Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 84

Kunci Jawaban Seni Budaya SMP Kelas 9 Halaman 84 Bab 5

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban seni budaya smp kelas ix halaman 84 Bab 5 merupakan alternatif jawaban dari soal-soal buku seni budaya kelas 9 smp/mts Bab 5 Tari Kreasi semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri.

Kunci jawaban seni budaya kelas 9 halaman 84 Bab 5 semester 1



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik kelas ix smp/mts dalam menjawab soal-soal baik sebagai tugas individu maupun kelompok. Dan juga dapat menjadi referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (pr). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban seni budaya kelas 9 halaman 84 Bab 5 semester 1

1. Jelaskan yang dimaksud dengan tari kreasi!

Jawaban :

Yang dimaksud dengan tari kreasi adalah jenis tarian yang diinovasi dengan menyesuaikan gerakan, alat pengiring, atau properti yang digunakan dalam tarian tersebut agar terlihat modern serta dapat diterima oleh masyarakat Indonesia seiring perkembangan zaman. Jika didefinisikan lebih lanjut, jenis tarian ini  adalah jenis tarian tradisional yang telah mengalami modifikasi secara inovatif dengan cara menyesuaikan gerakan-gerakan yang ada, menggunakan alat pengiring atau menggunakan property pelengkap tari.

Tari Kreasi ini secara umum dibagi menjadi dua kelompok yakni:

1. Tari kreasi berpola tradisi
2. Tari kreasi baru berpola non-tradisi
Tari Kreasi yang berpola tradisi adalah jenis tari yang memiliki inovasi atau pembaharuannya yang berdasar pada kaidah-kaidah dari tari tradisi itu sendiri. Baik itu dalam penggarapan koreografinya, musik, tata rias, busana , teknik dan tata pentasnya itu sendiri.

Tari Kreasi baru yang berpola non-tradisi merupakan jenis tari kreasi yang dianggap sepenuhnya melepaskan diri dari kaidah-kaidah tari tradisi yang diubah. Meskipun demikian dalam tarian ini masih mempertahankan nilai dari tari tradisional tersebut.


2. Sebutkan dua contoh tari kreasi berpola pada tradisi dan tari kreasi yang berpola nontradisi dilihat dari aspek gerak, kostum, tata rias, iringan musik, dan property

Jawaban : 

Pada dasarnya, tari kreasi baru adalah konsep dasar yang diambil dari tarian klasik yang dikembangkan atau diperbaharui sesuai dengan kemajuan zaman.


Tari Kreasi Baru Pola Tradisi

Tari kreasi baru pola tradisi adalah tarian yang masih menggunakan unsur tradisional dalam penciptaannya. Ada beberapa unsur yang diubah, namun esensi ketradisiannya masih ada seperti koreografi, tata busana, tata rias, dan tata teknik pementasan.

Contoh dari tari kreasi baru pola tradisi adalah:

Tari Yapong : diciptakan oleh Bagong Kussudiardja dalam rangka HUT Kota Jakarta yang ke-450 dan dipentaskan pertama kali pada 1977. Tari ini menceritakan tentang rutinitas dan keseharian rakyat Betawi di ibu kota.

Tari Roro Ngigel : diciptakan oleh anak pertama Bagong Kussudiardja, Ida Manutranggana, yang bercerita tentang kehidupan seorang gadis kecil yang tumbuh remaja dan dewasa.
Tari Kreasi Baru Pola Non-Tradisi

Dalam penciptaan tari kreasi baru jenia ini, koreografer tidak menggunakan unsur tradisional, seperti koreografi, musik, kostum, dan lain sebagainya. Jenis tarian ini juga sering disebut dengan tari modern.

Contoh dari tari kreasi baru pola non-tradisi adalah:

Break dance: sebuah tarian yang muncul pertama kali di jalanan pada tahun 1970-an, oleh anak-anak African American dan anak muda dari Puerto Rico, yang ditarikan di bagian selatan New York City. Tarian ini mempunyai nama lain breaking, b-boying atau b-girling, dengan mengedepankan kelihaian dan keahlian.

Ballroom dance: tarian yang dilakukan secara berpasangan dan biasanya ditarikan di acara-acara resmi di tempat indoor yang cukup luas. Ballroom dance meliputi waltz, tango, sama, dan cha-cha.


Demikian pembaca Kunci jawaban seni budaya smp kelas 9 halaman 84 Bab 5 buku siswa kelas ix smp/mts kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  untuk itu diperlukan kebijakan bapak/ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 84"