Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban Soal PJOK SMA kelas 10 halaman 168

Soal Penilaian pemahaman konsep Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 10 Bab 8 Materi Renang semester 2

Bismillahirrohmanirrohim

Bagi bapak dan ibu guru mata pelajaran Pendikan Jasmani  yang mengajar di SMA/SMK tentu setiap akhir bab biasanya akan melakukan Ulangan Harian sedangkan pada kurikulum 2013 dinamakan PH (Penilaian Harian). Soal-soal Penilaian Harian ini juga bisa digunakan untuk belajar atau tugas mandiri para peserta didik.

Kunci jawaban Soal PJOK SMA kelas 10 halaman 168


Pada kesempatan ini kami akan mebagikan soal-soal dan Kunci jawaban PJOK kelas X bab 8 materi Renang. Tentunya soal dan Kunci jawaban yang kami bagikan ini hanya sebagai referensi bagi bapak/Ibu guru ataupun adik-adik Siswa kelas X SMA/SMK. Perbanyak lagi membaca dari sumber-sumber yang lain. Semoga bermanfaat.

Jawaban Soal PJOK kelas 10 Halaman 168 Bab 8 Materi Renang

A. Renang Gaya Bebas

1. Gerakan kaki Gerakan kaki dalam renang gaya bebas berpusat di bagian pangkal paha. Gerakan kaki dalam renang gaya bebas dilakukan dengan menaik turunkan kedua kaki secara bergantian di dalam air. Sekilas, gerakan kaki ini menyerupakai gerak kaki ketika sedang berjalan.

2. Gerakan lengan Gerakan lengan dalam renang gaya bebas dilakukan dengan mengayunkan kedua tangan ke depan secara bergantian. Jika salah satu tangan berada di depan tubuh, tangan yang lainnya berada di belakang tubuh. Pastikan jari kelingking menyentuh permukaan air terlebih dahulu, saat akan mengayunkan tangan. Apabila salah satu tangan sedang mengayun, tangan yang satunya haruslah lurus sejajar dengan permukaan air. Gerakan mendorong lengan ke depan harus dilakukan bersamaan dengan gerakan kaki menendang ke atas dan ke bawah.

3. Pernapasan Teknik pernapasan dalam renang gaya bebas dilakukan dengan cara kepala menoleh ke salah satu arah yaitu kanan atau kiri. Meski terlihat mudah, teknik pernapasan dalam renang gaya bebas sejatinya cukup sulit dipelajari. Sebab, momentum bernapas harus disesuaikan dengan gerakan lengan dan kaki.

4. Dalam renang gaya bebas, terdapat berbagai koordinasi gerakan yang harus dikuasai oleh para perenang, salah satunya adalah koordinasi gerakan tangan dan pernafasan. Koordinasi gerakan tangan dan pernafasan dilakukan dengan cara memiringkan kepala ke sisi tangan yang melakukan gerakan. Arah dari kepala harus konsisiten pada satu sisi.

B. Renang Gaya Punggung

1. Gerakan kaki renang gaya punggung

Gerakan kaki pada gaya punggung sama dengan gerakan kaki saat gaya bebas, namun dilakukan secara telentang.
1. Posisikan kedua kaki dalam kondisi lurus dengan jarak berdekatan
2. Pergelangan kaki harus dalam kondisi rileks dengan lutut sedikit membengkok ketika mulai mendayung
3. Gerakan dimulai dari pangkal paha, membengkokkan lutut sedikit untuk kemudian mengibaskan ujung kaki. Pastikan gerakan lemas dan tidak kaku

2. Gerakan lengan 

Gerakan lengan pada gaya punggung juga hampir sama dengan renang gaya bebas, di mana lengan akan berputar dan mendayung bergantian membentuk kincir angin.

1. Ayunkan lengan secara bergantian lurus ke permukaan air melampaui kepala dan masuk ke air dengan posisi lengan di samping kepala.
2. Setelah memutar lengan ke arah belakang melewati kepala masukkan kembali telapak tangan ke dalam air dengan jari kelingking terlebih dahulu.
3. Saat lengan berada di dalam air, tekuk siku hingga membentuk sudut 90 derajat dan dorong ke arah pinggul.
4. Luruskan lengan setelah mencapai pinggul, pastikan telapak tangan menghadap ke tubuh dan biarkan keluar dengan posisi ibu jari terlebih dulu.

3. Pernapasan renang gaya punggung.

Gerakan pengambilan napas renang gaya punggung adalah dengan menarik napas saat posisi satu lengan berputar melewati telinga dan membuang napas saat lengan satunya yang berputar.

4. Koordinasi gerak renang gaya Punggung
Koordinasi gerakan renang gaya punggung adalah rangkaian gerakan renang gaya punggung yang terpadu yang terdiri dari gerakan meluncur, kemudian dilanjutkan dengan gerakan kaki, gerakan lengan dan juga pernafasaan, sehingga dapat terbentuk renang gaya punggung yang benar.

C. Renang Gaya Dada

1. Gerakan kaki

Gerakan kaki dalam renang gaya dada berfungsi untuk menghasilkan gaya dorongan untuk badan. Dalam renang gaya dada, gerakan kaki dilakukan dengan cara menarik dan menekuk kedua kaki ke samping hingga kedua tumit kaki bertemu, kemudian lecutkan kedua kaki ke samping belakang, kemudian rapatkan.

2. Gerakan tangan 

Teknik gerakan tangan. Dalam renang gaya dada, teknik gerakan tangan dilakukan dengan menarik dan menekuk kedua siku tangan ke samping hingga kedua telapak tangan sejajar dengan bahu, kemudian dorong kedua tangan ke bawah dada, kemudian luruskan kembali ke depan.

3. Pernapasan

Teknik pernafasan. Dalam renang gaya dada, teknik pernafasan dilakukan dengan mengangkat kepala ke atas permukaan air hingga mulut keluar dari permukaan air.

4. Koordinasi

Koordinadi gerakan renang gaya dada badan telungkup, kedua lengan lurus ke depan sejajar bahu, pandangan ke depan, posisi kepala agak tinggi dari lengan dan kedua kaki lurus ke belakang. Saat kedua belah lengan lurus ke depan, maka kedua belah kaki mengakhiri tendangan, dilanjutkan dengan menutup kedua belah kaki berdampingan.



Demikian Pembaca Soal dan Kunci jawaban Penilaian pengetahuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 10 Semester Genap Bab 8 Materi Renang buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini. 

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Soal PJOK SMA kelas 10 halaman 168 "