Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 10 halaman 103

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam SMA Kelas 10 halaman 103 Bab 6

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMA kelas X halaman 103 Bab 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PAI Kelas 10 SMA/MA Bab 6 Meniti hidup dengan kemuliaan semester 1. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 10 halaman 103



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMA/MA dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam SMA Kelas 10 halaman 103 Bab 6

Jawablah petanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas.

1. Setiap muslim diperintahkan untuk melakukan mujāhadah an-nafs supaya hidupnya bahagia. Bagaimana cara menerapkan mujāhadah an-nafs dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban :

 Mujahadah an-nafs adalah perjuangan yang sungguh" untuk melawan ego , atau hawa nafsu  lawwamah atau dengan kata lain mengendalikan diri , tidak mengikuti kemauan nafsu yang bertentangan dengan syara'. dalil tentang mujahadah an-nafs terdapat dalam surat al-anfal ayat 72, yang bunyinya :

Artinya : "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang orang yang beriman, tetapi belum berhijrah maka tidak ada kewajiban sedikitpun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadapaum yang telah terikat perjanjian antara kamu denganmereka. Dan Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan."

Penerapan Mujahada An nafs dalam kehidupan sehari-hari : 

1. Pada saat kita lagi capek, penat, pingin istirahat,tetangga menyalakan radio keras", sehinggamengganggu kita, kita harus bisa menahan diri agartidak marah, namun mengingatkan tetangga denganlembut

2. Menahan emosi, saat mau istirahat, diganggu anak

2. Apa yang akan kamu lakukan jika mengetahui ada dua orang mukmin sedang berselisih pendapat?

Jawaban :
jika ada 2 sahabat sedang berselisih pendapat maka kita ajak kembali pada al-qur'an dan al-hadits,         sebagaimana surat an- nisa' ayat 59 Artinya : Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

3. Q.S. al-Ḥujurāt/49:10 mengandung pesan-pesan yang mulia. Jelaskan kandungan Q.S. al-Ḥujurāt/49:10 tersebut.

Jawaban mulia. Jelaskan kandungan Q.S. al Ḥujurat/49:10 tersebut. 

1. Penegasan bahwa mukmin itu merupakan satu kesatuan ummat
2. Perintah untuk memperbaiki hubungan di antara sesama karena sesungguhnya muslim itubersaudara.

4. Seseorang yang terbiasa ĥusnużżan akan memperoleh banyak manfaat dan hikmah. Sebutkan manfaat dan hikmah orang yang berĥusnużżan.

Jawaban :

Manfaat dan hikmah orang yang berhusnuzzan antara lain:
1. Menumbuhkan perasaan cinta kepada Allah
2. Menumbuhkan perasaan syukur kepada Allah
3. Menumbuhkan sikap sabar dan tawakkal
4. Pemaaf5. Penyayang
6. Suka menolong

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PAI SMA Kelas 10 halaman 103 Bab 6 buku siswa Kelas 10 SMA/MA kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Pendidikan Agama Islam Kelas 10 halaman 103 "