Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 8 subtema 1

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 8 subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 8 subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya. Rangkuman materi kelas 6 tema 8 Bumiku. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013 dengan judul “Bumiku".
Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian ataupun semester. Dan bagi bapak ibu guru Rangkuman materi tema 8 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal.

Rangkuman materi tema 8 kelas 6 subtema 1


 
Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 8  subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya. Dan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi kelas 6 tema 8 subtema 2 Bumiku dan musimnya, Rangkuman materi kelas 6 tema 8 subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 8 subtema 1 muatan pelajaran PPKN

Sebagai warga negara Indonesia, kita juga memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap baik dan sehat. 

Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan. Menjaga lingkungan merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap anggota masyarakat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, ataupun status sosial. 

Kewajiban menjaga lingkungan dapat dimulai dari keluarga. Keluarga adalah komunitas masyarakat yang paling kecil. Keberhasilan kita dalam melaksanakan kewajiban di lingkungan keluarga akan menentukan keberhasilan kita dalam melaksanakan kewajiban di lingkungan yang lebih besar. 

Setiap anggota keluarga memiliki kewajiban berbeda dalam kehidupan sehari- hari. Setiap keluarga pun memiliki kewajiban bekerja sama  untuk memastikan kehidupan bermasyarakat berjalan dengan baik. Salah satu kewajiban setiap keluarga dalam kehidupan bermasyarakat adalah menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Kewajiban anggota keluarga di Rumah :

1. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan
2. Menghemat energi 
3. Menghormati orang tua
4. Menjaga keamanan rumah 
5. Melaksanakan tugas yang ditetapkan

Kewajiban sebagai seorang Pelajar :

1. Belajar dengan giat
2. Melaksanakan upacara bendera
3. Mengerjakan tugas sekolah
4. Menjaga kebersihan lingkungan
5. Piket kelas
6. Datang tepat waktu 

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 8 subtema 1 pelajaran Bahasa Indonesia

Teks Informasi adalah Teks yang berfungsi menyampaikan suatu informasi kepada pemabaca.

Reporter adalah orang yang bertugas meiput berita dilapangan dan melaporkannya kepada publik. Laporan dapat berbentuk tulisan untuk media cetak. Laporan juga dapat berbentuk lisan yang disampaikan melalui media elektronik sperti radio dan televisi.
 
Karangan Nonfiksi

Karangan nonfiksi ialah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau  peristiwa yang benar-benar terjadi. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya.

Perbedaan antara fiksi dan nonfiksi terletak pada masalah faktual atau tidak, imajiner atau tidak. Perbedaan antara keduanya sama sekali tidak ada hubungannya dengan gaya bahasa atau apa pun selain masalah fakta atau khayalan.

Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi, berusaha menarik, dan menggugah nalar (pikiran) pembaca. Bahasa karangan nonfiksi bersifat denotatif dan menunjukkan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.

Nonfiksi dibagi menjadi 2 seperti berikut.

1. Nonfiksi murni berisi pengembangan berdasarkan data-data yang autentik.
2. Nonfiksi kreatif  berawal dari data autentik kemudian dikembangkan sesuai

imajinasi penulisnya yang pada umumnya dalam bentuk novel, puisi, prosa.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 8 subtema 1 muatan pelajaran IPA

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya dari arah barat ke timur selama sehari (24 jam) yang mengakibatkan terjadinya siang dan malam.

Perhitungan rotasi bumi dimulai sejak matahari terbit sampai dengan matahari selanjutnya terbit. Karena proses rotasi bumi ini, maka matahari yang kita lihat seperti sedang bergerak dari timur ke barat. Padahal kenyataannya matahari hanya diam saja dan yang berputar adalah planet bumi.

Akibat Rotasi Bumi

Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya beberapa peristiwa yang berkaitan dengan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

1) Terjadinya siang dan malam
Bukan hanya itu, dengan adanya perubahan siang dan malam, maka kamu akan merasakan perbedaan suhu di pagi hari dan malam hari.

Dengan demikian, terjadinya pergantian siang dan malam membuat bumi dibagi menjadi dua bagian. Bagian yang satu mengarah ke matahari (siang hari), kemudian bagian lainnya tidak mengarah ke matahari (malam hari).

2) Membelokkan arah angin dan arus laut
Dengan rotasi bumi, maka arah angin akan dibelokkan. Pembelokkan angin sekaligus membelokkan arus laut.

