Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 121, 122, 125, 126, 129,130


Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 tema 9 halaman 121, 122, 125, 126, 129,130.

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 6 Tema 9 Menjelajah luar angkasa subtema 2 Benda Angkasa luar dan rahasianya pembelajaran 5 tepatnya berada pada tema 8 halaman 121, 122, 125, 126, 129,130.

kunci jawaban tematik  halaman 121, 122, 125, 126, 129,130 kelas 6 tema 9 pembelajaran 5.



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 121, 122, 125, 126, 129,130 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 6 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.


Kunci Jawaban buku tema 9 kelas 6  Halaman 121 subtema 2 pembelajaran 5

Ayo Mencoba

Kamu telah mengetahui lebih banyak tentang salah satu benda langit yang paling tidak asing bagi kamu. Bulan, sebagai satu-satunya satelit Bumi merupakan salah satu benda langit yang pertama diteliti para ilmuwan. Salah satu tujuan penelitiannya adalah untuk melihat kemungkinan apakah Bulan dapat menjadi tempat tinggal manusia.

Berdasarkan bacaan di atas dan dari sumber informasi lainnya, lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sebangkumu.

Jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 121




Apakah kesimpulanmu dari kegiatan di atas?

Kesimpulanku:

Bahwa Bulan memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dengan Bumi. Karena Bulan tidak memiliki komponen utama untuk manusia hidup, yaitu udara maka Bulan sulit untuk didiami manusia. Ditambah lagi perbedaan suhu yang terlalu ekstrim antara siang hari dan malam hari makin mempersulit jika manusia tinggal di bulan.

Kunci Jawaban buku tema 9 kelas 6  Halaman 121 subtema 2 pembelajaran 5

Ayo Berdiskusi

Ingatkah kamu dengan sketsa sistem tata surya yang telah kamu buat sebelumnya?
Untuk membuat model tata surya, kamu perlu memuat perbandingan ukuran planet-planet yang ada di dalamnya. Bersama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

1.Carilah informasi tentang diameter planet-planet di dalam tata surya dan catatlah di dalam tabel. Lalu, buatlah perbandingan dengan membandingkannya dengan planet yang memiliki diameter paling kecil (perhatikan contoh)

Jawaban tema 9 kelas 6 halaman 122

Kunci Jawaban buku tema 9 kelas 6  Halaman 125 dan 126 subtema 2 pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 125 sampai 126

Ayo Menulis

Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar.

1. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir. Lalu, dengan menggunakan kertas ukuran A4 yang dibagi empat, buatlah tiga gambar seri yang menggambarkan cerita di atas. Untuk bagian pertama, kamu boleh menuliskan judul dan pengarangnya beserta gambar yang menjelaskan judul tersebut. Pada bagian kedua hingga keempat, gambarlah isi cerita pada bagian awal, tengah, dan akhir cerita. Tuliskan paling sedikit satu kalimat untuk menjelaskan gambarmu. Gunakan contoh di bawah ini untuk membantumu.

2. Tuliskanlah pesan yang kamu dapatkan dari cerita tersebut ke dalam satu kalimat pendek.

Jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 125-126



3. Lihatlah kembali gambar yang telah kamu buat sebelumnya. Perhatikanlah bagian akhir dari cerita di atas. Dengan menggunakan imajinasimu, ubahlah bagian akhir dari cerita tersebut. Tuliskan hasil imajinasimu dengan menggunakan kata-katamu sendiri di tempat yang disediakan berikut ini.

Jawaban : Andi dan Bayu pun lupa dengan permainan gawainya karena kakek erus bersemangat membuat cerita buat para cucunya. Sebenarnya ibu sudah menyuruh anak-anak untuk beristirahat, tetapi anak-anak tidak mau, dan kakek Banu pun menyuruh ibu untuk membiarkan anak-anak tersebut. Kakek mengajak anak-anak pindah ke ruang keluarga sambil tetap meneruskan cerita. Anak-anak sambil tiduran di lantai yang sudah dilapisi karpet terus bersemangat mendengarkan cerita tersebut. Akhirnya anak-anak tertidur di ruang keluarga. Kakek Banu pun tersenyum bahagia.

