Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 131, 134, 135, 137, 138

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 tema 9 halaman 131, 134, 135, 137, 138.

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 6 Tema 9 Menjelajah luar angkasa subtema 2 Benda Angkasa luar dan rahasianya pembelajaran 6 tepatnya berada pada tema 8 halaman 131, 134, 135, 137, 138.

Kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 131, 134, 135, 137, 138



Materi dan Kunci Jawaban Tematik tema 8 halaman 131, 134, 135, 137, 138 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 6 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kumci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 131 subtema 2 pembelajaran 6

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sekelompok, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perubahan fase Bulan yang terjadi. Kamu dapat menggunakan semua sumber informasi untuk memahaminya. Baca, pahami dan olahlah informasi yang kamu dapatkan menjadi sebuah poster yang menarik dan sarat informasi. Tempelkanlah poster tersebut di dinding kelas, lalu lakukanlah pameran berjalan (gallery walk) dan memberikan masukan kepada setiap kelompok di dalam kelas.

Jawaban : Fase bulan merupakan perubahan bentuk bulan jika dilihat dari bumi. Perubahan ini bisa terjadi karena di luar angkasa, bulan selalu berputar mengelilingi bumi.

1. Bulan Baru (New Moon)
Pada fase bulan baru, Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga sisi Bulan yang menghadap ke Bumi tidak terlihat karena tidak menerima sinar Matahari langsung. Fase ini adalah fase yang memungkinkan terjadinya gerhana matahari

2. Bulan Sabit Muda (Waxing Crescent)
Pada fase ini, bagian bulan yang terkena cahaya matahari tidak sampai setengahnya. Bulan terlihat dari bumi berbentuk sabit karena cahaya terpantul hanya bagian sabit yang mencapai bumi. Bulan sabit semakin hari semakin besar.

3. Bulan Setengah (Bulan Paruh Awa/First Quarterl)
Sepekan setelah Bulan baru, letak Bulan akan berpindah 90 derajat lebih jauh dari Matahari di langit. Pada fase ini kita bisa melihat setengah bulan terang dan setengah bulan berupa bayangan.

4. Bulan Bungkuk (Bulan Cembung Awal/Waxing Gibbous)
Pada fase ini, bulan berada sedikit di belakang Bumi. Bagian yang terkena cahaya matahari adalah 3/4 nya. Sehingga, ketika kita melihat bulan dari bumi, bentuknya menjadi cembung atau 3/4 bulan.

5. Bulam Purnama (Full Moon)
Fase Bulan Purnama terjadi ketika matahari, bumi, dan bulan, ada pada satu garis lurus. Bulan purnama terjadi saat posisi bulan berlawanan dengan bumi. Posisi tersebut membuat seluruh permukaan bulan yang mendapatkan sinar matahari bisa kamu lihat dari bumi. Sementara bagian belakang bulan menjadi sisi gelapnya. Bulan purnama biasanya terjadi di antara hari ke-14 dan 15.

6. Bulan Bungkuk (Cembung Akhir/Waning Gibbous)
Setelah melewati setengah perjalanan, fase bulan akan kembali ke awal. Pergerakan bulan terus ke barat sehingga cahaya matahari sedikit tertutup oleh bumi. Hasilnya, bulan terlihat cembung (3/4 bagian bulan) dari bumi.

7. Bulan Setengah (Bulan Paruh Akhir/Third Quarter)
Fase ini pun bulan terlihat setengahnya sehingga dari bumi, bulan terlihat setengah lingkaran.

8. Bulan Sabit Tua (Waning Crescent)
Pada fase ini bulan akan kembali berbentuk sabit. Saat ini, bulan sudah hampir mengitari bumi sebanyak satu putaran penuh. Mengakhiri fase bulan ini, bulan akhirnya akan kembali ke posisi awal (Bulan baru), dimana akan berada di depan bumi dan kembali tidak terlihat.

Kumci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 134-135 subtema 2 pembelajaran 6

Ayo Menulis

1. Bacalah kembali cerita di atas. Bagilah cerita tersebut menjadi empat bagian cerita, dan masing-masing bagian diwakili dengan sebuah gambar sesuai imajinasimu saat membaca cerita di atas. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakan kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Bagian pertama dapat kamu tuliskan judul dan pengarang cerita tersebut.

Jawaban :

Kunci jawaban buku tema kelas 6 tema 9 halaman 134-135



2. Tuliskanlah pesan yang kamu dapatkan dari cerita tersebut ke dalam satu kalimat pendek. Tuliskanlah di bagian pertama gambar berseri yang kamu buat.

3. Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.

Jawaban : Saya akan merubah bagian tengah seperti berikut.

Pada hari Minggu pagi yang cerah Andi pergi jalan-jalan sendirian di tepi pantai. Andi melihat ada sekumpulan karang di tepi pantai. Andi menuju ke ke karang tersebut untuk melakukan pemotretan. Beberapa anak penduduk setempat yang berada tak jauh dari tempat Andi berdiri berteriak agar Andi mengurungkan niatnya. Namun, Andi tidak mengindahkannya dan terus berdiri di atas karang. Tanpa Andi sadari sebuah ombak besar menerjang kumpulan batu karang tersebut dan menghempaskan Andi ke laut. Segera anak-anak kampung menolong Andi. Andi menyesal tidak menghiraukan peringatan anak-anak kampung tersebut Sebagai ungkapan terima kasih Andi berkenalan dan mengajak anak-anak tersebut untuk mengunjungi rumah tempat tinggalnya di Belitong.

Kumci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 137 subtema 2 pembelajaran 6

Lakukanlah pementasan tari kreasi daerah secara bergantian. Berilah dukungan kepada kelompok yang sedang menarikan tariannya. Pada akhir pertunjukan berilah masukan yang saling membangun antarkelompok tari yang ada.

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat setelah melakukan kegiatan di atas? Tulislah kesimpulanmu dalam sebuah paragraf di tempat yang tersedia.

Kesimpulanku:

Bahwa keberhasilan pertunjukan tari ditentukan oleh persiapan-persiapan sebelum acara dilakukan, seperti bentuk dan unsur pendukung karya tari, antara lain gerak tari, tata busana, tata rias, properti tari, dan iringan, serta pendukung lainnya.

Kumci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 138 subtema 2 pembelajaran 6

Pilihlah salah satu kegiatan kerjasama dalam minggu ini yang telah kamu lakukan dengan kelompokmu. Lakukanlah sebuah wawancara dengan salah satu anggota kelompok yang pernah bekerja sama denganmu. Gunakan tabel berikut untuk mencatat hasil wawancaramu.

Kegiatan : Diskusi Kelompok Narasumber : (nama narasumber)

Pertanyaan
Bagaimana peristiwa kerja sama berhubungan dengan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolahmu?

Tanggapan :
Dalam diskusi kelompok masing-masing anggota memberikan saran dan pendapatnya sehingga diperoleh jawaban terbaik.

Pertanyaan 
Bagaimana cara kelompokmu memulai kerja sama dalam kegiatan di atas?

Tanggapan 
Diskusi kelompok mula-mula dipimpin ketua kelompok dilanjutkan dengan menyampaikan pendapat masing-masing.

Pertanyaan
Tantangan apa sajakah yang kamu temui saat bekerja sama di sekolah?

Tanggapan 
Tidak semua anggota kelompok melaksanakan tugasnya dengan baik.

Pertanyaan 
Apakah yang kamu rasakan ketika kamu bekerja sama dengan teman sekelompokmu?

Tanggapan : Pekerjaan yang berat jika dikerjakan bersama menjadi lebih ringan.

Pertanyaan 
Nilai-nilai Pancasila manakah yang perlu diterapkan dlam bekerja sama sebagai salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan di sekolah?

Tanggapan 
Kebersamaan, Persatuan bangsa, Kepentingan pribadi dan kelompok.

Pertanyaan 
Saran dan masukan yang dapat kamu berikan kepada dirimu sendiri dan kepada semua anggota kelompokmu?

Tanggapan 
Dalam menyampaikan pendapat hendaknya sesuai dengan topik atau tema yang sedang dibahas dalam diskusi kelompok.

Kesimpulanku : Dalam sebuah diskusi kelompok dibutuhkan kerjasama semua anggota sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan tujuan diskusi.

Buatlah sebuah laporan hasil wawancara dengan menggunakan catatanmu di atas. Jelaskan bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan persatuan dan kesatuan di sekolah.

Jawaban : Kegiatan diskusi kelompok yang dilakukan di sekolah berhubungan dengan persatuan dan kesatuan. Jika semua anggota kelompok tahu hak dan kewajibannya maka tidak terjadi perselisihan.

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 131, 134, 135, 137, 138 kelas 6 tema 9 pembelajaran 6 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 131, 134, 135, 137, 138 "