Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN Kelas 7 Halaman 42

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 7 Halaman 42 Uji Kompetensi Bab 2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas VII  Halaman 42 Bab II  merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN Kelas 7 SMP/MTs Bab 2 Norma dan UUD Negara RI Tahun 1945 semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 7 Halaman 42 Uji Kompetensi Bab 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN Kelas 7 Halaman 42 Kurikulum Merdeka


Uji Kompetensi Bab 2

1. Ada norma di rumah bahwa setiap orang harus merapikan tempat tidur masing-masing sebelum beraktivitas keluar. Anak-anak juga harus merapikan tempat tidur dulu dan membantu menyapu lantai sebelum berangkat ke sekolah. Suatu hari, guru meminta muridnya hari itu untuk datang lebih pagi karena ada acara di sekolah, sehingga tak ada untuk menjalankan norma di rumah tersebut. Apa yang akan kalian lakukan?

Jawaban : Menurut pendapat saya kita harus mendahulukan kewajiban kita dating lebih pagi kesekolah karena hala tersebut merupakan kewajiban datang tepat waktu. Setelah sepulang sekolah nanti merapikan tempat tidur lalu menyapu lantai.

2. Sebagai siswa, kalian tentu memiliki kewajiban serta hak masing masing. Di antara kewajiban tersebut adalah belajar mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Sedangkan hak siswa adalah menerima bimbingan dari guru. Karena wabah virus Covid-19, kalian harus belajar di rumah dan tidak lagi menerima hak untuk dibimbing di kelas. Sedangkan belajar jarak jauh melalui internet atau daring juga tidak dapat dilakukan karena sarananya tidak mencukupi. Apa yang akan kalian lakukan menyangkut kewajiban dan hak tersebut? 

Jawaban : Kewajiban kita sebagai seorang pelajar adalah terus belajar walaupun terkendala wabah virus. Kalaupun guru tidak memberikan hak kita karean terkendala covid 19 kita dapat meminta bantuan orang tua, kakak atau pun orang yang mampu mengajari dan membimbing kita dalam belajar. Jika kita hanya berdiam diri saja maka Ilmu kita tidak akan bertambah. Tentunya akan membuat kita semakin kurang ilmu pengetahuan.


3. Berdasarkan UUD NRI 1945, awalnya presiden Indonesia dapat dipilihberulangkali setiap lima tahun. Melalui amendemen pertama tahun 1999, aturan itu diubah. Setelah lima tahun menjabat, presiden hanya boleh dipilih sekali lagi untuk lima tahun berikutnya. Menurut kalian, apa yang akan terjadi kalau tidak ada amendemen itu? Bagaimana kira-kira keadaan Indonesia tanpa amendemen tersebut?

Jawaban : Jika tidak terjadi amandemen maka presiden boleh mencalonkan diri lebih dari 2 periode. Jika pemerintahan suatu negara dipimpin satu orang dalam waktu yang lama maka dikhawatirkan akan berdamapak buruk diantaranya :
1. Seseorang akan otoriter
2. Abuse of Power, menyalahgunakan kekuasaan
3. Regenerasi kepemimpinan nasional macet
4. Seseorang bisa menjadi diktator
5. Timbulnya kultus individu

Demikian Pembaca Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 7 Halaman 42 Bab 2 buku siswa Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Belajar.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN Kelas 7 Halaman 42 "