Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 176

Kunci jawaban PPKN SMA Kelas 10 halaman 176 Uji Kompetensi Bab 5

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMA kelas X Halaman 176 Uji Kompetensi Bab 5 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 10 SMP/MTs Bab 5 Integrasi nasional dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci Jawaban PPKN kelas 10 halaman 152 bab 5 Emester 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas X SMA/SMK dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN  Kelas 10 halaman 176 Uji Kompetensi Bab 5

Soal

1. Pada hakikatnya intregasi nasional memiliki makna menyatupadukan sampai jadi satu kesatuan yang bundar serta utuh. Bersumber pada hal tersebut jelaskan perbandingan intregasi nasional secara politis serta antropologis!

Jawaban : Perbedaannya adalah secara politis berarti penyatuan berbagai kelompok budaya serta sosial dalam kesatuan daerah nasional yang membentuk suatu identitas diri nasional. Sebaliknya secara antropologis berarti proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian guna dalam kehidupan warga.


2. Kenapa pada negara yang multy cultural, semacam indonesia, konsep intregasi bangsa jadi prasyarat utama buat terciptanya persatuan serta kesatuan bangsa. jelaskan pendapat kamu!

Jawaban : Sebab manusia hidup dalam kenyataan yang plural, warna warga indonesia adalah ber-bhineka tunggal ika. warga plural ialah belati bermata ganda dimana pluralitas sebagai rahmat serta sebagai ancaman.


3. Pada hakikatnya intregasi nasional ialah proses penyatuan bermacam kelompok budaya serta sosial ke dalam satu kesatuan daerah, dalam rangka pembuatan sesuatu identitas diri nasional. Bersumber pada hal tersebut sebutkan 3 ketentuan keberhasilan suatu integrasi nasiona; untuk bangsa indonesia!


Jawaban :
-. Anggota masyarakat merasa kalau mereka sukses saling mengisi kebutuhan antara satu serta yang lain

-. terciptanya konvensi (konsensus) bersama mengenai norma-norma serta nilai-nilai sosial yang dilestarikan serta dijadikan pedoman

-. norma-norma serta nilai-nilai sosial dijadikan ketentuan baku dalam melakukan proses integrasi sosial.


4. Pada hakikatnya integrasi nasional ialah proses penyatuan bermacam-macam komponen dalam masyarakat. bersumber pada hal tersebut sebutkan 5 aspek pendukung suatu integrasi nasional untuk bangsa indonesia!

Jawaban : 
Pemakaian bahasa indonesia, adanya rasa senasib serta seperjuangan karena aspek sejarah, terdapatnya pandangan hidup nasional tercermin dari garuda pancasila serta bhineka tunggal ika, semangat gotong royong, solidaritas, toleransi keagamaan yang erat. 

5. Pada hakikatnya dalam rangka pembuatan intregasi nasional, umumnya mengandalkan persatuan serta kesatuan masyarakat yang secara etnis majemuk sifat-sifat kebudayaan yang berbeda. Bersumber pada hal tersebut sebutkan perbandingan aspek pendukung serta aspek penghambat tercapainya intregasi nasional!

Jawaban : Faktor pembuat merupakan suatu yang bisa dilakukan supaya terjaminnya kebersamaan serta kedamaian dalam lingkungan warga. Sebaliknya faktor penghambat merupakan aktivitas yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mementingkan diri sendiri serta tidak mempunyai rasa toleransi.


Demikian Pembaca Kunci Jawaban PPKN SMA kelas 10 halaman 147, 148 bab 5 buku siswa kelas 10 SMA/SMK kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 176 "