Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 148

Kunci Jawaban Seni Budaya SMP Kelas 9 Halaman 148 Bab 8

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban seni budaya smp kelas ix halaman 148 Bab 8 merupakan alternatif jawaban dari soal-soal buku seni budaya kelas 9 smp/mts Bab 8 Penulisan lakon Semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri.

Kunci jawaban seni budaya kelas 9 halaman 148 Bab 8 semester 1



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik kelas ix smp/mts dalam menjawab soal-soal baik sebagai tugas individu maupun kelompok. Dan juga dapat menjadi referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian, soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (pr). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban seni budaya kelas 9 halaman 148 Bab 8 semester 1

a. Apa yang kamu ketahui tentang lakon cerita?

Jawaban : 
Lakon atau dapat juga disebut sebagai sandiwara merupakan suatu pertunjukan drama dan termasuk dalam suatu jenis cerita, yang biasanya terdapat dalam bentuk tertulis ataupun tidak tertulis. 

Lakon/sandiwara pada umumnya kebanyakan diwujudkan ke dalam bentuk sebuah pementasan cerita yang diperankan para tokoh daripada dibaca. Lakon tertulis merupakan sebuah karya sastra yang ditulis/dikarang oleh seorang toko penulis yang mana di dalam cerita karangannya terdiri dari dialog antar para tokoh dan latar belakang kejadian cerita tertentu. 

Contoh karya dari lakon tertulis yang banyak dikenal yaitu seperti kisah tentang Romeo and Juliet karangan dari William Shakespeare. Sedangkan pada lakon tidak tertulis biasanya cerita-cerita yang diangkat berasal dari sebuah cerita yang umum diketahui banyak orang.

b. Bagaimana tahapan atau langkah-langkah menuliskan lakon cerita?

Jawaban :

Tahapan/langkah-langkah dalam menulis lakon cerita adalah sebagai berikut;

1. Menentukan tema. Tema merupakan suatu gagasan cerita atau ide yang melatarbelakangi serta menjadi dasar atau inti cerita yang hendak ditulis oleh seorang penulis. Tema yang telah ditentukan kemudian dirangkai/disusun menjadi sebuah cerita yang terdiri dari peristiwa yang memiliki sebuah alur yang jelas, serta memiliki ukuran dan panjang cerita yang telah diperhitungkan untuk kebutuhan dari sebuah pertunjukan.

2. Menentukan plot. Plot/alur merupakan rangakaian dari peristiwa yang telah dirangkai dan dijalin secara seksama, yang menggerakkan jalan cerita  mulai dari masalah yang rumit sampai kearah klimaks dan selesai. Plot disusun bertujuan dalam mengungkapkan dari sebuah ide pikiran. 

3. Menentukan latar cerita atau setting. Latar cerita yang disusun terdiri dari latar tempat yang menunjukkan tempat kejadian peristiwa, latar waktu kapan peritiwa tersebut terjadi, dan latar suasana yang menunjukkan suasana cerita tersebut. 

4. Tokoh Cerita. Selanjutnya yaitu menetukan peran dari tokoh-tokoh cerita yang dipilih dan disesuaikan dengan karakter-karakter yang akan diperankan dalam pementasan lakon.


Demikian pembaca Kunci jawaban seni budaya smp kelas 9 halaman 148 Bab 8 buku siswa kelas ix smp/mts kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  untuk itu diperlukan kebijakan bapak/ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 148"