Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN Kelas 7 Halaman 64

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 7 Halaman 64 Bab 3

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas VII  Halaman 64 Bab III  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN Kelas 7 SMP/MTs Bab 3 Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN Kelas 7 Halaman 64 Uji Kompetensi Bab 3 Kurikulum Merdeka



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN Kelas 7 Halaman 64 Uji Kompetensi Bab 3 Kurikulum Merdeka

1. Menurutmu, apa yang akan terjadi pada bangsa dan negara Indonesia saat ini bila di tahun 1945 dulu para pemimpin memilih bentuk negara serikat/federal dan bukan bentuk negara kesatuan seperti sekarang?

Jawaban : Maka akan terjadi sejumlah dinamika politik yang positif, antara lain pejabat daerah memiliki kewenangan lebih luas, sehingga diharapkan lebih kreatif dan inovatif; Tokoh daerah di tingkat nasional lebih merata karena berasal dari seluruh daerah walaupun ada sejumlah tokoh yang tidak berkualitas; daerah yang memiliki potensi alam berlimpah bisa lebih cepat berkembang.  

Meskipun demikian, ada juga kelemahannya jika Indonesia menggunakan bentuk negara serikat, antara lain:

- Berpotensi terjadi kesenjangan karena tidak semua bidang dikendalikan pemerintah pusat.
- Biaya demokrasi mahal karena pemilihan pejabat dilakukan berkali-kali.Kepemimpinan pusat dan daerah bisa tidak sejalan karena antara keduanya memiliki kepentingan masing-masing.
- Biaya kegiatan perekonomian menjadi tinggi karena pejabat daerah berpotensi menjadi “raja-raja kecil”.
- Kesejahteraan rakyat bisa kurang merata.
- Korupsi berpotensi meningkat.

2. Sebagai negara kepulauan, mana yang lebih penting bagi bangsa Indonesia untuk dikembangkan. Apakah usaha perikanan atau kelautannya atau usaha pertaniannya? Mengapa demikian?

Jawaban: Usaha Perikanan

Alasan: Melihat dari kondisi geografis Indonesia yang sebagian besar banyak laut maka budidaya perikanan dapat lebih diprioritaskan karena banyak potensi yang dapat di digali dari laut Indonesia. Budidaya ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan penduduk Indonesia serta meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil ekspor. Kendati demikian, para nelayan juga perlu meningkatkan kemampuannya guna menambah produktivitas sehingga hasil yang didapatkan bisa di ekspor ke luar negeri.

Disamping itu kita tidak boleh mengabaikan pertanian karena pada prinsipnya makanan pokok Indonesia adalah Beras yang dihasilkan dari pertanian.

3. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia, perlu dibangun di lingkungan sekolah, di lingkungan masyarakat sekitar, serta di lingkungan bangsa dan negara secara luas. Menurutmu, mana yang lebih perlu didahulukan?

Jawaban : Untuk menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia, perlu dibangun di dahulukan adalah di lingkungan sekolah. Karena disini lah nanti cikal bakal generasi penerus bangsa akan dihasilkan apabila disekolah terlah dtanamkan sikap saling menjaga persatuan dan toleransi maka nantinya akan dipraktekkan dalam masyarakat dan di lingkungan bangsa dan negara.

Demikian Pembaca Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 7 Halaman 64 Bab 3 buku siswa Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN Kelas 7 Halaman 64 "