda

1. Sejarah perlu dipelajari karena bisa memberikan informasi tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Manusia, waktu, dan ruang memiliki keterkaitan dalam sejarah karena….

Jawaban : b. bagian dari unsur-unsur sejarah

Manusia, waktu, dan ruang berkaitan dalam sejarah karena termasuk bagian dari unsur-unsur sejarah.

2. Keluarga Iqbal sedang mudik dari Tasikmalaya menuju Pacitan dan memilih jalur selatan dibanding jalur pantai utara karena pertimbangan waktu tempuh yang lebih singkat yaitu sekitar 5 jam dibanding melalui jalur pantai utara. Konsep lokasi yang sesuai pernyataan tersebut adalah lokasi....

Jawaban : d. jarak tempuh

3. Indonesia terletak antara 6 derajat LU-11 derajat LS dan 95 derajat BT-141 derajat Selain itu, negara kita terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik, dan juga memiliki relief dan topografi yang kompleks. Posisi Indonesia yang demikian berpengaruh terhadap iklim di pulau-pulau dan atau wilayah-wilayah di dalamnya, yaitu….

Jawaban : a. Wilayah Bogor di Jawa dan Bukit Tinggi Sumatra beriklim basah dan sejuk penghasil sayur-sayuran

Posisi Indonesia yang demikian berpengaruh terhadap iklim di wilayah Bogor dan Bukit Tinggi yang memiliki iklim basah dan sejuk.

4. Skala peta II sesuai ilustrasi berikut adalah….

Jawaban : c. 1:600.000

5. Tradisi lisan lebih sulit untuk dianalisis karena….

Jawaban : a. perlu menangkap kenyataan di belakang ceritanya

Tradisi lisan adalah adat lisan atau pesan atau kesaksian yang disampaikan secara turun-menurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

6. Rumi memanfaatkan waktu luang untuk membuat pesanan tas rajut. Pernyataan tersebut mencerminkan tindakan manusia sebagai makhluk….

Jawaban : c. ekonomi

Karena Rumi memanfaatkan waktu untuk membuat pesanan tas rajut guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka, dapat disebut bahwa tindakan Rumi adalah sebagai makhluk ekonomi.

7. Harefa menolong kucing yang terjebak dalam saluran air karena diajarkan orang tuanya untuk tolong menolong dengan makhluk hidup lainnya merupakan pengaruh dari agen sosialisasi….

Jawaban : d. Keluarga, melalui penanaman nilai kebaikan

8. Perhatikan gambar di atas! (lihat di buku)

Nilai sosial yang utama dalam gambar tersebut yaitu nilai….

Jawaban : a. Moral karena bersumber pada kehendak manusia

Nilai moral adalah kebiasaan atau adat yang dilakukan oleh seseorang kepada lingkungan sosialnya.

9. Perhatikan gambar berikut! (lihat di buku)

Informasi yang dapat diperoleh dari gambar di atas yaitu….


Jawaban : a. Wilayah A dan B dapat disuplay wilayah C

10 Perhatikan jenis barang berikut:

(1) Pensil
(2) Pertalite
(3) Motor
(4) Pulpen
(5) Jagung
(6) Nasi
(7) pertamax

Barang yang termasuk dalam kategori barang komplementer ditunjukan oleh nomor….


Jawaban: b. (2) dan (3)

Barang komplementer adalah barang yang saling melengkapi atau berpasangan.

Kunci jawaban IPS Kelas 7 Halaman 63 - 65 Evaluasi Bab 1 Kurikulum Merdeka

ESAI

1. Bagaimana pendapat kalian mengenai pentingnya mempelajari sejarah keluarga?

Jawaban: menurut saya, pentingnya mempelajari sejarah keluarga adalah dapat mengetahui peran dan cara kita bersikap terhadap anggota keluarga lain, menjaga hubungan baik dengan anggota keluarga, dan menghindari sikap individualistik.

2. Hitunglah skala peta jika diketahui jarak Desa R dengan Desa M adalah 20 km, sedangkan jarak di peta 4cm!

Jawaban : skala = jarak peta/jarak sebenarnya

= 4 cm / 20 km

= 4 cm / 2.000.000 cm

= 1 / 500.000 cm

3. Perhatikan bacaan berikut: Ini Rencana Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen, Daftar Daerah yang Dilewati Serta Target Pengerjaannya

Berdasarkan informasi di atas, jelaskan dampak pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen terhadap interaksi antarwilayah tersebut!

Jawaban : pembangunan jalan tol Yogyakatya-Bawen adalah akan berdampak pada interaksi wilayah sektor pariwisata yang akan semakin berkembang, terutama di wilayah sekitarnya karena terkoneksi oleh jalan tol.

4. Perhatikan bacaan berikut: Ancaman Perilaku Konsumtif di Tengah Pandemi Corona
Mengapa perilaku konsumtif bisa terjadi di tengah Pandemi COVID-19? Agen sosialisasi apa yang dapat memengaruhi perilaku konsumtif tersebut?

Jawaban : perilaku konsumtif terjadi di masa Pandemi Covid-19 ini karena maraknya belanja di online shop, yang menawarkan beragam barang kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

Agen sosialisasi yang memengaruhi perilaku tersebut adalah media massa.

5. Perhatikan bacaan berikut: Pelajar Bandung Deklarasi Anti-Nyontek di UN

Bagaimana pendapat kalian tentang aksi deklarasi anti-nyontek? Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman yang berbuat curang dan ingin mengajak kalian berbuat curang ketika ujian sekolah?

Jawaban: pendapat saya tentang aksi deklarasi anti-nyontek adalah setuju dan mendukungnya, karena menyontek merupakan perbuatan yang curang dan melanggar kejujuran.

Yang akan saya lakukan jika ada teman yang berbuat curang adalah dengan menasihatinya dan saya menolak diajak untuk melakukan perbuatan curang tersebut.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 59 - 65 Bab 1  buku siswa kelas VII SMP/MTs kurikulum Merdeka. 

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS Kelas 7 halaman 59 - 65 "