Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 121, 137

Kunci jawaban PPKN SMP Kelas 10 halaman 121, 137 Bab 4 Semester 2

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban PPKN SMA kelas X Halaman 121, 137 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku PPKN kelas 10 SMP/MTs Bab 6 Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 121, 137 Bab 4



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas X SMA/SMK dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tuhas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban PPKN Kelas 10 halaman 121 Tugas kelompok 4.1 Semester 2

Tabel 4.5 Makna Kedudukan dan Peran Pemerintah Daerah

Jawaban:

1. Makna Pemerintah Daerah

Rumusan Hasil Diskusi:

Pemerintah daerah adalah pemerintahan yang berkedudukan di daerah. Pemerintah Daerah merupakan daerah otonom yang dapat menjalankan urusan pemerintahan dengan seluas-luasnya serta mendapat hak untuk mengatur kewenangan pemerintahan kecuali urusan pemerintahan yang oleh undang-undang ditentukan sebagai urusan pemerintahan pusat.

2. Kewenangan Pemerintah Daerah

Rumusan Hasil Diskusi :

Berdasarkan Pasal 25 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Pemerintah daerah memiliki beberapa kewenangan sebagai berikut:

1. Memimpin penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD;
2. Mengajukan rancangan Peraturan Daerah;
3. Menetapkan Peraturan Daeraj yang telah mendapat persetujuan bersama DPRD;
4. Menyusun dan mengajukan rancangan Peraturan Daerah tentang APBD kepada DPRD untuk dibahas dan ditetapkan bersama;
5. Mengupayakan terlaksananya kewajiban daerah.
6. Mewakili daerahnya di dalam dan di luar pengadilan, dan dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
7. Melaksanakan tugas dan wewenang lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan

3. Prasyarat Aparatur Pemerintah Daerah

Rumusan Hasil Diskusi:

Dalam menjalankan tugasnya sehari-hari seorang aparatur pemerintahan wajib memiliki empat syarat, yaitu attitude, appearance, knowledge dan leadership.

Wibawa saat memberikan pelayanan sangat menunjang baiknya penilaian pada kesan pertama. Selain itu, ada 3 hal lain yang juga perlu dipahami dalam hidup bermasyarakat di dalam suatu pemerintahan, yaitu ilmu pemerintahan, ilmu politik, serta ilmu sosial masyarakat.

Kunci jawaban PPKN Kelas 10 halaman 137 Tugas Mandiri 4.4 Semester 2

Tabel 4.5 Makna Kedudukan dan Peran Pemerintah Daerah

Jawaban:

1. Makna Hubungan Struktural

Rumusan Hasil Diskusi:

Secara struktural hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 84 Tahun 2000. Berdasarkan ketentuan tersebut daerah diberi kesempatan untuk membentuk lembaga-lembaga yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

2. Makna Hubungan Fungsional

Rumusan Hasil Diskusi :

Pemerintahan daerah dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan memiliki hubungan dengan pemerintah pusat dengan pemerintahan daerah lainnya. Hubungan tersebut meliputi wewenang, keuangan, pelayanan umum, pemanfaatan SDA, dan sumber daya lainnya. Hubungan tersebut menimbulkan hubungan administrasi dan kewilayahan antarsusunan pemerintahan.

Demikian Pembaca Kunci Jawaban PPKN SMA kelas 10 halaman 121, 137  Tugas mandiri 6.3 buku siswa kelas X SMA/SMK kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban PPKN kelas 10 halaman 121, 137"