Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban buku tema 8 kelas 4 halaman 143, 144, 146, 147, 149

Kunci jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 tema 8 halaman 143, 144, 146, 147, 149

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban tema 8 kelas 4 merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 4 Tema 8 Daerah tempat tinggalku subtema 3 Bangga terhadap daerah tempat tinggalku pembelajaran 3 tepatnya berada pada tema 8 halaman 143, 144, 146, 147, 149.

Kunci jawaban buku tema 8 kelas 4 halaman 143, 144, 146, 147, 149



Materi dan Kunci Jawaban Buku tematik tema 8 kelas 4 halaman 143, 144, 146, 147, 149 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbagai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas 4 SD/MI dalam menjawab soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban buku tema 8 kelas 4 halaman 143-144 subtema 3 Pembelajaran 3

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!

1. Mengapa cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ disebut sebagai cerita fiksi?

Jawaban : Cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas merupakan cerita fiksi, yaitu cerita rakyat. Alasannya, karena merupakan cerita rekaan yang dibuat oleh pengarang berdasarkan imajinasinya.

2. Siapa sajakah tokoh-tokoh yang ada dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Jawaban : Tokoh dalam cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas adalah kakek, nenek, dan ikan mas.

3. Bagaimanakah sifat dari tokoh-tokoh dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Jawaban :
Berikut sifat dari tokoh-tokoh dalam cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas.

Kakek: kakek memiliki sifat penurut. Kakek menuruti semua keinginan nenek.
Nenek: nenek memiliki sifat serakah. Nenek tidak pernah puas dan selalu merasa kekurangan atas segala sesuatu yang telah ia miliki

4. Hikmah apa yang bisa kamu petik dari cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Jawaban :
Hikmah yang dapat diperoleh dari cerita berjudul Nelayan dan Ikan Mas adalah kita tidak boleh serakah. Kita harus bersyukur terhadap semua rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan.

5. Sikap apakah yang harus kita hindari agar kita bisa bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa?

Jawaban :
Sikap yang harus dihindari agar kita bisa bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa adalah serakah. Saat seseorang memiliki sifat serakah, mereka akan selalu merasa kekurangan degan segala sesuatu yang telah ia miliki. Ia tidak mau bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan.

Kunci jawaban buku tema 8 kelas 4 halaman 145-146 subtema 3 Pembelajaran 3

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan penjelasan tentang tokoh dan jenisnya, diskusikan bersama dua orang temanmu tentang tokoh utama dan tokoh pembantu dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Selanjutnya berdasarkan peranannya, tuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Tulislah hasil diskusidalam cerita. Kehadiran tokoh pembantu sekadar menunjang tokoh utama. mu pada kotak berikut.

Jawaban :
Tokoh utama, tambahan, protagonis, dan antagonis pada cerita Nelayan dan Ikan Mas adalah :

Tokoh utama : Kakek, nenek dan Ikan Mas
Tokoh tambahan : -
Tokoh Protagonis : Ikan Mas dan Kakek
Tokoh Antagonis. : Nenek

Kunci jawaban buku tema 8 kelas 4 halaman 147 subtema 3 Pembelajaran 3


Ayo Berdiskusi

Kamu telah memahami berbagai jenis karakteristik individu dalam masyarakat. Teman-teman di sekolahmu tentu juga memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Bagaimanakah sikap kamu dalam menghadapi berbagai karakteristik teman di sekolahmu? Manfaat apa yang kamu peroleh dengan adanya karakteristik antarteman di sekolah? Diskusikan bersama dua orang temanmu. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut

Jawaban tema 8 kelas 4 halaman 147

Kunci jawaban buku tema 8 kelas 4 halaman 149 subtema 3 Pembelajaran 3


Kamu telah memahami jenis-jenis pekerjaan, baik pekerjaan yang menghasilkan barang maupun pekerjaan yang menghasilkan jasa. Sekarang lakukan pengamatan terhadap lingkungan tempat tinggalmu. Tuliskan jenisjenis pekerjaan yang ditekuni masyarakat tempat tinggalmu. Kelompokkan jenis-jenis pekerjaan tersebut dalam dua kelompok yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya. Tuliskan hasil pekerjaanmu dalam bentuk kolom seperti berikut dan kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Kelompok jenis pekerjaan :

1. Petani Pekerjaan menghasilkan barang

2. Pedagang Pekerjaan menghasilkan Jasa

3. Pengrajin Pekerjaan menghasilkan barang

4. Guru Pekerjaan menghasilkan Jasa

5. Pangkas rambut Pekerjaan menghasilkan Jasa

Demikian Pembaca materi dan kunci jawaban tematik  halaman 143, 144, 146, 147, 149 kelas 4 tema 8 pembelajaran 3 buku siswa kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban buku tema 8 kelas 4 halaman 143, 144, 146, 147, 149"