Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PAI Kelas 4 halaman 21 Pelajaran 2

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam  Kelas 4 halaman 21  Pelajaran 2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS  kelas IV halaman 21 Pelajaran 2 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PAI Kelas 4  Pelajaran 2 Beriman kepada Allah dan Rasulnya semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PAI Kelas 4 halaman 21 Pelajaran 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IV  dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam  Kelas 4 halaman 21  Pelajaran 2


1. Apa maksud beriman kepada Allah melalui alam semesta? Jelaskan!

Jawaban :

Yang dimaksud dengan beriman kepada Allah SWT melalui alam semesta adalah MEYAKINI, MEMBENARKAN dan MEMPERCAYAI bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa melalui apa-apa yang Ia ciptakan di sekeliling kita baik lewat fenomena alam atau pun fenomena sosial.


2. Apa maksud beriman kepada Allah melalui kitab suci? Jelaskan!

Jawaban : Maksud beriman kepada Allah SWT melalui kitab suci adalah meyakini, mempercayai serta membenarkan keberadaan Allah SWT lewat kalam ilahi-Nya atau ayat-ayatNya yang ada dalam kitab suci (Al-Quran). Keyakinan atas Allah SWT ini dimulai dari hati lalu diwujudkan lewat lisan juga perbuatan.

3. Apa maksud beriman kepada Allah melalui asma’-Nya? Jelaskan!

Jawaban : Maksud dari beriman kepada Allah melalui asmanya adalah menyakini dan mengenal Allah dengan mempelajari asma Allah. Asma Allah sering disebut dengan istilah asmaul husna

4. Bagaimana kita bisa yakin bahwa Allah itu ada, padahal Allah tidak bisa dilihat oleh mata manusia?\

Jawaban : Cara kita meyakini bahwa Allah SWT ada meski tidak bisa dilihat oleh mata manusia adalah dengan memahami dan menghayati firman-Nya dalam kitab suci Al-Quran (ayat Qauliyah), juga dengan memahami dan menghayati tanda-tanda kebesaran-Nya di alam sekitar (ayat Kauliyah).

5. Apa gunanya kamu mengetahui sifat Allah itu al-Ba¡³r? Jelaskan!

Jawaban : Gunanya ialah supaya kita menjadi pribadi yang selalu berhati-hati dalam melakukan perbuatan. Karena apa yang kita lakukan, pasti Allah SWT melihatnya, dan perbuatan itu akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak.


6. Apa gunanya kamu mengetahui sifat Allah itu al-‘Adl? Jelaskan!

Jawaban : Al-Adl merupakan salah satu asma Allah yang memiliki arti "Yang Maha Adil'. Ini berarti bahwa Allah merupakan Dzat yang keadilannya bersifat tetap dan tidak bisa diganggu oleh siapapun. Allah juga Maha Benar, sehingga keadilan yang ia putuskan tidak mungkin dan tidak akan pernah salah

7. Apa gunanya kamu mengetahui sifat Allah itu al-‘A§³m?Jelaskan!

Jawaban : Manfaat mengetahui sifat Allah yaitu Al-Azim adalah menjadi keimanan kita bertambah kuat kepada Allah SWT, menjadi teladan untuk senantiasa berhati besar, menjadi pribadi yang agung (baik) meski tidak sesempurna Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

8. Bagaimana kita bisa meyakini adanya rasul-rasul Allah? Jelaskan!

Jawaban : 8. Cara meyakini adanya rasul-rasul Allah SWT adalah dengan membaca kisah mereka di dalam Al-Quran, mempelajari peninggalan-peninggalan mereka seperti kuburan, bangunan yang mereka bangun juga kisah-kisah mereka di luar Al-Quran yang dikemukakan oleh ahli sejarah yang kebenarannya tidak bertentangan dengan syariat.


9. Apa yang dimaksud dengan beriman kepada rasul-rasul Allah? Jelaskan!

Jawaban : beriman kepada rasul-rasul Allah SWT artinya mempercayai dengan speenuh hati bahwa rasul itu benar-benar utusan Allah SWT yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu kepada umat manusia agar dijadikan pedoman hidup untuk hidup di dunia dan di akhirat kelak.


10. Sebutkan sepuluh nabi dan rasul yang kamu ketahui.

Jawaban :

1. Nabi Adam as.
2. Nabi Idris as.
3. Nabi Nuh as.
4. Nabi Hud as.
5. Nabi Saleh as.
6. Nabi Ibrahim as.
7. Nabi Luth as.
8. Nabi Ismail as
9. Nabi Isa  as
10 Nabi Muhammad SAW

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PAI  Kelas 4 halaman 21 Pelajaran 2 buku siswa Kelas 4  kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PAI Kelas 4 halaman 21 Pelajaran 2"