Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 182-183

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 8 halaman 182-183 Aktivitas kelompok  Bab III

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas VIII halaman 182-183 Aktivitas kelompok  Bab III merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS kelas 8 SMP/MTs Bab 3 Keunggulan Dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya Di Indonesia  Dan Asean semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban buku IPS smp kelas 9 halaman 182-183 Semester 2



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 8 SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Follow juga Instagram kami Heyulita


Kunci jawaban buku IPS smp kelas 9 halaman 182-183 Semester 2

Tabel 3.9 Aktivitas kelompok

1.  Aspek Pemerataan.

Hasil diskusi : Berdasarkan pengamatan Gambar 1 dan 2, dapat disimpulkan bahwa pendistribusian kembali pendapatan nasional masih belum merata, sebab terlihat sangat jelas perbedaan serta masih adanya kesenjangan ekonomi antara orang yang berada pada Gambar 1 dan 2 yang sangat tajam. Pada Gambar 2, masyarakat masih mengalami kemiskinan, namun sangat berbeda dengan orang-orang yang ada pada Gambar 1. Selisih besaran pendapatan yang diterima masyarakat kelas atas dan kelas bawah masih besar.


2.  Aspek Dampak.
Hasil diskusi : Akibat selisih besaran pendapatan yang diterima masyarakat kelas atas dan kelas bawah yang masih besar ini, dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, antara lain : 
   - Menimbulkan Kriminalitas.
   - Menimbulkan Kemiskinan.
   - Inefisiensi ekonomi.
   - Melemahkan mobilitas sosial dan stabilitas solidaritas.
   - Tidak meratanya infrastruktur pembangunan.
   - Terjadinya Inflasi.
   - Menghancurkan para pelaku UKM dan sejenisnya, dsb.


3.  Aspek Upaya yang dapat dilakukan.
Hasil diskusi : Untuk mengatasi kesenjangan pendapatan yang diterima antara masyarakat kaya dan miskin diperlukan pendistribusian pendapatan yang adill.

Hal tersebut dilakukan dengan cara pendistribusian kembali (redistribusi) pendapatan masyarakat kaya kepada masyarakat miskin, baik itu berasal dari pajak maupun pungutan-pungutan lain.

Redistribusi pendapatan ini merupakan salah satu bentuk jaminan sosial yang dilakukan negara untuk masyarakat.

4. Aspek Program 
Hasil diskusi : Ada beberapa program untuk dapat mengatasi hal ini antara lain :

   - Program Pemberian Jaminan Akses Kebutuhan Dasar bagi Rakyat Bawah.
   - Program Kredit Lunak dan Penjaminan Kredit Berbasis Komunitas.
   - Pengembangan Usaha atau Industri Kecil.
   - Pemerintah Bekerja Sama dengan Swasta Lokal dan Asing untuk Menjalankan Program Corporate Social Responsibility (CSR).
   
5. Aspek: Alternatif
Hasil diskusi: Adapun beberapa alternatif pendistribusian pendapatan yakni, subsidi dan pengenaan pajak.

Redistribusi pendapatan merupakan pendistribusian kembali pendapatan masyarakat kaya kepada masyarakat kelompok miskin baik itu dari pajak maupun pungutan-pungutan lain.

Demikian Pembaca kunci Jawaban IPS SMP kelas VIII halaman 182-183 Aktivitas kelompok  Bab III buku siswa kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 182-183"