Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 81

Kunci jawaban IPA SMP Kelas VII  halaman 81, 82 Uji Kompetensi Bab 4

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPA SMP kelas VII halaman 81, 82 Uji Kompetensi Bab 4 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS kelas 7 SMP/MTs Bab Bab 4 Pemanasan Global semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 81 Uji kompetensi Bab 4



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas VII SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPA SMP Kelas VII halaman 81 Uji Kompetensi Bab 4 Semester 2

Uji Kompetensi Bab 2

1. Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan Global.

Jawaban :

a. Efek Rumah Kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas – gas tertentu di atmosfer bumi memerangkap panas.
b. Pemanasan Global adalah peningkatan suhu rata – rata atmosfer bumi dan lautan secara bertahap serta perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim bumi.

2. Sebutkan gas – gas pemicu terjadinya pemanasan global !.

Jawaban :

a. Emisi CO2 yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik.
b. Emisi CO2 yang berasal dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi.
c. Emisi Metana dari hewan, lahan pertanian dan dari dasar laut Arktik.
d. Deforestation (Penebangan Liar) yang disertai dengan pembakaran lahan hutan.
e. Penggunaan Chlorofluorocarbons (CFCs) dalam refrigerator (Lemari es / pendingin).
f. Meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian.

3. Perhatikan pernyataan berikut :
a.  Penggundulan hutan.
b. Penghematan listrik.
c. Peternakan.
d. Pembakaran hutan.
e. Penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan.

Dari pernyataan – pernyataan tersebut, klasifikanlah pernyataan yang merupakan penyebab pemanasan global.  

Jawaban :

a. Penyebab pemanasan global adalah Pilihan (a), yaitu penggundulan hutan dan (d), yaitu pembakaran hutan.
b. Bukan penyebab pemanasan Global adalah Pilihan (b), (c), dan (e)

 
4. Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan Ac dan lemari es ?

Jawaban :  

AC dan Lemari ES mengandung bahan Chlorofluorocarbons (CFCs)  yang bisa menyebabkan penipisan lapisan ozon sehingga terjadinya pemanasan global.. Keduanya termasuk alat pendingin yang merupakan gas pemicu terjadinya pemanasan Global.

5. Jelaskan system kerja gas rumah kaca dalam menjaga kestabilan temperature bumi !.

Jawaban :

Di Atmosfer Bumi terdapat banyak gas – gas rumah kaca alami. Siklus air, Karbondioksida (CO2) dan Metana adalah beberapa bagian penting yang ada didalamnya. Tanpa adanya gas – gas rumah kaca tersebut, kehidupan bumi tidak akan terjadi. Seperti halnya Planet Mars, Bumi juga akan menjadi sangat dingin apabila tidak terdapat gas – gas rumah kaca di atmosfernya. Sebaliknay, jika jumlah gas – gas rumah kaca terus bertambah di atmosfer, maka suhu bumi akan terus meningkat.

Meskipun CO2, siklus air dan gas – gas rumah kaca lainnya di atmosfer adalah transparan untuk radiasi cahaya matahari, namun gas – gas tersebut masih mampu menangkap dan menyerap radiasi cahaya yang memancar ke bumi dalam jumlah banyak. Radiasi yang terserap sebagian juga akan direfleksikan kembali oleh bumi. Pada keadaan normal, jumlah radiasi panas yang diserap dengan yang direfleksikan kembali sama.

 
6. Jelaskan dampak yang akan terjadi apabila tidak terdapat gas rumah kaca di atmosfer bumi.

Jawaban :

Adanya gas – gas rumah kaca yang membuat iklim bumi layak huni. Tanpa adanya efek rumah kaca, permukaan bumi akan berubah sekitar 60derajat Fahrenheit atau 15,6 derajat Celcius lebih dingin.

7. Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer bumi semakin meningkat !.

Jawaban :

a. Temperature bumi menjadi semakin tinggi.
b. Tingginya temperature bumi dapat dapat menyebabkan lebih banyak penguapan dan curah hujan secara keseluruhan, tapi masing – masing wilayah akan bervariasi, beberapa menjadi basah dan bagian lainnya kering.
c. Mencairnya glasier yang menyebabkan kadar air laut meningkat.
d. Hilangnya terumbu tangan.
e. Kepunahan spesies yang semakin meluas.
f. Kegagalan panen besar – besaran.
g. Penipisan lapisan ozon.

8. Atmosfer bumi mempunyai efek yang sama dengan rumah kaca, sehingga muncul istilah efek rumah kaca. Bumi memanas seperti rumah kaca, tetapi tidak benar – benar rumah kaca. Jelaskan perbedaan system atmosfer bumi dengan rumah kaca !.  

Jawaban :
Atmosfer Bumi berfungsi menahan udara agar tidak keluar dari Bumi, dan juga menahan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari agar tidak sampai ke Bumi. Sementara rumah kaca adalah kejadian dimana energi panas matahari yang akan dipantulkan keluar Bumi dipantulkan kembali ke Bumi menyebabkan suhu di Bumi meningkat. Hal ini yang memicu terjadinya pemanasan global. 
 
9. Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies ?. jelaskan !.  

Jawaban :

Berdasarkan laporan IPCC, April 2007, bahwa kerentanan dan adaptasi akibat perubahan iklim telah menyebabkan sekitar 30 persen tumbuhan dan hewan akan meningkat risiko kepunahannya jika kenaikan temperatur global rata-rata di atas 1,5-2,5 derajat C. Dampak perubahan iklim sudah terjadi, sekarang dan akan makin menjadi parah di masa yang akan datang. Mulai dari kebakaran hutan, pemutihan karang, gagal panen, dan punahnya beberapa spesies. Tahun 2007 lalu menjadi tonggak peringatan bagi pemerintahan di seluruh dunia untuk membuat strategi baru untuk adaptasi atas dampak besar yang lain seperti badai, kekeringan, banjir dan naiknya permukaan air laut. 

Setiap individu harus beradaptasi pada perubahan yang terjadi, sementara habitatnya akan terdegradasi dan yang tidak dapat beradaptasi akan punah. Spesies yang tinggal di kutub, seperti penguin, anjing laut, dan beruang kutub, juga akan mengalami kepunahan, akibat mencairnya sejumlah gunung es di kutub.  Dampak perubahan iklim terhadap spesies sebagai komponen keanekaragaman hayati adalah berupa perubahan dalam kisaran penyebaran, meningkatnya tingkat kelangkaan, perubahan waktu reproduksi, dan perubahan dalam lamanya suatu musim tanam. Terumbu karang sangat sensitif terhadap panas. Kenaikan satu derajat C pada temperatur laut dapat mengakibatkan stres dan pemutihan (bleaching) terumbu karang yang akhirnya akan mati. Di Kepulauan Seribu, sekitar 95 persen terumbu karang yang berada hingga kedalaman 25 meter mengalami kematian akibat pemutihan karang.

10.  Mengapa penggunaan pupuk kimia dalam pertanian dapat memicu terjadinya pemanasan global ?. Jelaskan !.

Jawaban :

Peningkatan penggunaan pupuk lebih dari 50 tahun yang lalu bertanggung jawab terhadap kenaikan signifikan kandungan Nitro Oksida di atmosfer yang merupakan gas utama yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Penyebab Peningkatan nitro oksida adalah nitrogen yang terkandung dalam pupuk yg menstimulasi mikroba di tanah untuk mengkonversi nitrogen ke nitro oksida lebih cepat dari biasanya.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 81, 82 Uji Kompetensi Bab 4 buku siswa kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPA kelas 7 halaman 81"