Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 26, 36

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 26, 36 BAB I

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas IX halaman 26, 36 BAB I merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS Kelas 9 SMP/MTs BAB I Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri.

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 26, 36 BAB I



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS Kelas 9 Halaman 26, 27 BAB I Semester 

Aktivitas Kelompok


1. Perhatikan peta negara Jepang! Gambarkanlah keadaan fisik negara Jepang berdasarkan ketampakan yang ada pada peta tersebut. Warna hijau pada peta menggambarkan dataran rendah, sedangkan warna cokelat menggambarkan dataran tinggi dan pegunungan. Semakin cokelat warnanya, semakin besar ketinggiannya.

Jawaban :

Jepang adalah negara kepulauan dengan 4 pulau terbesar yaitu Honshu, Hokkaido, Kyushu dan Shikoku.Kondisi kepulauan Jepang ditandai dengan pegunungan dan banyaknya gunung berapi.

Gunung tertinggi yang terdapat di Jepang adalah Gunung Fuji dengan ketinggian 3776 meter.
Bentuk geografi Jepang yang bergunung-gunung membuat banyaknya air terjun dan sungai curam di Jepang.


Bentuk geografi Jepang yang berupa kepulauan membuatnya memiliki potensi perikanan yang besar. Potensi ini ditambah dengan lokasi Jepang sebagai pertemuan antara arus dingin Oyashio dari Kutub Utara, dan arus panas Kuroshio dari Samudera 

2. Berdasarkan kondisi fisiknya, Jepang memiliki keterbatasan untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduknya. Lakukan analisis untuk menjawab pertanyaan berikut ini.

Jawaban :

a) Kondisi fisik Jepang ialah memiliki banyak pegunungan dan berbentuk kepulauan sehingga memiliki daerah laut yang luas. Komoditas yang dapat dikembangkan didaerah dengan kondisi tersebut adalah Pertanian (karena memiliki tanah yang subur didaerah pegunungan), Perikanan (lautan yang luas).

b) Meskipun Jepang kaya dengan sumber daya laut dan kondisi fisik yang strategis untuk bercocok tanam, tetapi ada beberapa komoditas yang tidak bisa didapatkan di Jepang sehingga Jepang harus mengiimpornya dari negara lain. Komoditas tersebut adalah bahan tambang seperti tembaga, minyak bumi, dan batu bara.

c) Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Jepang meningkatkan sumber daya manusianya. Sudah banyak produk-produk teknologi dari Jepang yang dinikmati oleh banyak negara-negara di Asia. Hal ini tentu saja karena keberhasilan Jepang dalam membangun kualitas pendidikan yang berkompeten terutama dibidang Teknologi.

D) Jepang mengimpor gas alam dari Australia
Batu bara Dimpor dari Indonesia
Tembaga dan Nikel diimpor dari Indonesia
Ikan dan Udang diimpor dari Indonesia dan China
Kelapa Sawit diimpor dari Indonesia dan Malaysia
Karet diimpor dari Indonesia
Coklat diimpor dari Indonesia
Kopi diimpor dari Indonesia

Kunci jawaban IPS Kelas 9 Halaman 36 BAB I Semester 

Aktivitas Kelompok

1. Perhatikan peta negara Amerika Serikat! Gambarkanlah keadaan fisik negara Amerika Serikat berdasarkan ketampakan yang ada pada peta tersebut. Warna hijau pada peta menggambarkan dataran rendah, sedangkan warna cokelat menggambarkan dataran tinggi dan pegunungan. Semakin cokelat warnanya, semakin besar ketinggiannya.

Jawaban :

Pada Peta, bagian barat negara Amerika Serikat berwarna coklat, hal ini menandakan wilayah tersbut merupakan dataran tinggi. Di bagian barat Amerika Serikat terdapat banyk pegunungan diantaranya adalah Pegunungan Sierra Nevada, Pegunungan Rocky, dan Pegunungan Cassade di pantai barat. Dataran Tinggi Great Basin dan Dataran Tinggi Plato Colorado.

Pada Peta, bagian timur negara Amerika Serikat berwarna hijau, hal ini menandakan wilayah tersbut merupakan dataran rendah.

Dataran pantai utara dan pantai selatan dibatasi Pegunungan Appalachia yang membentang sepanjang 3.200 km. Pegunungan Appalachia merupakan pegunungan tua. Ujung selatan Pegunungan Appalachia disebut Pegunungan Allegheny. Bagian utara Amerika Serikat merupakan kawasan Alaska yang terdiri atas Samudra Arktik dan Pegunungan Brooks. 

2. Keadaan alam Amerika Serikat mempengaruhi sebaran penduduknya. Diskusikanlah dengan rekan kalian hubungan antara keadaan alam Amerika Serikat dan sebaran penduduknya!

Jawaban :
 
Penduduk Amerika Serikat lebih banyak yang tinggal di wilayah timur dibanding wilayah barat. Hal ini dikarenakan bagian barat Amerika Serikat lebih banyak terdapat dataran tinggi dan pegunungan. Sedangkan di wilayah timur lebih banyak terdapat dataran rendah sehingga lebih mudah untuk dijadikan tempat tinggal.Selain itu, wilayah lainnya yang banyak dihuni penduduk Amerika ialah wilayah pantai barat Amerika yaitu : di California, New York, Texas, Florida, Illinois dan Pennsylvania.

3. Keadaan alam Amerika Serikat tentu akan mempengaruhi pemanfaatan lahan dan komoditas yang dihasilkannya.

Jawaban :

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 26, 36 BAB I




Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 26, 36 BAB I buku siswa kelas IX SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS Kelas 9 halaman 26, 36 "