Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 109, 110, 112, 113, 116, 117

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 tema 9 halaman 109, 110, 112, 113, 116, 117.

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 6 Tema 9 Menjelajah luar angkasa subtema 2 Benda Angkasa luar dan rahasianya pembelajaran 4 tepatnya berada pada tema 8 halaman 109, 110, 112, 113, 116, 117.

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 109, 110, 112, 113, 116, 117



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 109, 110, 112, 113, 116, 117 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 6 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 109 subtema 1 pembelajaran 4

Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

1. Dengan menggunakan bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut. Buatlah daftar dampak negatif modernisasi terhadap budaya bangsa, lalu cari tahu cara-cara mengatasinya

Dampak Negatif Modernisasi terhadap Budaya Masyarakat Indonesia :

  • Munculnya keraguan terhadap norma dan nilai masyarakat
  • Munculnya kesenjangan budaya
  • Munculnya budaya Individualisme
  • Munculnya budaya Konsumerisme
  • Munculnya budaya Hedonisme
  • Munculnya budaya Werternisasi/lunturnya budaya sendiri

Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasinya : 

1. Dengan penerapan nilai dan norma yang benar dalam kehidupan sehari-hari, setiap tindakan bercerminkan padan nilai dan norma tersebut

2. Dengan menyaring informasi yang masuk dengan menggunakan nilai dan norma yang telah dianut oleh masyarakat Indonesia

3. Dengan membiasakan dan kembali membudayakan nilai kebersamaan dan gotong royong yang merupakan salah satu jati diri bangsa

4. Membudayakan hidup berhemat/gemar menabung, serta meningkatkan daya kreativitas dalam pengelolaan keuangan

5. Dengan meningkatkan kepedulian sosial, meningkatkan sifat simpati dan empati terhadap lingkungan sekitar

6. Meningkatkan jiwa nasionalisme dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 110 subtema 1 pembelajaran 4

Ayo Menulis

Berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, tuliskanlah kesimpulanmu tentang dampak modernisasi terhadap budaya masyarakat kita. Kamu dapat juga menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan :

Dampak Modernisasi ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Dampak positif antara lain: cara berpikir yang lebih terbuka, logis, rasional, disiplin dan menghargai waktu. Dampak negatif yang berpengaruh pada budaya masyarakat antara lain: Hedonisme (gaya hidup mewah), Konsumerisme, indivualistis, lunturnya budaya daerah sendiri. Diperlukan tindakan-tindakan bijaksana dalam menyaring dampak negatif modernisasi agar tidak merusak budaya dan jati diri bangsa Indonesia.

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 112 subtema 1 pembelajaran 4

Apa pendapatmu tentang cerita tersebut? Apakah kamu dapat memahami isi ceritanya? Kamu dapat menceritakan pemahamanmu tentang isi cerita tersebut melalui gambar yang kamu buat sendiri sesuai imajinasimu berdasarkan bacaan tersebut.

Jawaban : Cerita yang inspiratif. Cerita yang mampu memberi inspirasi bahwa pemenang adalah orang yang mampu menunjukkan kebesaran jiwa untuk menerima kekalahan.

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 113 subtema 1 pembelajaran 4

Ayo Menulis

Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.

A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian yaitu awal cerita, tengah, dan akhir cerita. Tentukanlah pokok pikiran pada bagian cerita tersebut. Lalu, tuliskanlah pokok pikiran atau ide cerita pada setiap bagian pada diagram berikut ini.

Judul : Berbesar Hati Menerima Kekalahan

Pengarang : Fitri Kurnia Sari

 Awal Cerita : Edo menjauh dari Bagus yang merupakan sahabatnya

Tengah Cerita: Edo Mengalami musibah, kakinya tersandung meja dan terjatuh, kemudian ditolong oleh Bagus

Akhir Cerita : Penjelasan Edo dan penyelesaian masalah Edo dengan Bagus 

Edo bersahabat dengan Bagus. Namun sejak seminggu Edo menjauh dari Bagas. Bagas tentu bertanya-tanya. Setiap Bagus mendekat untuk mengajak berbicara, Edo selalu menjauh,  Bagus memperkirakan sikap Edo ini berhubungan dengan peristiwa pemilihan ketua kelas. Bagus ingin berdiskusi dengan Edo, tapi Edo tetap menjauh, termasuk hari ini saat bel pulang terdengar, 

Edo dengan tergesa-gesa bergegas keluar menghindar, Edo tidak memperhatikan sekitarnya, sehingga terjatuh dan kepalanya terbentur meja. Bagus dan teman-teman segera menolong Edo. Kesempatan ini dimanfaatkan Bagus untuk berdiskusi dengan Edo. 

Akhirnya Edo menjelaskan apa yang menjadi permasalahannya. Setelah memberi pengertian ke Edo oleh Bagas dan teman-temannya, akhirnya Edo meminta ke Bagus dan mereka kembali bersahabat.

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 116 subtema 1 pembelajaran 4

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengalami beberapa kegiatan yang melibatkan musyawarah untuk mencapai mufakat. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama bagaimana peristiwa persatuan dan kesatuan terdapat dalam peristiwa pengambilan keputusan bersama. Jelaskan juga bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila yang telah kamu pelajari sebelumnya. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selember kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Buatlah sebuah tabel untuk menjelaskan sikap-sikap apa saja yang diperlukan dalam musyawarah dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan. Pada sisi yang lain, sebutkan sikap sebaliknya yang dapat mengganggu atau mengancam  terciptanya persatuan dan kesatuan dalam peristiwa tersebut. Perhatikanlah sikap mana saja yang telah kamu lakukan. 

Berilah tanda centang (⎷) terhadap sikap yang telah kamu lakukan dan tanda silang (x) untuk sikap-sikap yang tidak kamu ingin lakukan

Jawaban :

Sikap dalam Musyawarah yang mendorong Persatuan dan Kesatuan :

1. Saling memahami dan menghargai pendapat orang lain dalam musyawarah
2. Lapang dada menerima masukan dalam bentuk kritik, usul, dan saran dari peserta lain dalam musyawarah
3. Tidak boleh memaksakan kehendak kepada peserta musyawarah yang lain
4. Semua peserta musyawarah harus melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan penuh tanggung jawab
5. Diliputi oleh semangat kekeluargaan
6. Mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi/golongan
7. Sikap dalam Musyawarah yang Mengancam Persatuan dan Kesatuan

Memaksakan kehendak kepada peserta lain :

1. Tidak mau menerima masukan, saran dan kritik dari peserta lain dalam musyawarah
2. Mementingkan kepentingan pribadi
3. Tidak mau melaksanakan hasil keputusan musyawarah
4. Tidak diliputi semangat kekeluargaan tapi diliputi ambisi sendiri

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 117 subtema 1 pembelajaran 4

Kesimpulan apa yang dapat kamu buat tentang kegiatan musyawarah yang dapat memengaruhi persatuan dan kesatuan masyarakat?
Kesimpuanku:
Bahwa dalam setiap musyawarah harus diliputi semangat gotong royong, kekeluargaan, mengutamakan kepentingan bersama, dapat dipertanggung jawabakan serta ditunjang oleh sikap lapang dada dan berjiwa besar, maka proses maupun hasil musyawarah tersebut makin mempererat persatuan dan kesatuan.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 109, 110, 113, 116, 117 kelas 6 tema 9 pembelajaran 4 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 109, 110, 112, 113, 116, 117"