Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 88, 91, 92, 93,

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 tema 9 halaman 88, 91, 92, 93, 95.

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 6 Tema 9 Menjelajah luar angkasa subtema 2 Benda Angkasa luar dan rahasianya pembelajaran 2 tepatnya berada pada tema 8 halaman 88, 91, 92, 93, 95.

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 88, 91, 92, 93,



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 88, 91, 92, 93, 95 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 6 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 88 subtema 2 pembelajaran 2

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas atau dengan menggunakan informasi lainnya. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang beberapa  hal berikut :

Apa itu Meteoroid?

Jawaban : Benda langit yang berupa potongan batuan/logam yang memiliki sifat melayang-layang, bebas tidak mengelilingi benda apapun di ruang angkasa. Bentuknya kecil, dipercaya sebagai pecahan dari komet dan asteroid

Apa itu Asteroid?

Jawaban : Benda langit yang mengelilingi Matahari. Asteroid berkumpul pada lintasan yang dinamakan sabuk asteroid. Mengandung sedikit logam.

Apa itu Meteor?

Jawaban : Meteoroid yang memasuki atmosfer bumi sehingga menjadi sangat panas hingga bersinar

Apa itu Meteorid? 

Jawaban : Meteor yang tidak habis terbakar dan mencapai permukaan Bumi

Bagaimana terjadinya Meteoroid?

Jawaban : Sebagian besar meteoroid terbentuk karena adanya tabrakan (tumbukan) antar benda langit (bisa planet, komet atau asteroid) satu dengan yang lain, sehingga membuat sisa atau pecahan dari benda yang bertumbukan tersebut. Kemudian pecahan tersebut keluar dari lintasan asalnya.

Bagaimana terjadinya Asteroid?

Jawaban : Asteroid terbentuk dari debu dan es yang membeku menjadi batu karena suhunya yang sangat dingin. Asteroid merupakan sisa-sisa dari pembentukan tata surya sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Awalnya ketika Yupiter terbentuk, aktivitas dan gravitasi Yupiter dengan Mars membuat komponen yang lebih kecil di antara mereka saling bertabrakan. Tabrakan ini menciptakan objek kecil yang disebut dengan asteroid

Bagaimana terjadinya Meteorid?

Jawaban : Benda angkasa berupa pecahan batuan angkasa yang jatuh dan masuk ke atmosfer Bumi akibat gravitasi Bumi. Saat masuk ke atmosfer Bumi, terjadi gesekan dengan udara, sehingga benda tersebut menjadi terbakar di atmosfer dan sampai ke permukaan Bumi.

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 91 subtema 2 pembelajaran 2

Judu Cerita : Teropong Binokular dan bintang jatuh

Tokohnya : Dimas ( Tokoh utama ), Om Dodi ( Tokoh tamabahan). Ibu Dodi (Tokoh tamabahan)

Peristiwa nya : Di rumah Dimas

Kapan : Sore Hari

Apa yang terjadi dan mengapa : Dimas sangat megharapkan sebuah teropong binokular, karena sangat senang mengamati bintang-bintang di langit.

Bagaimana penyelesaiannya : Om Dodi memberi Dimas sebuah teropong binokular. 


Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 92 subtema 2 pembelajaran 2


Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Gunakanlah imajinasimu untuk membuat gambar yang menjelaskan cerita di atas. Gunakanlah kotak di bawah ini untuk menggambarkannya. Lalu, berikanlah keterangan yang menarik di bawah gambarmu

Jawaban kelas 6 tema 9 halaman 92


Tukarkan gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan.


Jawaban :
Terjadi persamaan karena dalam membuat gambar dan keterangan berpedoman kepada judul cerita dan berpedoman pada alur cerita. Terjadi perbedaan karena imajinasi tiap orang berbeda-beda.

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 93 subtema 2 pembelajaran 2



Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.

Jawaban :

Dimas adalah seorang anak yang suka sekali mengamati bintang-bintang di langit. Seringkali dia mengamati benda-benda langit pada malam hari di teras rumahnya. Kegiatan ini sering membuat ibunya jengkel, karena Dimas jadi lupa untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan rumahnya, sehingga nilai dan peringkat kelasnya menjadi melorot. Untuk mengatasi hal tersebut Ibu Dimas berunding dengan adiknya Ibu Dimas, yang Dimas biasa memanggilnya om Dody. Kemudian om Dody menantang Dimas agar bisa mendapat peringkat pertama di kelasnya pada semester berikutnya dengan imbalan jika Dimas berhasil menggapainya, maka om Dody akan memberi hadiah berupa teropong binokular. Tentu saja Dimas bersemangat, karena dia tahu kalau teropong itu bisa digunakan untuk melihat benda-benda langit, termasuk bintang jatuh yang menjadi idaman Dimas untuk diamati. Akhirnya Dimas mendapatkan teropong binokular tersebut setelah meraih peringkat pertama pada semester berikutnya.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 88, 91, 92, 93,  kelas 6 tema 9 pembelajaran 2 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 88, 91, 92, 93, "