Kunci Jawaban buku tema 9 kelas 6  Halaman 129 dan 130 subtema 2 pembelajaran 5

Ayo Berlatih

Kini kamu telah mengetahui beberapa tari kreasi daerah yang ada di Indonesia. Tari kreasi daerah dalam bacaan sebelumnya hanyalah sebagian kecil dari tari kreasi daerah yang ada di nusantara. Hampir semua daerah memiliki tari kreasi daerah yang dikembangkan oleh seniman daerah masing-masing.

Bersama dengan teman sekelompok, kamu akan melakukan kegiatan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang tari kreasi daerah. Ikutilah langkah-langkah sebagai berikut.

1. Tentukanlah sebuah tari kreasi daerah, baik yang ada di daerahmu atau salah satu tari daerah yang ada pada bacaan di atas.

2. Carilah beberapa informasi untuk mengetahui lebih banyak tentang taritari tersebut.

3. Gunakan tabel berikut untuk mengorganisasi informasi yang diperlukan. Kamu dapat menuliskan keterangan atau menempelkan gambar yang sesuai dengan keterangan yang diharapkan.

Jawaban :

Nama tari dan asal    : Tari Kreasi Kupu-kupu dari Bali.

Arti dan Makna Tari : Tari kupu-kupu ciptaan I Wayan Beratha adalah sebuah tari yang menggambarkan kedamaian dan keindahan pulau dewata, Bali.

Fungsi tari                           Mengekspresikan kehidupan kupu-kupu biru tua.

Jenis gerakan tangan :
Gerakan kupu-kupu yang terbang di tempatnya.
Gerakan kupu-kupu yang terbang memutar.
Gerakan buka tutup sayap kupu-kupu.
Gerakan kibasan.
Gerakan ayunan.

Jenis gerakan kaki :
Gerak agem merupakan sikap kaki terbuka kuda-kuda menyamping.
Gerakan meloncat.

Jenis gerakan badan :
Gerakan ngaed adalah gerakan dimana badan diturunkan atau direndahkan dengan posisi lutut ditekuk.
Gerakan ngegol atau egol adalah gerakan antar kaki kanan dan kiri yang diangkat secara bergiliran yang diikuti juga dengan gerakan pinggul ke kanan dan ke kiri disertai gerakan kepala ke kanan dan ke kiri.
Nyeledet, gerakan mata melirik ke samping kanan dan kiri.
Ngelier adalah gerakan perputaran dagu ke kanan atau ke kiri.

Lagu/musik pengiring : Diiringi dengan alat musik gamelan Bali.

Properti tari                         Sampur, penutup kepala dan tiruan sayap kupu-kupu.

Cara menarikan           Kelompok.

Jenis pola lantai            Garis lurus vertikal dan horizontal.

Latihlah beberapa gerakan tari ini bersama dengan teman sekelompok. Kamu dapat menggunakan video untuk mempelajari tari pilihanmu.

4. Presentasikanlah hasil pengamatan dan hasil pencarian informasi tentang tari kreasi daerah tersebut.

5. Carilah satu kelompok tari lainnya untuk melakukan perbandingan dan menemukan persamaan dan perbedaan antara kedua tari kreasi daerah yang berbeda.

6. Presentasikan kembali hasil perbandingan antara kedua tari tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas dengan menuliskannya di dalam kotak di bawah ini.

Jawaban : Kesimpulanku yaitu, tari kreasi daerah masih mengacu pada tari daerah yang sudah ada sebelumnya karena terdapat persamaan yaitu fungsi, gerakan dan iringan tari.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 121, 122, 125, 126, 129,130 kelas 6 tema 9 pembelajaran 5 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 121, 122, 125, 126, 129,130"