Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS Kelas 8 halaman 205

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 8 halaman 205 Aktivitas kelompok  Bab IV

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas VIII halaman 205 Aktivitas kelompok  Bab III merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS kelas 8 SMP/MTs Bab 4 Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan Dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban buku IPS smp kelas 9 halaman 205 Semester 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 8 SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban buku IPS smp kelas 9 halaman 205 Semester 2

Aktivitas Kelompok

2. Cengkih merupakan salah satu hasil utama masyarakat Maluku. Hasil perkebunan tersebut merupakan tanaman ekspor yang sangat dibutuhkan masyarakat Eropa. Perusahaan dagang Belanda VOC berusaha menguasai perdagangan tersebut. Rakyat hanya diperbolehkan menjual hasil perkebunan tersebut kepada VOC. Para pedagang lain tidak diperbolehkan membeli hasil perkebunan dari rakyat tersebut. VOC telah melakukan penguasaan perdagangan di Maluku, atau disebut praktik monopoli.

3. Siapa yang paling berkuasa menentukan harga beli kepada petani?

Jawaban :  Yang paling berkuasa menentukan harga beli kepada petani adalah perusahaan dagang Belanda VOC.
 
Siapa yang paling menentukan harga jual kepada pedagang lain?

Jawaban :  Yang paling menentukan harga jual kepada pedagang lain adalah perusahaan dagang Belanda VOC.

Bagaimana nasib pedagang lain yang sama-sama ingin berdagang komoditas tersebut?

Jawaban: Nasib pedagang lain yang sama-sama ingin berdagang komoditas tersebut terpaksa harus membeli hasil perkebunan rakyat Maluku melalui perusahaan dagang Belanda VOC dengan harga yang lebih mahal karena adanya aturan bahwa yang boleh membeli hasil perkebunan dari rakyat Maluku hanya VOC.

4. Kesimpulan

Praktik monopoli merupakan praktik yang sangat menyengsarakan orang banyak demi menguntungkan segelintir pihak. Contoh praktik monopoli VOC yang terjadi di Indonesia menyebabkan rakyat Maluku hanya memiliki daya tawar yang rendah, hal ini dikarenakan mereka dilarang untuk menjual hasil perkebungan kepada pihak selain VOC. Selain itu, akibat monopoli ini, para pedagang lain yang ingin berdagang komoditas serupa terpaksa harus membeli sumber hasil perkebunan melalui perantara VOC. Akibat monopoli ini, VOC sangat diuntungkan karena dapat membeli sumber hasil perkebunan dengan harga serendah-rendahnya dan menjual dengan harga setinggi-tingginya.

Demikian Pembaca kunci Jawaban IPS SMP kelas VIII halaman 205 Aktivitas kelompok Bab IV buku siswa kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS Kelas 8 halaman 205"