Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 232 dan 235

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 232 dan 235 Aktivitas kelompok  Bab IV

Bismillahirrohmannirrohim

Kunci jawaban IPS SMP kelas IX halaman 232 dan 235 Aktivitas kelompok  Bab IV merupakan alternatif Jawaban dari soal-soal Buku IPS kelas 9 SMP/MTs Bab 4 Indonesia dari masa kemerdekaan hingga masa reformasi semester 2. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, sebagai referensi bagi adik-adik . Rajin lah belajar dan membaca dari berbgai sumber agar khasanah pengetahuannya bertambah. Sebaiknya  adik-adik mencoba alternatif  jawaban sendiri. 

Kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 232 dan 235



Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik Kelas IX SMP/MTs dalam menjawab soal-soal baik sebagai Tugas Individu maupun Kelompok. Dan Juga dapat menjadi Referensi untuk soal ulangan seperti soal penilaian harian , soal penialain tengah semester , soal penilaian akhir tahun, maupun tugas pekerjaan rumah (PR). Semoga bermanfaat bagi adik adik.

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 232  Aktivitas Kelompok Semester 2

Diskusikanlah dengan temanmu!

1. Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara  federasi bukan kesatuan?

2. Manakah bentuk negara yang paling tepat bagi Indonesia bentuk  federal atau bentuk negara kesatuan?

Jawaban :

1. Belanda ingin memanfaatkan sistem negara Federal untuk memecah belah kembali Indonesia. Belanda ingin kembali melakukan politik adu domba saat belanda lebih tepatnya VOC datang ke Indonesia. VOC adalah sebuah kongsi dagang yang dapat menguasai Hindia Belanda dengan menggunakan taktik tersebut.

Belanda juga tahu kalau Indonesia adalah sebuah negara yang terbentuk dari berbagai suku, agama, ras dan adat istiadat yang berbeda. Dengan terbentuknya negara federal ini otomatis warga Indonesia akan terlalu sibuk mengurus negara federalnya masing-masing. Kesibukan inilah yang nanti dimanfaatkan Belanda untuk memecah kesatuan Indonesia.

2. Bentuk negara yang paling tepat bagi Indonesia adalah bentuk negara kesatuan, hal ini dikarenakan melihat dari kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan merupakan negara yang memiliki heterogenitas yang sangat tinggi, maka bentuk negara yang paling tepat adalah kesatuan. Dengan demikian, sistem pemerintahan akan dikontrol dari pusat dan diharapkan keadilan serta kesejahteraan dapat merata dan tidak menimbulkan kesenjangan pada tiap daerah.

Kunci jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 235  Aktivitas Individu Semester 2

Tulislah uraian mengenai ekonomi Indonesia pada masa kemerdekaan.

Jawaban:

Ekonomi Indonesia pada masa kemerdekaan

1. Beragamnya mata uang yang beredar

Saat Indonesia merdeka bermacam-macam mata uang yang ada di pasar. Seperti ORI (Oeang Republik Indonesia), uang De Javasche Bank dari masa penjajahan, uang NICA (administrasi kolonial Belanda) dan sebagainya. Nilai tukar mata-uang ini berubah-ubah dan membingunkan masyarakat serta menyulitkan kegiatan perekonomian.

2. Blokade Belanda

Penjajah Belanda melakukan blokade untuk mencegah masuknya senjata ke para pejuang dan merusak ekonomi Indonesia, akibatnya terjadi krisis ekonomi. Selain itu para pejuang harus melakukan penyelundupan untuk mendapat suplai seperti obat dan senjata. Pilot Abdurrahman Saleh dan Iswahyudi tewas saat pesawatnya jatuh dalam salah satu upaya menembus blokade Belanda ini.

3. Inflasi Tinggi.

Karena kondisi perang, blokade dan menyebabkan kenaikan harga yang tinggi, atau disebut inflasi. Akibatnya harga kebutuhan tidak bisa terjangkau.

4. Banyaknya pengangguran

Setelah perang kemerdekaan selesai, banyak bekas pejuang yang menganggur. Mereka menuntut dimasukkan kedalam tentara. Namun karena terbatasnya anggaran, pemerintah harus melakukan rasionalisasi, atau merekrut tentara sesuai kebutuhan saja. Akibatnya terjadi pemberontakan Andi Aziz di Makassar yang menuntut agar para bekas pejuang bisa dijadikan tentara.


Demikian Pembaca kunci Jawaban IPS SMP Kelas 9 halaman 232 dan 235 Aktivitas kelompok  Bab IV buku siswa kelas 9 SMP/MTs kurikulum 2013.

Tentunya ini hanya sebagai alternatif saja  Untuk itu diperlukan kebijakan Bapak/Ibu untuk memilah dan menggunakan nya.

Akhir kata semoga bermanfaat, dan jangan lupa memberikan saran dan komentar positif anda pada Kolom yang tersedia untuk kemajuan website ini.

Posting Komentar untuk "Kunci jawaban IPS kelas 9 halaman 232 dan 235"