Angin yang berbelok dari daerah satu ke daerah lainnya akan sangat bermanfaat karena kita bisa merasakan kesejukan. Pembelokkan angin akan mengurangi kecepatan angin sehingga tingkat kerusakan yang berasal dari angin akan ikut berkurang.

Sementara itu, arus laut akan bergerak sesuai dengan pembelokkan angin. Misalnya, arus laut di belahan bumi bagian barat bergerak berlawanan dengan arah jarum jam. Sedangkan, di belahan bumi bagian utara, arus laut bergerak sesuai arah jarum jam.

3) Gerak semu harian matahari
Dinamakan sebagai gerak semu matahari karena matahari seperti bergerak sepanjang hari. Pergerakan yang dimaksud, seperti saat pagi matahari akan terbit dari timur, saat siang hari matahari berada di atas kepala kita, dan saat sore hari matahari akan terbenam di barat.

Meskipun matahari terlihat seperti sedang bergerak, tetapi kenyataannya matahari hanya diam saja. Dengan kata lain, gerak semu harian matahari merupakan akibat dari rotasi bumi.

4) Membentuk zona waktu yang berbeda
Dengan adanya rotasi bumi, maka akan ada zona waktu yang berbeda. Seperti halnya Indonesia yang mempunyai tiga zona waktu yang berbeda, yaitu Waktu Indonesia bagian barat (WIB), Waktu Indonesia bagian tengah (WITA), dan Waktu Indonesia bagian Timur (WIT). 

Ketiga zona waktu tersebut berjarak satu jam. Misalkan waktu di WIB pukul 9 pagi, maka di WITA pukul 10 pagi, dan waktu di WIT pukul 11 pagi.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 8 subtema 1 muatan pelajaran IPS

Kawasan Asia Tenggara

Asia Tenggara terletak pada 29° LU dan 6° LS. Berdasarkan garis lintangnya, hampir seluruh wilayah Asia Tenggara berada di daerah tropis. Secara geologis, sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania. 

Secara geografis, wilayah Asia Tenggara berada dijalur lalu lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, antara Australia dan Asia. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui jalur pelayaran antara Asia Timur dan Asia Selatan.  

Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan, yaitu dilalui oleh pegunungan muda yang masih aktif. Kenyataan ini ditunjukkan dengan sering terjadinya gempa vulkanik dan tektonik.  Sebagian besar wilayah Asia Tenggara terletak di daerah tropis. Tingginya
curah hujan ini juga menyebabkan kawasan Asia Tenggara banyak hutan lebat. Di kawasan Asia Tenggara, berlaku musim penghujan dan musim kemarau. Curah hujan yang lebat menjadikan wilayah ini subur. Salah satu daerah pertanian yang subur di Asia Tenggara adalah daerah aliran Sungai Mekong. Sungai ini melintasi Tiongkok, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

ASEAN

Negara-negara yang terletak di Asia Tenggara bersepakat untuk membentuk  sebuah organisasi yang bernama ASEAN. Organisasi ASEAN didirikan 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN bertujuan menjalin kerja sama antarnegara Asia Tenggara.

ASEAN diprakarsai oleh perwakilan lima negara Asia Tenggara, yaitu Menteri Luar Negeri Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), Rajaratnam (Singapura), dan Marciso Ramos (Filipina). Mereka menandatangani deklarasi pendirian ASEAN. Deklarasi itu bernama Deklarasi Bangkok. 

Indonesia menjalin kerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara. Kerja sama tersebut dilakukan demi kemajuan anggota. Kerja sama ASEAN tersebut diwujudkan dalam beberapa bidang berikut.
 
Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi

1. Pembukaan Pusat Promosi ASEAN
2. Penyediaan Cadangan Pangan
3. Penyelenggaraan Proyek Industri
4. Kawasan Perdagangan Bebas
5. Koperasi ASEAN

Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik

1. Defense Ministers Meeting
2. Pengiriman Duta dan Konsulat
3. Perjanjian Ekstradisi ASEAN
4. Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
5. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 8 subtema 1 muatan pelajaran SBDP

Jarak antara dua buah nada dikenal sebagai interval. Jika dua buah nadatersebut dimainkan secara bersama-sama, kita mengenalnya dengan istilah interval harmonis. Jika dua buah nada tersebut dimainkan satu nada kemudian disusul dengan nada yang lain secara berurutan, kita
mengenalnya dengan istilah interval melodis.

Semoga Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 8 subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya dapat bermanfaat bagi Bapak/ibu guru serta adik adik. Jangan lupa untuk memberikan saran dan komentar demi kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 8 subtema 1"