Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PAI Kelas 6 Halaman 40

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 6 Halaman 40 Pelajaran 4

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam kelas VI Halaman 40 Pelajaran 4 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PAI Kelas 6  Pelajaran 4 Ayo Membayar Zakat semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 6 Halaman 40  Pelajaran 4



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VI dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 6 Halaman 40  Pelajaran 4

1. Jelaskan makna zakat menurut bahasa dan zakat menurut istilah!

Jawaban: Menurut bahasa, zakat bermakna membersihkan, sedangkan menurut istilah, zakat berarti mengeluarkan sebagian dari harta tertentu yang telah mencapai nisab.

2. Apa yang dimaksud dengan zakat fitrah?

Jawaban : Zakat fitrah merupakan zakat yang harus dibayarkan oleh muzakki yang harus memiliki kemampuan untuk menunaikannya . Zakat fitrah merupakan zakat wajib dan harus dikeluarkan setahun sekali, pada saat Ramadhan menjelang Idul Fitri.

Zakat fitrah adalah mengeluarkan beras atau bahan makanan pokok lainnya sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter tiap orang.

Beras atau bahan makanan pokok yang telah terkumpul tersebut akan dibagikan oleh amil zakat (petugas pengumpul zakat) kepada orang-orang yang tidak mampu.

3. Mengapa umat islam perlu membayar zakat mal?

Jawaban : Umat Islam perlu membayar zakat mal, karena zakat adalah kewajiban umat Islam, itu tertulis di rukun Islam, dan Untuk membersihkan harta dan jiwa, tidak tamak, dan menerapkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia yang membutuhkan bantuan

4. Sebutkan 4 jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya!

Jawaban : Jenis harta yang wajib dizakatkan, yaitu perhiasan emas dan perak yang disimpan, uang simpanan yang telah mencapai satu tahun.

Harta atau uang yang diperoleh dari usaha berdagang atau bekerja. Hasil pertanian, misalnya padi dan palawija.

Binatang ternak, misalnya kambing, sapi, dan kerbau. Barang temuan, misalnya perhiasan, uang logam yang terbuat dari emas, atau guci yang tinggi nilainya.

5. Sebutkan 4 golongan yang berhak menerima zakat!

Jawaban : 

Golongan yang berhak menerima zakat, orang fakir, yaitu orang yang sangat sengsara hidupnya, tidak mempunyai tenaga dan harta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Orang miskin, yaitu orang yang tidak cukup penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Pengurus zakat (amil zakat), yaitu orang yang diberi tugas untuk mengumpulkan dan membagikan zakat.

Mualaf, yaitu orang non-Islam yang berkeinginan masuk Islam dan orang baru masuk Islam tetapi imannya masih lemah.

Orang berutang, yaitu orang yang berutang karena untuk kepentingan bukan maksiat dan ia tidak sanggup membayarnya.

Orang yang berjuang pada jalan Allah (fisabilillah), yaitu orang yang berjuang untuk keperluan pertahanan Islam di zaman Nabi Muhammad saw.

Fisabilillah juga mencakup kepentingan-kepentingan umum, seperti mendirikan masjid, musalah, sekolah atau madrasah, rumah sakit, dan sebagainya.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PAI  Kelas 6 Halaman 40 Pelajaran 4 buku siswa Kelas 6  kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PAI Kelas 6 Halaman 40 "