Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 235

Kunci jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 halaman 235 Kegiatan 9.1 Bab 9

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban bahasa indonesia SMP Kelas VIII Halaman 235 Bab 9 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Bab 9 Kembangkan kegemaran membaca semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 235 Kegiatan 9.1



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VIII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia  Kelas 8 halaman 235 Kegiatan 9.1 Bab 9 Semester 2

Kegiatan 9.1

A. Termasuk bagian dari jenis teks apakah cuplikan di bawah ini: fiksi atau nonfiksi? Kemukakanlah alasan-alasannya! Diskusikan masalah-masalah itu secara berkelompok!

Jawaban : 

Kutipan 1 merupakan kutipan dari BUKU FIKSI. Hal ini bisa kita ketahui karena terdapat penggunaan kata 'sepertinya', 'terlihat', dan 'tampak'. Ketiga kata ini kaya akan penilaian pribadi dari sang penulis dan bukan didasarkan oleh fakta yang sebenarnya. Oleh karena itu, kutipan ini berasal dari BUKU FIKSI.

Kutipan 2 merupakan kutipan dari BUKU NON-FIKSI. Hal ini karena kita tidak dapat menemukan adanya kata-kata yang bermuatan penilaian pribadi dari si penulis. Si penulis menulis segala sesuatunya berdasarkan pengamatan langsung, tanpa disertai pendapatnya pribadi.

B. Tulislah dua buah kutipan yang masing-masing bersumber dari buku fiksi dan nonfiksi. Jelaskan pula alasan kefiksian ataupun kenonfiksian dari kutipan-kutipan tersebut!


Jawaban : 

1) Laskar Pelangi, novel karangan penulis terkenal Andrea Hirata. Novel yang menceritakan sebuah kisah kehidupan 10 anak dengan latar belakang berasal dari keluarga miskin di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Sumber buku: Laskar Pelangi (FIKSI)
Alasan kefiksian: Kisah ini menceritakan kehidupan 10 anak dari sudut pandang dan pendapat si penulis, bukan seluruhnya berdasarkan fakta.

2) Gandhi lahir pada 2 Oktober 1869 di negara bagian Gujarat di India. Beberapa dari anggota keluarganya bekerja pada pihak pemerintah.

Sumber buku: Mahatma Gandhi Sebuah Autobiografi (NON-FIKSI)
Alasan kenon-fiksian: Kutipan ini menceritakan sejarah kehidupan Mahatma Gandhi dan ditulis hanya berdasarkan fakta, tanpa ada sama sekali imajinasi atau pendapat pribadi si penulis.


Demikian Pembaca Kunci Jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 halaman 235 Kegiatan 9.1 Bab 9 buku siswa Kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 235"