Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPA Kelas 9 halaman 120-123 Uji Kompetensi Bab II

Kunci jawaban IPA SMP Kelas 9 halaman 120-123 Uji Kompetensi Bab II

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas IX halaman 120-123 Uji Kompetensi Bab 2 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS kelas 9 SMP/MTs Bab 2 Reproduksi pada tumbuhan dan hewan semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPA Kelas 9 halaman 120-123 Uji Kompetensi Bab II



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPA kelas 9 Halaman 120-123 Uji Kompetensi Bab 2 Semester 1

Uji Kompetensi

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!

1. Reproduksi yang memungkinkan tumbuhan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah reproduksi secara ....  

d. vegetatif  

2. Yang merupakan kelompok reproduksi vegetatif buatan adalah ....  

a. merunduk, enten, okulasi

3. Berikut menunjukkan seekor kupu-kupu hinggap pada bunga A lalu membawa serbuk sari dari bunga A ke bunga B. Hasil yang akan terjadi dari peristiwa tersebut adalah ....

d. tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda.

4. Gambar berikut menunjukkan tanaman buncis pada tahap pertumbuhan yang berbeda. Urutan tahapan pertumbuhan yang benar adalah ….  

b. 2, 1, 3, 4

5. Dayu meletakkan beberapa biji kacang di piring yang diberi kapas basah. Siti juga menaruh beberapa biji kacang di piring dekat piring Dayu dan merendamnya dalam air. Setelah dua hari biji kacang milik Dayu berkecambah sedangkan biji kacang milik Siti tidak. Penyebab tidak tumbuhnya pada biji milik Siti adalah ....  

a. biji kacang milik Siti memperlukan lebih banyak udara

6. Peristiwa berikut yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah....

d. penyatuan sel sperma dan sel telur

7. Fungsi pemberian perlakuan khusus pada serangga jantan agar tidak memproduksi sperma adalah untuk ....

c. mengurangi jumlah populasi serangga

8. Untuk mencari tahu apakah biji tumbuh lebih baik di tempat terang kita dapat meletakkan beberapa biji kacang hijau di kertas yang lembab dan ....

d. meletakkan biji satu kelompok di tempat terang dan yang lain di tempat gelap

Uraian

1.  Jelaskan cara reproduksi secara seksual ?

Jawaban :

Secara seksual tumbuhan berkembang biak menggunakan sel kelamin jantan dan betina yang dihasilkan pada bunga. Diawali dengan peristiwa penyerbukan, lalu pembuahan/fertilisasi. Proses menempelnya serbuk sari ke kepala putik disebut penyerbukan (polinasi). 

Pada saat terjadi penyerbukan, di dalam serbuk sari sudah terdapat sel tabung dan sel generatif. Setelah serbuk sari melekat pada kepala putik (stigma) yang sesuai (berasal dari tumbuhan yang berkerabat dekat atau sejenis), maka serbuk sari akan menyerap air dan berkecambah membentuk buluh serbuk sari. Buluh serbuk sari tumbuh dan memanjang bergerak menuju bakal buah melalui tangkai putik. Selama pertumbuhan, inti sel generatif membelah menjadi dua membentuk dua sel sperma. 

Selanjutnya, terjadi proses fertilisasi, yaitu inti sel sperma membuahi inti sel telur (ovum) membentuk zigot dan inti sel sperma yang lain membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk angiosperma atau cadangan makanan. Zigot yang terbentuk akan berkembang menjadi biji. Biji hasil perkembangbiakan secara seksual dapat tumbuh jika berada pada tempat yang sesuai untuk perkecambahan.

2. Perhatikan gambar berikut!

 Gambar Buah Paprika
 
Siti dan Beni mempelajari tentang ta naman. Menurut Beni berdasarkan gam bar paprika tersebut, kedua paprika berbeda jenis karena berbeda warna. Sedangkan menurut Siti kedua paprika 
tersebut jenisnya sama, paprika merah berwarna merah karena berumur lebih tua dan sudah matang. Menurut kamu, pendapat Siti atau Beni yang benar? Coba uraikan cara yang dapat kamu 
lakukan untuk membuktikan pendapat yang menurutmu benar!

Jawaban :

Serbuk sari dari suatu bunga yang dihinggapi kupu-kupu dapat menempel pada kaki ataupun tubuh kupu-kupu. Ketika kupu-kupu berpindah ke bunga lain (pada satu tanaman atau pada tanaman yang berbeda), serbuk sari yang menempel akan ikut berpindah dan serbuk sari dapat menempel pada putik bunga lain, sehingga dapat terjadi proses penyerbukan/polinasi dengan bantuan kupu-kupu.  

3. Beni telah mengembangbiakkan pohon mangga, satu dengan cara men cangkok dan satu dengan cara menanam bijinya. Dari kedua cara menanam tersebut analisislah, manakah di antara kedua cara penanaman tersebut yang akan menghasilkan sifat yang sama dengan induknya? Manakah yang akan cepat berbuah? Kaitkan dengan perbedaan sifat keturunan hasil reproduksi vegetatif dan 
generatif!

Jawaban : 

Tanaman yang ditanam dari hasil cangkok akan memiliki sifat yang sama dengan induk. Tanaman yang ditanam dengan menggunakan cara mencangkok dapat berbuah lebih cepat. Pada tanaman mangga yang ditanam dari biji dapat memiliki sifat yang bervariasi dan tidak dapat dipastikan memiliki sifat yang sama dengan salah satu induk. Sifat dari induk jantan dan betina dapat muncul pada tumbuhan baru yang ditanam dari biji. Tanaman yang ditanam dari biji lebih lama berbuah karena melalui proses pertumbuhan tanaman dari bibit.

4. Nyamuk merupakan salah satu serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Jika Andi ingin mencegah reproduksi nyamuk yang ada di lingkungan rumahnya, maka pada tahapan manakah yang harus diberi perlakuan oleh Andi? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban :

Upaya yang efektif untuk mengendalikan nyamuk di lingkungan adalah: a) melakukan 3M untuk mencegah telur nyamuk tumbuh dan berkembang dengan cara menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air secara rutin seminggu sekali, dan mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat genangan air; b) menguras penampungan air yang di dalamnya terdapat jentik-jentik nyamuk atau memberikan obat, baik obat alami (seperti ekstrak tanaman) maupun obat abate ke tempat penampungan air yang di dalamnya terdapat jentik-jentik nyamuk untuk mencegah perkembangan larva nyamuk.  

5. Ayam petelur diberi perlakuan khusus agar dapat menghasilkan telur setiap hari. Telur ayam petelur apabila dierami tidak akan menetas menjadi anak ayam. Analisislah mengapa telur tersebut tidak dapat berkembang menjadi anak ayam!

Jawaban :

Telur yang dihasilkan oleh ayam petelur tidak melalui proses fertilisasi (tidak dibuahi). Oleh karenanya, telur yang dihasilkan tidak mengandung embrio dan bila dierami tidak akan menetas.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPA SMP Kelas 9 halaman 120-123 Uji Kompetensi Bab 2 buku siswa kelas IX SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPA Kelas 9 halaman 120-123 Uji Kompetensi Bab II"