Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman kelas 6 tema 9 subtema 2

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 9 subtema 2 Benda angkasa luar dan rahasianya sesuai kurikulum 2013

Rangkuman materi kelas 6 tema 9 subtema 2 Benda angkasa luar dan rahasianya. Rangkuman materi ini kelas 6 tema 9 Menjelajah Angkasa luar. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuklebih mudah memahami materi tematik tema 9 kurikulum 2013 dengan judul “Menjelajah Angkasa Luar”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik  untuk belajar dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi tema 9 kurikulum 2013 ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Materi kelas 6 tema 9 subtema 2



Pada kesempatan lalu kami telah memposting Rangkuman materi kelas 6 tema 9 subtema 1  Keteraturan yang menakjubkan. Dan selanjutnya pada kesempatan ini kami  akan memposting rangkuman materi kelas 6 tema 9 subtema 2 Benda angkasa luar dan rahasianya, Nantikan juga Rangkuman materi kelas 6  tema 9 subtema 3 Tokoh penjelajah angkasa luar. 

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 9 subtema 2 muatan pelajaran PPKN

Contoh Upayameningktakan persatuan dan kesatua bangsa antara lain :

1. 1. Saling tolong menolong trhdp orng yg membutuhkan 
2. Saling menghormati dan menghargai perbedaan agama, budaya, adat istiadat, dll. 
3. Belajar dengan baik dan tekun, mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas rumah dgn baik dan bertanggung jawab
4. Musyawarah mufakat 
5. Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
6. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 9 subtema 2 muatan pelajaran Bahasa Indonesia

Jalan cerita atau isi cerita atau alur cerita disebut dengan plot. Plot merupakan salah satu bagian tulisan fiksi yang sangat penting. Plot atau alur cerita berisi tentang peristiwa-peristiwa yang mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya.  Keterkaitan ini akan membentuk  satu kesatuan cerita yang utuh.  Biasanya, alur cerita dalam cerita fiksi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir.  Bagian awal biasanya berisi tentang pengenalan tokoh dan masalah. Bagian tengah biasanya berisi tentang masalah dan konflik dalam cerita. Sedangkan bagian akhir biasanya menceritakan tentang penyelesaian
masalah dari cerita tersebut.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 9 subtema 2 muatan pelajaran IPA

Fakta tentang Bintang
Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri. Cahaya tersebut tersusun atas gas-gas, antara lain hidrogen dan helium.

Bintang memiliki warna yang bermacam-macam. Ada yang berwarna merah, jingga, kuning putih, hingga berwarna biru.

Perbedaan warna-warna tersebut salah satunya disebabkan oleh perbedaan suhu permukaan bintang tersebut.

Matahari adalah salah satu contoh bintang.  Matahari merupakan bintang yang letaknya paling dekat dengan Bumi.

Hal ini menyebabkan cahaya Matahari tampak lebih terang. Ukuran Matahari tampak lebih besar jika dilihat dari Bumi bila dibandingkan bintang-bintang lainnya di dalam tata surya.

Matahari memiliki volume yang sangat besar yaitu sekitar satu juta kali volume Bumi. Dengan ukurannya yang sangat besar itu, Matahari memiliki gaya gravitasi yang sangat besar pula.

Gaya gravitasi Matahari kurang lebih 28 kali lebih besar daripada gravitasi Bumi. Gaya gravitasi tersebut menyebabkan gaya tarik menarik antara Matahari dengan planet-planet dan benda langit lainnya.

Hal inilah yang menyebabkan Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh delapan planet. Kedelapan planet tersebut memiliki jarak yang bervariasi dari Matahari.

Jarak dari Matahari ke Merkurius sekitar 57,9 juta km, ke Venus berjarak 108 juta km, ke Bumi berjarak 150 juta km, dan ke Mars berjarak 228 juta km.

Sedangkan jarak Matahari ke planet luar yaitu Jupiter adalah 779 juta km, ke Saturnus berjarak 1.430 juta km, ke Uranus berjarak 2.880 juta km, dan paling jauh jarak ke Neptunus yaitu sejauh 4.500 juta km.

