Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Pkn Kelas 7 Halaman 45

Kunci jawaban Pkn Kelas 7 Halaman 45 Aktivitas 2.5 Bab 2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PKN kelas 7 Halaman 45 Aktivitas 2.5 Bab 2 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PKN kelas 7 SMP/MTs Bab 2 Norma dan keadilan semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri.

kunci Jawaban PKN kelas VII Halaman 45 Aktivitas 2.5 Bab 2.



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Refernsi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Pkn Kelas 7 Halaman 45 Aktivitas 2.5 Semester 1

1. Norma

Norma adalah kaidah, aturan atau adat kebiasaan dan / atau hukum yang berlaku dalam masyarakat.

2. Tujuan Norma

Tujuan Norma antara lain :
a. Pedoman dalam bertingkah laku.
b. Menjaga kerukunan anggota masyarakat.
c.  Mengendalikan tingkah laku  anggota masyarakat agar sesuai dengan aturan yang berlaku.
d. Menciptakan ketertiban dan kedamaian dalam pergaulan hidup manusia di masyarakat.

3. Macam Norma

Macam – macam Norma diantaranya : Norma Kesusilaan, Norma Kesopanan, Norma Agama, Norma Hukum.

4. Norma Kesusilaan

a. Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang berkenaan dengan bisikan kalbu dan suara hati nurani manusia.

b. Contohnya : tidak berbohong, tidak menyontek ketika ulangan, dilarang menghina nama baik seseorang, tidak mengambil dompet seorang ibu yang jatuh atau tertinggal di tempat umum dsb.

5. Norma Kesopanan

a. Norma kesopanan adalah norma yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam kehidupan sehari – hari. Norma kesopanan bersumber dari tata kehidupan atau budaya yang berupa kebiasaan – kebiasaan masyarakat dalam mengatur kehidupan kelompoknya.

b.  Contoh Norma kesopanan yang memuat aturan tentang pergaulan masyarakat  : tata cara berpakaian, tata cara berbicara, tata cara berperilaku terhadap orang lain, bertamu ke rumah orang lain, tata cara menyapa orang lain, tata cara makan, ds.

6. Norma Agama

a. Norma agama adalah sekumpulan kaidah atau peraturan hidup manusia yng sumbernya dari wahyu Tuhan yang disampaikan kepada nabi dan Rasul-Nya untuk disebarkan kepada seluruh umat manusia di dunia.

b. Contoh Norma Agama adalah perintah melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya.

7. Norma Hukum

a. Norma Hukum adalah peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat dan dibuat oleh badan – badan resmi negara serta bersifat memaksa sehingga perintah dan larangan dalam norma hukum harus ditaati oleh masyarakat.
b. Contohnya : larangan melakukan korupsi, larangan merusak hutan serta kewajiban memelihara hutan, kewajiban membayar pajak, dsb.


Demikian Pembaca kunci Jawaban PKN kelas VII Halaman 45 Aktivitas 2.5 Bab 2 buku siswa kelas 7 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Pkn Kelas 7 Halaman 45 "