Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 187, 191, 192

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 tema 9 halaman 187, 191, 192.

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 6 Tema 9 Menjelajah luar angkasa subtema 3 Tokoh penjelajah Angkasa luar pembelajaran 5 tepatnya berada pada tema 8 halaman 187, 191, 192.

Kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 187, 191, 192



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 187, 191, 192 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 6 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 187 subtema 3 pembelajaran 5

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sekelompokmu, gunakan peta pikiran atau diagram untuk membuat rangkuman dari informasi bacaan di atas. Dari diagram yang kamu buat, bentuklah ke dalam sebuah lini masa yang memuat tokoh, masa, penemuan dan dampaknya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikan gambar yang unik yang membedakan antara satu masa ke masa yang lainnya. Gunakan kertas ukuran A3 untuk membuat lini masamu. Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Jawaban :

Kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 187

Buatlah sebuah kesimpulan dari kegiatan di atas tentang dampak penemuan terhadap kehidupan di sekitarmu.

Jawaban : 
Dampak penemuan terhadap kehidupan antara lain

– Membantu manusia dalam memecahkan suatu persoalan.
– Mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas.
– Meningkatkan efektivitas dan efisiensi.
– Tingkat interaksi manusia lebih mudah dan cepat.
– Peningkatan kegiatan ekonomi.

Kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 191-192 subtema 3 pembelajaran 5

Ayo Menulis

Sebuah cerita bisa memiliki persamaan serta perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kita tonton. Setelah membaca tentang cerita di atas, coba lakukanlah kegiatan berikut.

a. Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yang paling kamu sukai dari cerita tersebut dalam tulisan satu paragraf. Serta jelaskanlah alasan kamu menyukai hal tersebut.

b. Jelaskanlah persamaan serta perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau peristiwa yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakanlah diagram venn di bawah ini sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lainnya juga. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.

Jawaban : 

Judul : 
Kado Ulang Tahun Ibu

Penulis :
Diana Karitas

Bagian yang disukai dari cerita fiksi diatas adalah :
Perhatian Tsaqif kepada ibunya, serta hadiah yang diberikan Tsaqif kepada ibunya adalah hasil dari jerih payah Tsaqif sendiri.

Alasan menyukai adalah :
Menceritakan tentang sikap bakti dan hormat seorang anak kepada orang tuanya, terutama kepada ibu, serta tingkat kreativitas mampu membantu memecahkan masalah kita.

Kunci jawaban kelas 6 buku tema 9 halaman 191



c. Berdasarkan diagram venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan antar cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau fim yang pernah ditonton di tempat yang tersedia di bawah ini membuat benda yang sebenarnya. Patung-patung dengan tema kendaraan, baik kendaraan biasa maupun kendaraan untuk angkasa luar, cukup sering diciptakan seniman maupun ilmuwan untuk keperluan pengembangan ilmu pengetahuan.

Jawaban : Persamaan kedua teks di atas adalah sama-sama menunjukkan pemanfaatan barang bekas untuk membuat kerajinan. Perbedaannya yaitu, Tsaqif membuat barang kerajinan untuk tugas kelas, dan ketika ibunya ulang tahun ia memberikan kerajinan tersebut sebagai hadiah. Sedangkan temanku Agus membuat kerajinan dari barang bekas untuk mengikuti lomba kreativitas siswa.

d. Buatlah sebuah karangan dengan mengembangkan bagian yang berbeda dari cerita fiksi di atas. Kamu dapat mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi yang asli sebagai bantuan, lalu meneruskannya dengan ceritamu sendiri berdasarkan pengalamanmu atau dari film yang pernah kamu tonton.

Jawaban : Tsaqif mendapat ide memberikan hadiah ulang tahun ibunya setelah mendengar saran dari Amir. Setelah pulang sekolah, Tsaqif mengajak Amir ke rumahnya. Di rumah Tsaqif meminta bantuan kakaknya untuk membuka internet mencari contoh barang-barang kerajinan dari barang bekas. Tsaqif dan Amir mengamati salah satu video dari youtube tentang membuat membuat tas dari kain perca. Setelah Tsaqif dan Amir memahami cara membuat tas dari kain perca tersebut kedua sahabat itu mencari bahan-bahan yang diperlukan. Dengan kesabaran serta ketelatenan dua sahabat tersebut sebuah tas cantik dari bahan kain perca siap dijadikan hadiah ulang tahun Ibu Tsaqif. Tsaqif dan Amir gembira ternyata usaha mereka tidak sia-sia dan mampu memberikan hadiah istimewa untuk ulang tahun ibu Tsaqif.

e. Presentasikan cerita barumu itu kepada teman-teman sekelasmu.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 187, 191, 192 kelas 6 tema 9 pembelajaran 5 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 187, 191, 192"