Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 5 tema 3 subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagaimana tubuh mengolah makanan kurikulum 2013

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagaimana tubuh mengolah makanan. Rangkuman materi kelas 5 tema 3 Makanan sehat. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 3 kurikulum 2013 dengan judul “Makanan sehat”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 3 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Rangkuman materi kelas 5 tema 3 Makanan sehat



Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagimana mengolah makanan, Selanjutnya Rangkuman materi kelas 5 tema 3  subtema 2 Pentingnya makanan sehat bagi tubuh,Rangkuman materi kelas 5 tema 3  subtema 3 Pentingnya menjaga makanan sehat.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagaimana tubuh mengolah makanan Muatan pelajaran PPKN

Keragaman masyarakat di Indonesia

Keragaman selalu kita temui dalam kehidupan sehari – hari misalnya budaya, adat, suku bangsa, Agama, pekerjaan dan keragaman lainnya. Adanya keragaman dapat membuat kita menjadi bangsa yang kuat. Kita akan menjadi kuat jika terciptanya rasa saling menghargai, menerima perbedaan, dan rasa persatuan dan kesatuan dalam bangsa Indonesia. 
 
Perbedaan Bekerja Seorang Diri dan Kelompok

Saat kita berada disekolah, seringkali kita diminta untuk berkelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Didalam kelompok kita seringkali menemui perbedaan diantaranya perbedaan suku dan budaya. Perbedaan yang muncul dari keberagaman memiliki beberapa manfaat. Misalnya:

1. Setiap anggota kelompok dapat saling bertukar pikiran dan pendapatnya mengenai berbagai hal yang dibahas.
2. Saling toleransi dalam menghargai pendapat oranglain.
3. Jika terjadi permasalahan diharapkan kita mampu menyelesaikan dengan kebersamaan.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagaimana tubuh mengolah makanan Muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Kata Kunci adalah sebuah kata yang digunakan sebagai kunci atau kode untuk menghubungkan ke kata lain atau infromasi lain.

Ciri-ciri kata kunci 
1. Terdiri dari satu atau dua kata yang membentuk frase kata
2. Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam ebuah bacaan
3. Mewakili sebagian besar /keseluruhan topik/konsep/informasi dari sebuah bacaan

Iklan memiliki fungsi untuk mem promosikan sesuatu. Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar yang mendukung kata kunci tersebut.

Kalimat yang menarik dan mudah dipahami  serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah iklan. Kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan. Kalimat tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin disampaikan dalam suatu iklan.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagaimana tubuh mengolah makanan Muatan pelajaran IPA

sistem pencernaan makanan pada hewan ruminansia
Hewan ruminansia adalah kelompok hewan mamalia yang biasa memamah (memakan) dua kali dan dikenal dengan hewan memamah biak. 
Contoh hewan ruminansia ialah sapi, kerbau, rusa, domba, kambing, dan kijang. 
Pada hewan ruminansia terdapat empat bagian lambung dengan fungsi yang spesifik. Selain itu, pencernaan makanan pada hewan ruminansia dibantu oleh beberapa mikrob (bakteri dan protozoa). Mikrob tersebut dapat membantu mencerna rumput

Mekanisme pencernaan makanan pada hewan ruminansia
Lambung sapi terdiri atas empat bagian, yaitu rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Oleh karena itu, sapi dikatakan memiliki empat perut.

Berikut bagian-bagian dari lambung sapi

Rumen (Perut besar) Tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan mikroba (bakteri). Di sini makanan dicerna hingga menjadi bubur dengan gerakan mengaduk yang dilakukan oleh dinding rumen. Pada saat sapi beristirahat, makanan kembali ke mulut dan dikunyah kembali. Setelah dikunyah untuk yang kedua kalinya, makanan masuk ke retikulum (perut jala).

Retikulum (Perut jala) : Di dalam retikulum, makanan kembali mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa. Di dalam bagian perut ini, terjadi proses absorpsi dan penyaringan benda-benda asing yang masuk bersama makanan sehingga tidak masuk ke omasum (perut kitab).

Omasum (perut kitab) : Di dalam omasum, makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan. Selanjutnya, makanan masuk ke abomasum.

Abomasum (Perut masam)  :  Perut bagian inilah yang sebenarnya disebut dengan lambung. Di sini makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin yang dihasilkan oleh abomasum.
Setelah melewati seluruh proses pencernaan makanan di dalam abomasum, makanan bergerak menuju usus halus. Panjang usus halus seekor sapi dewasa dapat mencapai 40 meter. Di dalam usus halus, terjadi proses absorpsi dan fermentasi. Selanjutnya, sisa-sisa makanan akan dikeluarkan melalui anus.

Sistem pencernaan pada manusia

Organ pencernaan pada manusia terdiri atas mulut, Kerongkongan, Lambung, Usus halus, Usus besar dan Anus.

Sistem pencernaan pada tubuh manusia berfungsi untuk menghancurkan makanan yang masuk ke dalam  tubuh. Makanan yang semula dalam bentuk kasar dapat  berubah menjadi bentuk yang lebih halus dengan bantuan gigi dan enzim. Dalam hal ini, enzim pencernaan dapat mempermudah proses penyerapan sari makanan. 
Sistem pencernaan juga berfungsi untuk membuang sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan tubuh. Keberadaan zat-zat sisa tersebut dapat menjadi racun bagi tubuh manusia jika tidak dikeluarkan.

Berikut ini adalah proses pencernaan makanan pada manusia. 
1. Proses memasukkan makanan ke mulut.  
2. Proses mengunyah makanan dengan menggunakan gigi.
3. Proses menelan makanan di kerongkongan.
4. Proses pemecahan makanan dari zat yang kompleks  menjadi molekul–molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim yang ada di lambung.
5. Proses penyerapan sari-sari makanan yang terjadi di usus halus.
6. Proses pengeluaran sisa-sisa makanan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui organ anus.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagaimana tubuh mengolah makanan Muatan pelajaran IPS

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut  hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan  kelompok. Interaksi sosial amat dibutuhkan untuk kehidupan bersama sebab individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya.

Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam.

Rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagaimana tubuh mengolah makanan Muatan pelajaran SBDP

Berikut ini adalah ciri-ciri lagu dengan tangga nada mayor:
 • Lagunya bersifat riang gembira
 • Terdengar bersemangat
 • Umumnya diawali dan diakhiri dengan nada do

Berikut ini adalah ciri-ciri lagu dengan tangga nada minor:
 • Lagunya bersifat sedih
 • Terdengar kurang bersemangat
 • Umumnya diawali dan diakhiri  dengan nada La


Semoga rangkuman materi tematik kelas 5 tema 3 subtema 1 Bagamana tubuh mengelolah makanan bapak/ibu guru serta adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada kolom yang tersedia demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 5 tema 3 subtema 1 "