Fakta tentang Bintang Jatuh

Sebuah bintang jatuh sebenarnya adalah nama lain untuk meteoroid. Meteorid tersebut terbakar saat mencoba memasuki atmosfer Bumi. Jadi, bintang jatuh bukanlah bintang sama sekali. Meteoroid adalah benda kecil yang ada di luar angkasa. Ukuran meteroid mulai dari sebutir pasir hingga berdiameter sebesar sepuluh meter. Jika meteoroid berukuran lebih kecil dari sebutir pasir, para astronom menyebutnya  sebagai debu antarplanet. Tapi jika meteoroid itu berdiameter lebih dari 10  meter, para astronom menyebutnya sebagai asteroid.

Meteoroid disebut sebagai Bintang Berekor. Ketika meteorid memasuki atmosfer Bumi, ia akan membentuk ekor terang di belakangnya. Ekor atau garis terang di belakangnya disebabkan oleh meteroid yang bergesekan dengan atmosfer Bumi. Gesekan dengan atmosfer ditambah kecepatan yang tinggi ketika meteroid memasuki Bumi menyebabkan suhunya naik dan membuatnya berpijar. Meteoroid yang berpijar tersebut tampak dari Bumi seperti bintang
yang bergerak atau bintang jatuh. 

Sabuk asteroid merupakan kumpulan asteroid yang membatasi antara planet dalam dan planet luar dalam tata surya kita. Asteroid berjumlah sangat banyak dan besar. Asteroid tersebut tertahan di jalurnya di antara orbit planet Mars dan Yupiter. Para ahli menduga ada sekitar 30.000 asteroid yang berada di sabuk asteroid. Asteroid juga diduga sebagai planet yang tidak jadi. Oleh sebab itu, ukuran diameternya bervariasi antara 10 meter hingga 30 km. Asteroid mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding planet, tetapi berukuran lebih besar dibanding meteoroid.

Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 9 subtema 2 muatan pelajaran IPS

Salah satu ciri masyarakat modern adalah sikapnya yang lebih terbuka terhadap sesuatu yang baru. Sikap mental dan budaya suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau ditolaknya suatu perubahan sebagai bagian dari modernisasi. Sikap mental yang dapat menjadi pendorong modernisasi antara lain adalah rajin, tepat waktu, berani mengambil risiko, disiplin, bersaing, adil, jujur, toleran, dan peduli lingkungan. Modernisasi memengaruhi masyarakat untuk mempertahankan kebiasaan lamanya secara tradisi, menggantikannya, atau
menyesuaikannya.  

Modernisasi akan memengaruhi masyarakat yang akan mempertahankan  budaya-budaya yang telah diturunkan dari nenek moyangnya. Berkembangnya ilmu pengetahuan dapat digunakan untuk menggali budaya-budaya untuk dipertahankan dan diperkaya. Melalui inovasi, budaya masyarakat dapat dipertahankan menjadi budaya masa kini dengan bantuan teknologi, misalnya melalui penyebaran informasi ke seluruh dunia dan melalui pameran-pameran budaya.

Modernisasi memiliki dampak negatif dan positif terhadap budaya masyarakat. 
Salah satu dampak negatif dari pengaruh modernisasi antara lain munculnya keraguan terhadap norma dan nilai masyarakat yang telah ada.  Hal ini dapat menyebabkan pertentangan antara anggota masyarakat tersebut.  

Modernisasi juga dapat menyebabkan terjadinya kesenjangan budaya.  Misalnya, perkembangan teknologi komunikasi melalui penggunaan internet.  Apabila masyarakat tidak memanfaatkannya dengan benar,  dapat menimbulkan potensi masalah.  Masyarakat harus mampu menyaring informasi dengan menggunakan nilai dan norma yang telah dianutnya.  Dengan demikian, masuknya paham-paham yang dapat memecah persatuan bangsa dapat diatasi sejak dini.

Masuknya budaya luar seperti budaya individualisme, konsumerisme, hedonisme, juga dapat mengancam jati diri bangsa. Individualisme adalah paham yang selalu mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompoknya. Sedangkan konsumerisme adalah cara pikir dan cara hidup konsumtif yang menggunakan sesuatu tanpa mempertimbangkan kebutuhannya. Dan hedonisme adalah paham yang mementingkan kesenangan dan gaya hidup hura-hura.

Demikian Pembaca Rangkuman materi tematik kelas 6 tema 9 subtema 2 Benda angkasa luar dan rahasianya  sesuai kurikulum 2013

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Rangkuman kelas 6 tema 9 subtema 2"